Tekan Sebaran Pandemi Virus Corona, Mudik Gratis 2020 Batal

24/03/2020

Event - Promosi

3 menit

Tekan Sebaran Pandemi Virus Corona, Mudik Gratis 2020 Batal
Tingkat penyebaran virus Corona (covid-19) di Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan, makanya pemerintah ambil langkah tegas yakni membatalkan mudik gratis 2020

Gambar menunjukkan arus mudik 2020

Mudik merupakan tradisi, tapi sebaiknya dihindari untuk menghadang laju pertumbuhan virus Corona

Pertumbuhan kasus penderita virus Corona (covid-19) di Indonesia sudah cukup serius dan mengkhawatirkan. Sehingga hal ini membutuhkan langkah tegas dari pemerintah pusat untuk menekan penyebaran pandemi tersebut. Salah satunya adalah usaha pemerintah Indonesia yang akhirnya membatalkan program mudik gratis 2020. Jadi dipastikan lebaran tahun ini tidak ada lagi mudik gratis.

>>> Di Bekasi, Rapid Test Virus Corona Wajib Pakai Kendaraan

KEMENHUB BATALKAN PROGRAM MUDIK GRATIS 2020

Salah satu kementrian yang mengambil sikap membatalkan program mudik gratis adalah Kementrian Perhubungan (Kemenhub). Dikutip dari laman Liputan6.com, Kemenhub menyatakan program mudik gratis tahun 2020 dibatalkan karena adanya pandemi Corona yang tidak dipastikan kapan berakhirnya, "Betul (dibatalkan). Sama dibatalkan juga (mudik gratis BUMN)," tukas Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub.

Gambar menunjukkan mudik bareng komunitas Daihatsu

Komunitas juga kerap mengadakan mudik bersama dan disokong oleh APM

Seperti yang diketahui bersama, cara penularan virus Corona adalah dengan adanya kontak (sentuhan) langsung, dengan langkah dibatalkannya agenda mudik gratis untuk musim lebaran 2020 ini diharapkan akan dapat memutus rantai penyebaran virus covid-19. Apalagi virus Corona hingga saat ini belum ditemukan anti virusnya, sehingga disarankan masyarakat melakukan self lockdown dengan tidak keluar rumah.

Gambar menunjukkan mudik 2020 dengan kendaraan pribad

Tidak boleh mudik gratis naik bus bukan berarti disarankan naik mobil

>>> Musim Corona Gini, Mending Naik Angkutan Umum atau Mobil Pribadi?

Lebih lanjut Budi Setiyadi juga mengimbau masyarakat yang mungkin ke depannya berencana akan melakukan mudik ke berbagai daerah di Tanah Air menggunakan kendaraan pribadi untuk dapat membatalkan atau menunda rencana tersebut . Hal ini lantaran pergerakan massal dari kota yang berpotensi menularkan virus ke masyarakat di daerah. Namun, urusan dilarang atau tidaknya, Kemenhub masih terus mendiskusikan hal ini. 

Gambar menujukkan Kebijakan one way system di tol trans jawa

Mudik 2019 dinilai cukup sukses dengan adanya tol trans jawa dan one way system situasional

Mudik bareng atau juga dikenal dengan mudik gratis memang sudah populer 5 tahun kebelakang ini, dan sejak tahun 2019 lalu mudik dengan menggunakan transportasi bus dianggap efisien dan terbukti cukup sukses tahun lalu, sebabnya adalah sudah aktifnya ruas tol trans jawa dan juga adanya kebijakan one way system guna mengurai kemacetan lalu lintas apabila dibutuhkan. 

>>> Tidak mau tinggal berita tentang event dan promosi seputar dunia otomotif? Klik sini untuk updatenya

TANGGAPAN BUMN

Gambar menunjukkan ilustrasi mudik gratis 2020

Tahun 2020 ini baiknya jangan pulang kampung dulu ya

“Kami juga berharap agar badai ini bisa cepat berlalu dan semua masyarakat bisa juga berkontribusi dengan bantuan sekecil apapun termasuk mematuhi himbauan Pemerintah untuk tetap dirumah guna memutus rantai penyebaran virus corona ini. Semoga kita semua diberikan kekuatan, ketabahan dan kesehatan dalam menghadapi cobaan ini,” timpal Rita Marina, perwakilan dari PT Nusaraya Energi Utama sebagai distributor pelumas Pertamina. Yes, semoga pandemi covid-19 ini lekas berakhir.

>>> Klik sini untuk lanjut simak berita yang berguna lainnya

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top