Tim F1 Red Bull dan AlphaTauri Akan Pakai Livery Spesial untuk Honda

07/10/2021

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Red Bull Racing dan AlphaTauri akan menggunakan livery spesial pada seri balap F1 Turki 2021. Livery tersebut dibuat untuk perpisahan Honda dari Formula 1.

Memasuki seri balap F1 Turki 2021 pada akhir pekan ini, Tim Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan livery spesial pada Grand Prix yang akan diadakan di Sirkuit Istanbul Park.

Livery tersebut dipakai sebagai penghormatan kepada pemasok mesin kedua tim, Honda yang akan mundur dari ajang Formula 1 pada akhir musim balap ini. Selain perubahan livery, akan ada pesan unik di bagian sayap belakang mobil yang menggunakan huruf hiragana.

>>> F1 Rusia 2021: Kemenangan ke-100 Lewis Hamilton dan Hari Buruk Lando

Seharusnya Digunakan di Suzuka

Mengapa penggunaan livery tersebut dilakukan di Turki? Apa hubungannya dengan Honda? Sebagai informasi, Grand Prix akhir pekan ini seharusnya diadakan di Sirkuit Suzuka yang merupakan kandang pabrikan asal Jepang tersebut.

Gambar F1 Suzuka

F1 Jepang 2021 harus dibatalkan karena pandemi

Sayangnya, pandemi COVID-19 yang menanjak di negeri sakura membuat seri F1 Jepang 2021 harus dibatalkan. Tentu penggemar merek berlambang huruf H dan Formula 1 di Jepang pun kecewa karena tak bisa melihat mobil dengan mesin Honda balapan untuk terakhir kalinya di Suzuka.

"Semua orang di Honda sangat kecewa karena Grand Prix Jepang harus dibatalkan, sambil sepenuhnya memahami dan menyetujui alasan di balik keputusan ini. Kami sangat ingin balapan di Sirkuit Suzuka, karena ini adalah tahun terakhir kami di olahraga ini, saat kedua tim kami tampil sangat baik," ungkap Koji Watanabe, juru bicara Honda Motor Company.

Watanabe juga menyebutkan bahwa mereka sangat menghargai para penggemar Jepang yang sangat menantikan penampilan terakhir Honda di kandangnya. Apalagi, AlphaTauri saat ini diperkuat oleh Yuki Tsunoda, pebalap muda berbakat asal Jepang.

Gambar Red Bull Racing

Mobil Red Bull yang didominasi warna biru akan berganti dengan putih

Karena itu, ia berharap para penggemar di seluruh dunia, terutama di Jepang, akan menerima livery spesial yang digunakan Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri sebagai tanda penghargaan atas dukungan mereka selama Honda berlaga di Formula 1.

Didominasi Warna Putih

Livery spesial itu didominasi oleh warna putih, terinspirasi oleh kemenangan Formula 1 pertama dengan sasis dan mesin Honda. Kemenangan tersebut diraih oleh pebalap Amerika, Richie Ginther di seri F1 Meksiko 1965 dengan mobil Honda RA 272.

>>> Bocoran Gaji 'Tukang Ganti Ban' di F1, Setahun Bisa Beli Ferrari!

Gambar Honda RA 272

Livery tersebut terinspirasi dari mobil Honda pertama yang meraih kemenangan di Formula 1

Biasanya, kedua tim yang disponsori oleh Red Bull ini didominasi oleh navy yang menjadi warna ciri khas minuman energi tersebut. Sedangkan kedua mobil AlphaTauri AT02 yang kemudikan oleh Pierre Gasly dan Yuki Tsunoda, akan menampilkan pesan satu kata pada sayap belakang mobil.

Kata yang ditulis dalam hiragana tersebut adalah 'arigatou' yang berarti terima kasih. Sejauh ini, Red Bull masih belum memperlihatkan secara detail mengenai livery tersebut. Nampaknya, kita harus menunggu beberapa hari lagi hingga seri F1 Turki 2021 di akhir pekan ini.

>>> Perubahan Regulasi Pitstop F1 Mengakibatkan Kerugian Bagi Pebalap

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top