Sirkuit Mandalika Baru Diizinkan Gelar Balap MotoGP Tahun Depan

11/04/2021

Event - Promosi

5 menit

Sirkuit Mandalika Baru Diizinkan Gelar Balap MotoGP Tahun Depan
Sirkuit Mandalika ditargetkan rampung pada pertengahan tahun ini, namun setelah melakukan inspeksi teknik, pihak Dorna dan FIM telah memutuskan jika MotoGP Indonesia baru bisa digelar tahun depan.

Indonesia akhirnya mengumumkan jika Sirkuit Mandalika belum bisa digunakan untuk ajang MotoGP 2021. Keputusan ini diambil berdasarkan hasil inspeksi dan urung rembuk dengan perwakilan pihak Dorna Sports beserta FIM yang meninjau ke lokasi sirkuit yang berada di kawasan Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTT) tersebut.

Meski gagal masuk dalam agenda sirkuit cadangan untuk ajang MotoGP 2021, namun pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) yakin jika trek Mandalika akan bisa digunakan pada musim kompetisi tahun depan. Ini juga setelah mempertimbangkan keputusan dari Dorna dan FIM.

>>> MotoGP Buriram Dibatalkan karena Tak Dapat Izin Pemerintah Thailand

Sirkuit Mandalika Sudah Bisa Gelar Kelas Superbike Tahun Ini

Tim Dorna Sports dan FIM

Tim Dorna dan FIM melakukan inspeksi persiapan trek Mandalika

Melalui keterangan tertulisnya, pihak Dorna dan FIM menyatakan puas dengan perkembangan pembangunan sirkuit di Mandalika yang ditargetkan rampung pertengahan 2021.

"Target untuk Sirkuit Mandalika adalah tetap menggelar FIM Superbike pada 14 November 2021. Namun, karena pandemi Covid-19, semua pihak setuju untuk menggelar MotoGP di sirkuit tersebut pada paruh pertama musim 2022," tulis pernyataan resmi Dorna, Jumat (09/04/2021).

Sementara itu Abdulbar M. Mansoer, Presiden Direktur ITDC mengaku berterima kasih kepada pihak Dorna dan FIM karena cukup puas dengan perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada FIM dan Dorna yang telah datang dan melaksanakan technical visit dan memenuhi harapan mereka," jelas Abdulbar.

>>> Perhatikan Hal Ini Ketika Mengemudi saat Hujan Deras

Mandalika Bisa Dipakai untuk Sesi Latihan MotoGP di Akhir 2021

Inspeksi Sirkuit Mandalika

Sirkuit ditargetkan rampung pertengahan tahun ini

>>> Review MINI Countryman Blackheath Edition 2020: Kesan Misterius Britania Raya

Walaupun MotoGP Indonesia baru bisa digelar tahun depan, tetapi pihak Dorna juga mengummkan jika Sirkuit Mandalika bisa masuk dalam daftar sirkut untuk pelaksanaan tes pra musim di akhir 2021.

"Jika MotoGP bisa menggelar balapan di Asia Tenggara di akhir 2021, maka ada upaya melakukan tes tim MotoGP di Mandalika sebagai antisipasi masuk dalam kalender MotoGP 2022," sambung pernyataan resmi Dorna.

Street Circuit di The Mandalika memiliki panjang 4,31 Km dengan 17 tikungan. Ketika tidak ada balapan, fasilitas-fasilitas tersebut termasuk sirkuitnya berubah fungsi menjadi jalan raya biasa. Dan sebelumnya, Mandalika menjadi satu-satunya sirkuit cadangan pada kalender MotoGP 2021.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top