Sirkuit Mandalika Masuk Kalender Tes Pramusim MotoGP 2022

01/09/2021

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Sirkuit Mandalika Masuk Kalender Tes Pramusim MotoGP 2022
Kabar baik bagi penggemar MotoGP di Indonesia, Sirkuit Mandalika yang sudah memasuki tahap finishing akan dijajal oleh para pebalap MotoGP tahun depan.

Baru-baru ini MotoGP sudah mengeluarkan jadwal sementara untuk tes pramusim MotoGP 2022. Selain Sirkuit Sepang, nama Sirkuit Mandalika juga ikut disebutkan dalam pernyataan resmi tersebut.

Ini menjadi kabar baik untuk dunia motorsport dan pariwisata Indonesia yang sedang mencoba bangkit dari pandemi COVID-19. Sebelumnya, sirkuit yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini juga sedang dipertimbangkan untuk menggelar sesi fly away Worlds Superbike (WSBK) 2021.

Hanya Untuk Tes?

Gambar MotoGP Indonesia

Pengumuman resmi MotoGP sudah menyebut nama Sirkuit Mandalika sebagai lokasi tes pramusim

Meski banyak yang berharap Mandalika untuk langsung dimasukkan ke kalender musim balap MotoGP 2022, Dorna selaku penyelenggara ajang balap motor nomor satu ini masih belum bisa memastikan.

>>> Sirkuit Mandalika Hampir 100% Rampung, Siap Dijajal WSBK

Tetapi, penunjukkan Sirkuit Mandalika sebagai salah satu lokasi untuk tes pramusim jadi sinyal yang positif. Setidaknya ini bisa menjadi survey bagi Dorna dan para pebalap untuk melihat kelayakan sirkuit sebelum resmi memasukannya ke dalam kalender MotoGP 2022.

Happy Harinto, Chief Strategic and Communication Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyebut bahwa hal ini menjadi kepercayaan yang luar biasa untuk Indonesia, karena tak semua negara bisa dipercaya menjadi lokasi untuk tes pramusim MotoGP yang memiliki standarisasi tinggi.

Untuk para pebalap dan tim MotoGP, tes pramusim merupakan salah satu hal yang penting memasuki musim balap yang baru. Setiap orang memiliki misi, bahkan pemasok ban atau suspensi. Tujuannya adalah untuk menyiapkan motor demi meraih gelar juara.

Gambar Tes Pra-Musim

Tes pra-musim sangat penting untuk mengetahui kekuatan motor sepanjang musim balap

Para pabrikan juga akan membawa suku cadang dan material baru, atau mengembangkan kembali suku cadang yang ada untuk diuji. Tes pramusim jadi sangat penting untuk kekuatan motor karena setelah musim mulai bergulir, para tim tak memiliki banyak kesempatan untuk meningkatkan performa motor dengan signifikan.

>>> Fakta-fakta Menarik di Balik MotoGP, Mulai dari Pembalap Hingga Sirkuitnya!

Positif Bisa Menyelenggarakan Seri Balap MotoGP Indonesia

Happy juga mengungkapkan bahwa pihak MGPA optimis bahwa MotoGP Indonesia bisa dilangsungkan. Ia menyebut jika sirkuit sudah 100% selesai, tak ada alasan untuk menunda memasukkan Sirkuit Mandalika ke kalender MotoGP 2022. Apalagi Dorna masih belum mengumumkan jadwal balapan musim depan.

Sampai saat ini, pembangunan sirkuit masih terus dikejar. Yang terbaru, lapisan aspal track lane atau lintasan balap sudah siap 100% untuk dijajal oleh para pebalap MotoGP maupun WSBK.

Gambar Mandalika

Aspal sirkuit sudah siap dijajal

Kini, penyelesaian sirkuit tinggal melengkapi infrastruktur pendukung. Kami jadi tidak sabar untuk menonton para pebalap MotoGP berlaga di sirkuit sepanjang 4,32 kilometer ini.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas
 
back to top