Seri Balap F1 Jepang 2021 Dibatalkan, Akan Dipindah ke Amerika?

20/08/2021

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Seri Balap F1 Jepang 2021 Dibatalkan, Akan Dipindah ke Amerika?
Karena pandemi COVID-19 Jepang tak kunjung turun, FIA terpaksa membatalkan seri balap F1 yang seharusnya diadakan di Sirkuit Suzuka. Di mana seri penggantinya?

Satu lagi ajang motorsport internasional yang harus dibatalkan karena pandemi COVID-19. FIA mengumumkan pada Rabu (18/8) bahwa balap F1 di Sirkuit Suzuka untuk tahun ini harus dibatalkan.

Gambar Grand Prix Australia

Grand Prix Australia di tahun 2020 bahkan dibatalkan sesaat sebelum sesi Free Practice dimulai

Sebelumnya, sudah ada beberapa seri balap yang dibatalkan karena alasan yang sama. Yaitu seri F1 Grand Prix Australia, Kanada, dan Singapura. Pembatalan ini menjadi yang kedua dalam dua tahun berturut-turut untuk penyelenggaraan Grand Prix Jepang.

Kritik Masyarakat Jepang

Jepang yang memaksa untuk melaksanakan Olimpiade Tokyo 2020 dikritik habis-habisan oleh mayoritas masyarakatnya. Selama penyelenggaraan ajang olah raga internasional tersebut, kasus positif COVID-19 di Jepang sempat meningkat hingga 12.000 jiwa.

>>> Juara Dunia Formula E Keturunan Indonesia Diam-diam Ditaksir Tim F1

Gambar Kritik Olimpiade Tokyo

Penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 sempat menuai kritik keras

Hal tersebut diperparah oleh perkembangan penyelenggaraan vaksinasi di Jepang yang terbilang lamban. Beberapa pihak menyebut penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 mengirimkan sinyal yang salah terhadap masyarakat akan kondisi pandemi di negara tersebut.

Akhirnya, ajang internasional lain seperti balap F1 pun harus dibatalkan sementara mereka akan memulai pemulihan setelah lonjakan kasus COVID-19.

Ke Mana F1 Harus Memindahkan Kalender Balapnya?

Tentunya pembatalan ini menjadi pekerjaan rumah yang berat untuk FIA dan manajemen Formula 1 untuk tetap menggelar 23 balapan sesuai dengan kalender F1 tahun ini.dengan sebaik mungkin sesuai rencana tahun ini.

>>> Intip Biaya Sewa Bus Hidrogen Toyota di Olimpiade Tokyo 2020

Balap F1 Jepang 2021 di sirkuit Suzuka rencananya akan digelar 10 Oktober yang menjadi akhir dari tiga balapan berturut-turut setelah F1 Rusia dan Turki.

Gambar Sirkuit COTA

Sirkuit COTA menjadi kandidat pengganti seri balap Formula 1 Jepang

Suzuka adalah sirkuit favorit bagi banyak pebalap, tentu beberapa dari mereka harus kecewa akan keputusan ini. Honda dan Red Bull Racing juga kecewa karena tidak mendapat kesempatan untuk melakukan balap perpisahan untuk Honda sebagai penyuplai power unit F1 di musim terakhirnya.

Spekulasi mengenai sirkuit pengganti pun mulai muncul, banyak yang menyebut Amerika menjadi negara yang tepat untuk menggantikan seri balap F1 Jepang.

Kabarnya, akan ada balap kedua untuk Amerika Serikat dan pertama untuk Qatar. Sirkuit Austin's Circuit of the Americas menjadi kandidat kuat untuk menyelenggarakan ajang balap mobil paling bergengsi ini.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas
 
back to top