Seri MotoGP Malaysia 2021 Resmi Dibatalkan, Misano Jadi Gantinya

20/08/2021

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Seri MotoGP Malaysia 2021 Resmi Dibatalkan, Misano Jadi Gantinya
Seri MotoGP Malaysia 2021 di Sirkuit Sepang yang dijadwalkan pada Oktober harus dibatalkan setelah melihat kondisi pandemi COVID-19 yang tak kunjung mereda.

Satu lagi ajang motorsport internasional yang resmi dibatalkan akibat pandemi COVID-19, yakni seri MotoGP Malaysia 2021. Semula, seri MotoGP Malaysia rencananya digelar pada 22 - 24 Oktober 2021 di Sirkuit Sepang.

Sebelumnya, seri balap F1 Jepang 2021 di Sirkuit Suzuka juga baru saja resmi dibatalkan. Dengan pembatalan ini, kalender musim balap MotoGP 2021 pun harus kembali direvisi.

Dua Tahun Tanpa MotoGP di Sepang

Keputusan ini diumumkan oleh Dorna Sports, organisasi penyelenggara MotoGP setelah melihat kasus positif COVID-19 yang meningkat di Malaysia yang memicu pemerintah setempat untuk melakukan pembatasan perjalanan. Ini menjadi tahun kedua balapan di Sepang harus dibatalkan dengan alasan yang sama.

>>> Hasil Balap MotoGP Austria 2021: Hujan Membawa Hasil Tak Terduga

Gambar MotoGP

Ini jadi tahun kedua tanpa seri balap MotoGP Malaysia

Dorna pun langsung merevisi kalender musim balap 2021 dan menunjuk Sirkuit Misano sebagai pengganti. Artinya, Misano akan menggelar dua balapan pada musim ini.

Uniknya, balapan di Misano ini bukan seri back to back seperti Sirkuit Red Bull Ring dengan Grand Prix Styria dan Austria. Seri pertama di Misano bertajuk Grand Prix San Marino akan dilangsungkan pada 19 September 2021, sedangkan yang kedua akan digelar pada 24 Oktober 2021, sebagaimana Grand Prix Malaysia dijadwalkan.

Hingga saat ini, Dorna masih belum memberi nama seri pengganti tersebut. Tahun lalu, balap kedua di Misano diberi nama Grand Prix Emilia Romagna.

>>> Peraturan Baru di Malaysia: Pelanggan Cuci Mobil Harus 2 Kali Vaksin

Gambar Podium Grand Prix Emila Romagna

Tahun lalu seri balap kedua di Misano diberi nama Grand Prix Emilia Romagna

Akan Jadi Kado Berkesan Untuk Valentino Rossi

Balapan kedua di Misano ini seharusnya akan menjadi kado yang berkesan bagi Valentino Rossi yang memutuskan untuk pensiun di akhir musim balap dan baru saja mengumumkan kehamilan sang kekasih.

Misano selalu menjadi sirkuit yang spesial bagi Rossi karena letaknya yang dekat dengan kampung halamannya, Tavullia. Tempat tersebut hanya berjarak 15 menit dari lintasan balap yang terletak di Provinsi Rimini.

The Doctor juga selalu menunjukkan performa maksimalnya setiap beraksi di depan pendukung setianya. Terbukti, tahun lalu ia mampu finis di urutan ke-4 meski gagal finis di seri kedua.

>>> Valentino Rossi Siap All Out Di Sisa Balap MotoGP 2021

Berikut update kalender terbaru di MotoGP 2021:

Gambar Kalender MotoGP 2021

Kalender MotoGP 2021 terbaru

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas
 
back to top