Skutik Listrik Husqvarna E-01 Dijadwalkan Rilis Tahun Depan

10/03/2021

Event - Promosi

5 menit

Husqvarna E-01 akan menjadi skutik listrik terbaru dari Husqvarna (Husky). Basisnya dari Bajaj Chetak yang juga sama-sama berjenis motor listrik berjenis skutik dan akan dirilis tahun 2022.

Husqvarna E-01 sedang dipersiapkan dan rencananya akan rilis tahun depan. Kabar ini memang cukup mencengangkan. Sebab Husqvarna biasanya identik dengan motor sport model naked atau motor-motor dual purpose. Tapi kini pabrikan Austria itu bersiap memperkenalkan skutik listrik melalui Husqvarna E-01.

Munculnya kabar akan dirilisnya skutik listrik itu menyusul rencana Husqvarna yang juga awalnya berencama merilis motor sport elektrik dalam waktu dekat. Motor bergaya naked itu kabarnya akan pakai nama E-Pilen. Mungkin ini merujuk pada Vitpilen dan Svartpilen tapi menggunakan motor dan baterai listrik.

Oke balik lagi membahas Husqvarna E-01. Pabrikan sepeda motor ini bahkan sebelumnya berencana merilis skutik elektrik itu di 2021. Namun, dikutip dari Ridepart, Selasa (09/03/2021), Husqvarna akhirnya menunda waktu peluncurannya hingga tahun depan.

>>> Motor Listrik Yamaha Berwujud Mirip Nmax Segera Diproduksi

Berbagi Teknologi dengan Bajaj

Bajaj Chetak eletrik

Pakai basis Bajaj Chetak yang sukses di India

Husqvarna E-01 ternyata merupakan model yang basisnya diambil dari Bajaj Chetak yang sama-sama berjenis skutik listrik. Meskipun tidak dijual di Amerika Serikat (AS) dan Eropa, tapi Bajaj Chetak penjualannya cukup moncer di India. Ditambah kemitraan KTM sebagai induk perusahaan Husqvarna dengan Bajaj, membuat perusahaan ini bisa saling berbagi teknologi atau bahkan produk dengan kemasan yang berbeda.

Karena target pangsa pasarnya adalah masyarakat Eropa, maka Husqvarna E-01 juga akan diracik dengan cita rasa Eropa. Namun Husky pun berniat untuk bisa memasarkan motor listrik ini ke AS, bahkan jika perlu ke kawasan Asia. Apakah itu juga artinya bakal ke Indonesia? Kita tunggu saja.

>>> Mengintip Cara hingga Biaya Perawatan Mobil Listrik

Disajikan untuk Para Commuter Perkotaan

Husqvarna E-01 rilis

Dua motor listrik Husqvarna yang siap dirilis

>>> Review Hyundai KONA Electric 2020: SUV Listrik yang Menggiurkan

Sayangnya belum ada spesifikasi rinci dari motor Husqvarna elektrik ini. Tetapi karena menggunakan basis yang sama, maka kemungkinan besar kemampuannya akan setara Bajaj Chetak. Yaitu menggunakan baterai yang berkekuatan 4 kW atau kira-kira setara 15 hp.

Namun jika dilihat dari desainnya, skutik listrik ini tampil dengan model yang sangat futuristik dan styish. Bentuknya terlihat mungil tapi lekukan di tubuhnya syarat nuansa modern. Apalagi kombinasi warna abu-abu, silver dan kuning stabilo membuatnya juga terlihat stylish. Sangat cocok dipakai untuk aktifitas di perkotaan modern.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top