Suzuki Burgman 400 2021, Teknologi Mesinnya Dirombak Total

04/04/2021

Event - Promosi

5 menit

Suzuki Burgman 400 2021, Teknologi Mesinnya Dirombak Total
Suzuki Burgman 400 2021 menawarkan sejumlah perubahan yang cukup signifikan dalam beberapa hal. Mulai dari tenaga dan torsi mesin, efisiensi bahan bakar, emisi standar Euro 5, serta sejumlah fitur baru lainnya.

Suzuki Burgman 400 2021 hadir dengan sejumlah pembaruan komprehensif. Mulai dari sisi estetika, teknologi baru, sampai mesin yang kini sudah sesuai standar emisi gas buang Euro 5. Suzuki memang benar-benar ingin menghadirkan Burgman ke kelas maxi scooter yang lebih advanced.

Burgman 400 pertama kali diperkenalkan Suzuki pada tahun 1998. Mengandalkan mesin yang bertenaga, motor matic ini jadi model maxi scooter yang cukup menonjol terutama di Eropa. Kenikmatan berkendara juga menjadi alasan lain mengapa Suzuki Burgman begitu digemari.

Demi tuntutan permintaan pasar, Suzuki pun terhitung sudah dua kali memoles Burgman 400. Pertama terjadi di tahun 2006, lantas kemduian terjadi lagi di tahun 2018. Sehingag Suzuki Burgman 400 2021 merupakan permbaruan versi ketiga dari Burgman.

>>> Modenas Pulsar RS200 2021, Rp 34 Jutaan Pakai 3 Busi dan Sudah ABS

Banyak Teknologi Baru di Mesin Suzuki Burgman 400

Suzuki Burgman 400 Black Matte

Tenaga dan torsinya naik tapi tetap mengejar efisiensi bahan bakar

Motor ini sekarang sudah menggunakan mesin yang memenuhi standar emisi gas buang Euro 5. Ada juga sejumlah perubahan penting di ruang mesin 400 cc satu silinder yang terpasang di motor ini. Misalnya kontrol throttle yang ditingkatkan kinerjanya, penggunakan cylinder head baru, sistem pengapian baru, sistem injektor yang diubah dari 16 lubang menjadi 10 lubang, dan profil cam yang juga berubah.

Hasilnya, tenaga dan torsi mesin dari rpm rendah hingga menengah jauh lebih kuat dan tersalur secara merata. Sementara ketika rpm tinggi, tenaga puncak juga ikutan naik. Namun disisi lain efisiensi penggunaan bahan bakar ikut tercipta.

Pengaturan ulang pada bagian pengapian juga berdampak positif dari beberapa lini. Antara lain proses engine start jadi lebih cepat yang ditunjang berkat Suzuki Easy Start System, serta kondisi mesin pada saat idle lebih stabil dan lebih halus. Sementara guna mematuhi standar Euro 5, dipasang pula sistem katalis yang baru.

>>> Suka Pakai BBM Tak Sesuai Rekomendasi? Awas, Mesin Mobil Ngelitik

Makin Nyaman Dipakai Touring

Suzuki Burgman 400 Iron Grey

Jok dibuat lebih nyaman, dan di bawahnya ada bagasi 42 liter

>>> Review Suzuki Ertiga GL AT 2016: Pilihan Menarik Dibanding LCGC Baru?

Perubahan yang cukup besar pada Suzuki Burgman 400 2021 adalah keberadaan fitur traction control. Teknologi ini tentu akan menguntungkan saat pengendar menghadapi kondisi jalan licin. Apalagi Suzuki juga telah memasang perangkat ABS terbaru yang selain teknologinya lebih baik, juga lebih ringan 36 gram.

Hal baru berikutnya yang bisa ditemui pada Suzuki Burgman 400 ini adalah instrument cluster baru, bagasi di bawah kursi dengan kapasitas 42 liter, serta soket 12V untuk mengisi daya baterai ponsel. Desain jok juga direkayasa ulang, serta lampu depan dan belakang yang kini pakai LED.

Dikutip dari Visordown, Kamis (01/03/2021), Suzuki Burgman 400 terbaru ini hadir dengan pilihan warna Matte Silver, Matte Black, dan Iron Grey yang semuanya pakai velg biru. Untuk harganya belum dirilis karena motor ini baru tersedia di dealer resmi Suzuki di Eropa pada September 2021 mendatang.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top