Suzuki Hayabusa 2021 Diriis dengan Sederet Teknologi Baru

06/02/2021

Event - Promosi

5 menit

Suzuki Hayabusa 2021 Diriis dengan Sederet Teknologi Baru
Suzuki Hayabusa 2021 bukan hanya berubah dari sisi desain tapi juga mendapatkan banyak teknologi baru untuk membantu para pengendaranya menjinakkan motor ini.

Suzuki Hayabusa 2021 akhirnya resmi memperkenalkan diri pada 5 Februari 2021 waktu setempat. Ini merupakan generasi ketiga dari Hayabusa yang tentu saja Suzuki terus melakukan sejumlah inovasi.

Selain desainnya, ternyata cukup banyak deretan perubahan pada hyperbike pesaing Kawasaki H2 tersebut. Semuanya mengerucut pada peningkatan performa motor ini untuk dipacu dalam berbagai situasi di jalan raya atau sesekali mencicipi aspal trek balap.

Suzuki Hayabusa generasi ketiga

Tiga generasi Suzuki Hayabusa

>>> Tak Cuma Mobil, Penjualan Motor di Indonesia Tahun 2020 Juga Anjlok

Kapasitas Mesin Lebih Besar dan Banyak Komponen Baru

Jika membahas sebuah Hayabusa, pasti orang akan menunjuk bagaimana kekuatan motor ini. Suzuki pun paham betul jika sudah tiga generasi Hayabusa selalu jadi pilihan pecinta motor sport jalan raya performa tinggi.

Untuk Suzuki Hayabusa 2021, mesinnya berkapasitas 1.340 cc atau naik 100 cc dibanding Hayabusa generasi sebelumnya. Mesin 4 silinder ini memiliki kompresi 12,5:1. Agar pembakaran optimal, mekanisme buka tutup katup diatur menggunakan teknologi Twin Swirl Combustion Chamber (TSCC) baru. Selain itu ada juga teknologi Suzuki Side Feed Injector (S-SFI) yakni berupa dua injektor disetiap selinder mesin.

Mesin Suzuki Hayabusa 2021

Ada banyak komponen baru di mesin ini

>>> Bukan Hanya Sensor Airbag, Inilah Jenis-jenis Sensor Pada Mobil

Ditambah dengan racikan exhaust system baru, semua rekayasa teknologi ini mampu membuat Hayabusa terbaru sanggup menghasilkan tenaga 187 Hp dengan torsi 150 Nm. Suzuki juga mengklaim motor ini sudah memenuhi kualifikasi emisi Euro 5 yang kini ketat diterapkan disejumlah negara Eropa dan Amerika, termasuk juga di Jepang.

Lebih Mudah Dijinakkan

Secara dimensi Hayabusa 2021 memiliki panjang 2.180 mm, lebar 735 mm, dan tinggi 1.165 mm, serta memiliki bobot 264 kg. Dibekali mesin dengan teknologi baru, maka motor ini akan enteng mencapai kecepatan 200 km/jam.

Instrument Suzuki hayabusa 2021

Rider akan diberi pengaturan untuk menjinakkan motor ini

>>> Review Mercedes-Benz A 45 AMG 2015: Monster Kompak Affalterbach Paling Affordable

Tapi Suzuki tak mau sekedar motor kencang pada Hayabusa, namun ingin agar motor tersbeut lebih mudah dikendalikan bagi siapa pun. Sistem Suzuki Intelligent Ride (SIRS) pun diterapkan. Melalui sistem ini, rider yang menunggangi kuda besi itu bisa mengoperasikan Suzuki Drive Mode Selector (SDMS). Teknologi ini bukan cuma mengatur mode berkendara, tapi juga dapat mengatur sistem traction control, engine brake, anti-wheelie control, sampai cruise control.

Untuk mode berkendaranya sendiri ada dua, yaitu Mode 1 dimana motor akan bereaksi lebih spontan, sementara Mode 2 motor bisa melaju dengan lebih halus. Sadar akan tenaganya yang lebh besar, Suzuki Hayabusa 2021 juga dibekali cakram ganda 320 mm yang dikombinasikan Brembo empat piston di bagian depan yang sudah terintegrasi pula dengan sistem ABS.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top