Sudah Ada 685.000 Honda PCX Mengaspal di Indonesia Sejak 2010

08/02/2021

Event - Promosi

5 menit

Sudah Ada 685.000 Honda PCX Mengaspal di Indonesia Sejak 2010
Honda PCX turut digemari masyarakat Indonesia. Terbukti sejak 2010 pertama kali dikenalkan sudah ada 685.000 PCX yang digunakan oleh konsumen seluruh Indonesia.

Honda PCX menjadi salah satu jenis skuter matik yang digemari masyarakat Indonesia. Meski mengisi segmen skutik premium, nyatanya popularitas Honda PCX tak kalah dengan para pesaing maupun motor lainnya.

Dibeberkan Honda, PCX yang perdana masuk ke pasar Indonesia tahun 2010 kini sudah membukukan penjualan hampir 700.000 unit dalam waktu 10 tahun. 

"Honda PCX ini diluncurkan sejak tahun 2010 memang masih dalam bentuk utuh (CBU) dan 2018 kami produksi di pabrik Astra Honda Motor kawasan Sunter. Jadi sepanjang selama 10 tahun itu sampai 2020 total PCX yang sudah dipakai konsumen Indonesia 685 ribu unit," jelas Marketing Director PT Astra Honda Motor Thomas Wijaya saat sesi peluncuran PCX 160 dan Hybrid belum lama ini. 

Honda PCX

PCX 160 dibekali desain terbaru

>>> PCX 160 2021 Resmi Meluncur! Dibanderol Rp 30 Jutaan

Honda PCX Hybrid

PCX tak hanya dijual di Indonesia, melainkan juga di negara-negara lainnya. Dibandingkan dengan negara lainnya, Indonesia lah yang paling banyak membeli PCX. Maka dari itu, dengan adanya PCX model terbaru diharapkan penjualan bisa kembali bergairah sekaligus tetap menjadi yang tertinggi. 

AHM tak hanya menghadirkan PCX versi konvensional. Melainkan juga ada Honda PCX Hybrid yang kini berganti nama menjadi PCX e:HEV. Ini sebenarnya bukan barang mengingat PCX Hybrid sudah dikenalkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. 

Honda PCX

Ada juga varian hybrid yang kini berganti nama menjadi e:HEV

Adapun Honda menargetkan PCX bisa terjual sebanyak 240.000 unit dalam setahun ini. Target ini naik 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Honda cukup percaya diri dengan target tersebut mengingat vaksin virus corona mulai didistribusikan ke sejumlah negara. 

Executive Vice President PT AHM Johannes Loman menyebut bahwa pihaknya cukup percaya diri akan pendistribusian vaksin yang mulai dilakukan di Indonesia. Ini secara tak langsung akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian Tanah Air. 

"Saya yakin vaksin cepat di apply maka pandemi akan bisa diatasi dan sudah sewajarnya dengan tidak adanya pandemi ekonomi bergerak. Ekonomi bergerak maka akan mempengaruhi penjualan sepeda motor di Indonesia," terang Loman. 

>>> Marc Marquez Tetap Jadi Pembalap Favorit MotoGP 2021

Harga Honda PCX

PCX terbaru dipasarkan dengan 3 tipe yaitu CBS, ABS, dan e:HEV. Untuk tipe CBS terdapat warna Wonderful White, Majestic Matte Red, Glorious Matte Black, dan Marvelous Matte Gray.

Sedangkan untuk tipe ABS, terdapat warna Wonderful White, Majestic Matte Red, Briliant Black, dan Royal Matte Blue. Tipe ABS memiliki jok two-tone serta emblem PCX dengan warna tembaga untuk tampilan yang lebih mewah. Sementara itu, untuk tipe e: HEV terdapat warna Horizon White, yang juga memiliki jok two-tone dengan sentuhan warna biru pada emblem PCX yang semakin memberikan kesan istimewa.

Honda PCX

Pilihan warna PCX

PCX dijual dengan harga on the road (OTR) DKI Jakarta Rp 30.350.000,- untuk tipe CBS , Rp 33.950.000,- untuk tipe ABS , dan Rp 43.550.000,- untuk tipe e:HEV.    Kehadiran PCX 160 terbaru ini berarti menggantikan model lamanya. Honda bakal menghabiskan stok PCX lama baru kemudian menghentikan produksinya. 

"Ini bukan CKD yang pertama, sejak 150cc lalu sudah full diproduksi hingga saat ini dan yang baru juga tidak hanya tahap awal," tambah Thomas.

Sekadar informasi, All New Honda PCX mengusung mesin generasi terbaru dengan kapasitas 160cc 4 katup eSP+, berpendingin cairan, yang mampu mengurangi gesekan dan menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,8 kW @8500 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm @6500 rpm. Sensasi bertenaga yang dihadirkan skutik premium ini pun semakin mewujudkan kesenangan berkendara. Sementara itu, All New Honda PCX e: HEV dilengkapi dengan motor assist dan riding mode dengan pilihan mode normal (D) dan sport (S) untuk memberikan sensasi berkendara yang responsif dalam menghadirkan performa maksimal.  

Honda PCX

Mesinnya pun baru

Hadirnya fitur HSTC semakin memberikan rasa aman dalam mendukung performa terbaik All New Honda PCX saat melintasi kondisi jalan yang licin, sehingga sensasi kesenangan mengendarai skutik premium ini pun tetap terjaga. Dalam mendukung performanya, All New Honda PCX mampu mengkonsumsi bahan bakar mencapai 45 Km/l. Pengetesan dilakukan melalui pengaktifan fitur ramah lingkungan Idling stop system (metode ECE R40) dengan metode pengetesan EURO 3.

>>> Lebih Baik Dari Motor Roda 3, Ini Alasan Memilih Daihatsu Hi-Max Bekas

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top