Sudah Pernah Lihat Motor Bebek Termahal di Indonesia? Nih Wujudnya

27/04/2021

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Honda CT125 menjadi motor bebek termahal di Indonesia. Saat ini motor bebek yang bisa diajak melahap medan offroad itu punya banderolan harga Rp 76,8 juta.

Popularitas motor bebek di Indonesia kian memudar. Sebelum motor jenis skuter matik (skutik) menghiasi jalanan Indonesia, motor bebek lebih dulu menjadi andalan masyarakat untuk menemani kegiatan sehari-hari. 

Kini penjualan motor di Indonesia justru didominasi jenis skutik. Mengutip data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), 86,8% penjualan motor di Indonesia didominasi oleh skutik. Kemudian baru diikuti oleh motor bebek sebesar 6,2% dan motor sport 7%. 

Tapi itu tak berarti pabrikan enggan mengenalkan motor bebeknya di Indonesia. Nyatanya produsen roda dua seperti Honda maupun Yamaha masih menyajikan sederet motor bebek sebagai pilihan untuk masyarakat.

Honda CT125

Honda CT125 sempat mejeng di pameran IIMS Hybrid 2021

>>> Vespa 75th Anniversary Limited Edition Akhirnya Diluncurkan

Motor Bebek Termahal di Indonesia Dijual Rp 76,8 Juta

Bahkan PT Astra Honda Motor tak segan menawarkan motor bebek dengan banderolan fantastis. Ya, umumnya motor bebek dijual di kisaran harga Rp 19-30 jutaan. Tapi motor bebek Honda CT125 ini justru dijual dengan harga Rp 76,8 juta. Ini sekaligus menjadikan Honda CT125 sebagai motor bebek termahal di Indonesia

Honda CT125 lahir dari perkembangan konsep motor Honda Super Cub yang tidak hanya dapat digunakan di jalan perkotaan, tetapi juga untuk beragam aktivitas outdoor. Konsep tersebut diwujudkan melalui Honda CA100T Trail 50 yang diluncurkan pada tahun 1961 untuk memenuhi permintaan motor yang dapat menemani bepergian ke pegunungan atau menjaga lahan pertanian yang luas, serta menemani hobi pengendaranya seperti berkemah dan memancing. 

Pada tahun 1964, nama legendaris CT lahir dan pertama kali digunakan pada Honda CT200 Trail 90. Pada tahun 2020, produk yang sudah melegenda selama hampir 60 tahun ini didesain ulang dengan perspektif modern terbaru yang dibekali dengan teknologi terkini melalui Honda CT125.

Honda CT125 didesain untuk menjadi partner berkendara yang tangguh di medan trekking. Menggunakan rangka yang rigid dan ringan, rangka belakang model ini dibuat lebih panjang untuk mengakomodasi barang bawaan yang lebih besar. Karakter mesin 125cc yang menghasilkan torsi besar dan penyematan rem ABS pada Honda CT125 memberikan pengalaman berkendara yang semakin berbeda.

Honda CT125

Menggendong mesin berkapasitas 125cc

>>> IIMS 2021: Husqvarna EE 5 dan KTM SX-E 5, Motor Trail Mini Bertenaga Listrik

Mesin Honda CT125

Honda CT125 dibekali dengan mesin 125cc, PGM-FI, 4 langkah dan berpendingin udara ini mampu memberikan respon yang menyenangkan di perkotaan maupun pengalaman berkendara motor yang nyaman untuk trekking dan turing. Motor ini memiliki bore dan stroke 52.4 x 57.9mm dengan rasio kompresi 9.3:1. Tenaga maksimal yang dihasilkan adalah 6.5kW dicapai pada rpm 7.500 dan torsi maksimal sebesar 11 Nm pada rpm 4.500.

Desain Honda CT125

Pada sisi desain, Honda CT125 membawa perpaduan antara gaya hidup modern dan fungsionalitas pada keseluruhan bodinya yang tangguh dan modern. Desain lampu depan yang bulat berpadu dengan desain lampu sein berbentuk kotak menjadi ciri khas dari Honda CT. Knalpot model ini didesain lebih tinggi untuk mempertahankan karakter sepeda motor trekking yang memberikan kesan kuat. Front fender yang terbuat dari besi semakin memperkokoh tampilan tangguh pada model ini.

Sisi fungsional dari desain Honda CT125 dapat terlihat dari posisi intake duct yang diposisikan tinggi untuk mengurangi debu yang masuk. Pada bagian belakang jok pengendara tersedia tempat besar untuk menaruh barang bawaan pengendara, dengan kapasitas maksimal hingga 20 kg pengendara dapat membawa barang lebih banyak  untuk menemani perjalanannya.

Honda CT125

Didesain untuk melahap medan offroad

Fitur Honda CT125

Setang kemudi dari Honda CT125 memberikan posisi berkendara natural yang mudah untuk dikendalikan dan menyempurnakan posisi berkendara yang tegap di mana pengendara mendapatkan visibilitas sempurna ke segala arah.

Fitur yang melimpah dan fungsional hadir melengkapi motor yang menjadi ikon bebek trekking ini. Untuk pencahayaan, Honda CT125 sudah mengadopsi sistem LED di keseluruhan fitur pencahayaan. Panelmeternya digital dan compact dengan desain bulat yang terlihat modern dan mewah sekaligus mudah untuk membaca informasi yang ditampilkan. Motor ini memiliki tangki yang besar dengan kapasitas 5,3L untuk menemani pengendaranya berkendara jarak jauh.

Honda CT125 memiliki berat bersih 120 kg, dilengkapi dengan suspensi depan teleskopik dan velg berdiameter 17 inchi yang elegan untuk mendukung pengendalian yang lebih stabil dan presisi. Ban depan dan belakang model ini berukuran 80/90. Untuk keamanan berkendara, Honda CT125 dibekali dengan rem cakram ganda dan ABS 1-channel di roda depan. Honda CT125 hadir dengan warna Glowing Red yang dipasarkan dipasarkan secara eksklusif di seluruh jaringan Honda Big Wing dan Wing dealer.

>>> Cintamobil TV: Kelebihan Honda Accord 2021 yang Sangat Layak Dimiliki

 

Tags: Motor Honda

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top