Siap-Siap, Pameran Bus Terbesar Di ASEAN Bakal Digelar Di Indonesia

21/01/2019

Event - Promosi
Siap-Siap, Pameran Bus Terbesar Di ASEAN Bakal Digelar Di Indonesia
Jika bulan Maret 2018 lalu ada pameran kendaraan niaga GIICOMVEC 2018 (GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo) digelar di Jakarta Convention Center (JCC), bulan Maret 2019 ini bakal ada lagi pameran bus terbesar di Asia Tenggara digelar di Indonesia.

Awal Maret 2018 lalu puluhan bus ambil bagian dalam pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan Jakarta Pusat. Mereka hadir dengan penampilan terbaiknya demi mendapatkan lebih banyak pengunjung. Salah satunya bus Mobil Anak Bangsa atau disebut MAB, mobil listrik 100 persen yang dibangun oleh Jendral TNI (Purn) Moeldoko. Meski masih bersifat purwa rupa, bus listrik karya anak bangsa ini dinyatakan siap diproduksi massal di masa mendatang.

Foto bus listrik Mobil Anak Bangsa di pameran GIICOMVEC 2018

Bus listrik Mobil Anak Bangsa siap diproduksi di masa mendatang

Maret 2019 ini, bakal ada lagi even besar industri otomotif diselenggarakan di Indonesia, yaitu Busworld South East Asia 2019 atau pameran bus terbesar di Asia Tenggara. Pameran bakal digelar di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, 20-22 Maret 2019. Puluhan operator dan industri karoseri bus dari mancanegara seperti dari Swiss, Belanda, Italia, China, Prancis, Turki, Taiwan dan Jepang bakal hadir meramaikan event ini. Begitu pula dengan perusahaan karoseri dalam negeri seperi Laksana dan New Armada juga siap ambil bagian meramaikan pameran bus terbesar di Asia Tenggara ini. Mereka tak akan menyia-nyiakan kesempatan dan bakal memanfaatkan momen sebagai ajang mengenalkan produk mereka ke dunia international.

>>> Keren, Bus Tingkat Legacy SR2 Double Decker Hadir Berlimpah Kemewahan

Dalam keterangan resminya, Global Expo Management (GEM) yang merupakan panitia penyelenggara bersama dengan Busworld Internasional menuturkan pameran bus terbesar Busworld South East Asia 2019 tidak hanya menampilkan berbagai produk bus dan sparepart, tapi juga memberi edukasi kepada masyarakat mengenai perkembangan bus di dunia.

"Busworld merupakan pameran B2B terbesar di bidang bus dan industri karoseri yang akan menampilkan berbagai macam bus, coach bus, minibus, termasuk spare part, dan komponen serta pelayanan. Selain inovasi dan teknologi, pameran ini juga akan memberikan edukasi mengenai perkembangan bus di dunia dalam program Busworld Academy," ucap Direktur GEM Baki Lee, dalam siaran resminya, Kamis (17/1/2019).

>>> Ingin membeli mobil berteknologi tinggi? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Gambar logo Busworld dengan background hitam

Pameran Busworld South East Asia 2019 diselenggarakan di Jakarta

Untuk diketahui pameran Busworld pertama digelar 46 tahun yang lalu di kota Kortrijk di Belgia pada tahun 1971. Sedangkan Busworld South East Asia 2019 yang bakal digelar di Indonesia adalah pameran ke-7 pada kalender Busworld saat ini di sebelah Turki, India, Rusia, Cina, Asia Tengah dan Amerika Latin.

Dalam laman resmi Busworld South East Asia dituturkan beberapa alasan mengapa Indonesia dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan pameran bus terbesar ini.

  • Indonesia memiliki populasi 260 juta orang (40% dari populasi ASEAN) yang tersebar di 34 provinsi dengan 415 kabupaten. Banyak orang membutuhkan banyak alat transportasi.
  • Kementerian Perhubungan Indonesia telah merencanakan pengadaan 3.000 bus baru untuk sistem BRT di 34 provinsi pada tahun 2019.
  • Pengadaan 200 unit bus baru akan dibuka pada awal 2019.
  • Indonesia menargetkan 20 juta pengunjung wisata pada akhir 2019 dengan 10 destinasi baru yang sudah disiapkan. Sebagai sarana transportasi untuk melayani jumlah pengunjung diperkirakan butuh 5.000 armada hingga akhir tahun.

>>> Baca juga: Review Nissan Evalia 2012: Jadi Mobil Keluarga Bisa, Niaga Bisa

Foto kemeriahan Busworld Russia 2018

Busworld Russia 2018 disambut antusias warga Moskow dan kota besar lain di Rusia

 >>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top