Seri Balap F1 Jepang 2021 Dibatalkan, Akan Dipindah ke Amerika?

20/08/2021

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Karena pandemi COVID-19 Jepang tak kunjung turun, FIA terpaksa membatalkan seri balap F1 yang seharusnya diadakan di Sirkuit Suzuka. Di mana seri penggantinya?

Satu lagi ajang motorsport internasional yang harus dibatalkan karena pandemi COVID-19. FIA mengumumkan pada Rabu (18/8) bahwa balap F1 di Sirkuit Suzuka untuk tahun ini harus dibatalkan.

Gambar Grand Prix Australia

Grand Prix Australia di tahun 2020 bahkan dibatalkan sesaat sebelum sesi Free Practice dimulai

Sebelumnya, sudah ada beberapa seri balap yang dibatalkan karena alasan yang sama. Yaitu seri F1 Grand Prix Australia, Kanada, dan Singapura. Pembatalan ini menjadi yang kedua dalam dua tahun berturut-turut untuk penyelenggaraan Grand Prix Jepang.

Kritik Masyarakat Jepang

Jepang yang memaksa untuk melaksanakan Olimpiade Tokyo 2020 dikritik habis-habisan oleh mayoritas masyarakatnya. Selama penyelenggaraan ajang olah raga internasional tersebut, kasus positif COVID-19 di Jepang sempat meningkat hingga 12.000 jiwa.

>>> Juara Dunia Formula E Keturunan Indonesia Diam-diam Ditaksir Tim F1

Gambar Kritik Olimpiade Tokyo

Penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 sempat menuai kritik keras

Hal tersebut diperparah oleh perkembangan penyelenggaraan vaksinasi di Jepang yang terbilang lamban. Beberapa pihak menyebut penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 mengirimkan sinyal yang salah terhadap masyarakat akan kondisi pandemi di negara tersebut.

Akhirnya, ajang internasional lain seperti balap F1 pun harus dibatalkan sementara mereka akan memulai pemulihan setelah lonjakan kasus COVID-19.

Ke Mana F1 Harus Memindahkan Kalender Balapnya?

Tentunya pembatalan ini menjadi pekerjaan rumah yang berat untuk FIA dan manajemen Formula 1 untuk tetap menggelar 23 balapan sesuai dengan kalender F1 tahun ini.dengan sebaik mungkin sesuai rencana tahun ini.

>>> Intip Biaya Sewa Bus Hidrogen Toyota di Olimpiade Tokyo 2020

Balap F1 Jepang 2021 di sirkuit Suzuka rencananya akan digelar 10 Oktober yang menjadi akhir dari tiga balapan berturut-turut setelah F1 Rusia dan Turki.

Gambar Sirkuit COTA

Sirkuit COTA menjadi kandidat pengganti seri balap Formula 1 Jepang

Suzuka adalah sirkuit favorit bagi banyak pebalap, tentu beberapa dari mereka harus kecewa akan keputusan ini. Honda dan Red Bull Racing juga kecewa karena tidak mendapat kesempatan untuk melakukan balap perpisahan untuk Honda sebagai penyuplai power unit F1 di musim terakhirnya.

Spekulasi mengenai sirkuit pengganti pun mulai muncul, banyak yang menyebut Amerika menjadi negara yang tepat untuk menggantikan seri balap F1 Jepang.

Kabarnya, akan ada balap kedua untuk Amerika Serikat dan pertama untuk Qatar. Sirkuit Austin's Circuit of the Americas menjadi kandidat kuat untuk menyelenggarakan ajang balap mobil paling bergengsi ini.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top