Sepi Pemberitaan, Off Roader Bantu Korban Longsor Dengan Lewati Trek Ekstrim

16/01/2020

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Sepi Pemberitaan, Off Roader Bantu Korban Longsor Dengan Lewati Trek Ekstrim
Sayang sekali bencana alam tanah longsor di Bogor dan Lebak sepi pemberitaan, untunglah ada para Off roader bantu korban longsor dengan lewati trek ekstrim

Karena pemberitaan di media sudah sangat berkurang, jadi sebagian besar orang mengira banjir bencana bandang dan tanah longsor telah pulih. Tapi sebenarnya masih banyak desa yang terisolir di perbatasan Banten, Bogor, & Jawa Barat. Salah satunya kecamatan Sukajaya, dari 11 desa masih ada beberapa desa yang belum bisa diakses lewat darat akibat terputusnya jalan. Untunglah ada para off roader bantu korban longsor dan banjir dengan lewati trek ekstrim.

Gambar menunjukkan Off Road IOF menembus tanah longsor

Trek super ekstrim akibat tanah longsor membutuhkan kendaraan 4x4 berspek khusus untuk membuka jalan

>>> Bisakah Mobil Offroad Ditanggung Asuransi?

"Ini menjadi salah satu fokus relawan IOF (Indonesian Off Road Federation) untuk membuka jalur yang terisolir tersebut," papar Julian Johan, salah seorang off roader yang turut serta berpartisipasi menjadi relawan kemanusiaan. Masih menurut pria pengguna Mitsubishi Triton HDX ini, jalur-jalur antar kelurahan yang terputus biasanya akibat tertutup tanah longsor, sehingga karakter tanahnya sangat gembur dan lengket, bahkan melihat foto yang ada mirip event off road Meratus Expedition (MEX).

Gambar menunjukkan kendaraan pembuka jalur 4x4

Bahkan kendaraan heavy duty 4x4 pun bisa kepater di trek tanah longsor ini

>>> Inilah Lokasi Offroad Paling Menegangkan Di Dunia, Gunshot Creek

Selain para relawan IOF yang menggunakan kendaraan 4x4 heavy duty yang telah dimodifikasi berat untuk kebutuhan off road di trek bejat, banyak juga relawan yang menggunakan kendaraan 2x1 alias motor untuk menembus parahnya jalur akibat tertutup oleh longsor. Walaupun hanya dapat membawa sedikit logistik, namun setidaknya mereka lebih fleksibel. Sebab, banyak juga jalur antar desa yang hanya dapat ditembus oleh motor trail akibat beratnya medan.

Gambar menunjukkan Jeep Rubicon Off Road IOF

Kerusakan akibat tanah longsor membuat kondisi jalan terputus

>>> GIXA 2019, Saat Anggota IOF Taklukkan Ekstrimnya Trek Sidikalang

Kerusakan yang diakibatkan oleh tanah longsor ini benar-benar parah. Meskipun kendaraan 4x4 bahkan 8x8 (mobil 4x4 hasil modifikasi) diturunkan di trek bejat ini, ternyata untuk menembus dari satu lokasi ke lokasi lainnya benar-benar sulit. Bahkan, semua kendaraan bekerjasama untuk dapat menembus jalan yang tertutup tanah tersebut, agar akses-akses ke desa yang terisolir dapat kembali terbuka, sehingga bahan logistik dapat dengan lancar tersalurkan. 

Gambar menunjukkan bahu membahu membuka jalan

Semua bahu membahu untuk ikut membuka jalur yang sedang tertutup tanah longsor

Tidak hanya para relawan saja yang berjibaku, para warga dibantu relawan juga bahu membahu ikut membuka jalur yang tertutup tanah longsor. Setelah itu baru kendaraan 4x4 dengan spesifikasi tinggi yang maju duluan untuk membuka jalur. Kendaraan 4x4 spesifikasi tinggi yang dimaksud adalah mobil berpenggerak 4 roda yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa baik di bagian kaki-kaki, mesin serta keperluan lainnya untuk dapat menembus lokasi terisolir sekalipun.

Gambar menunjukkan kendaraan 4x4 pembawa logistik

Setelah jalur dapat dilalui kendaraan pembuka, selanjutnya dilanjutkan kendaraan pembawa logistik masuk ke lokasi

Baru kemudian setelah jalur sudah dapat diakses oleh kendaraan 4x4 pembuka jalur, giliran kendaraan 4x4 pembawa logistik yang masuk ke lokasi bencana. Tapi itu semua dengan catatan kondisi tanah sudah stabil dan dapat dilalui oleh kendaraan 4x4. Karena jika tidak, dan sampai kepater itu hanya akan menghambat mobilisasi logistik di jalur tersebut. Bahkan, karena tingkat urgensi yang tinggi untuk beberapa jalur tetap coba ditembus pada malam hari. 

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut update berita otomotif yang hot lainnya

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Tips Nyetir Di Medan Off-Road

29/10/2019

Pengemudian

3 menit

Mengemudi di trek non aspal itu memiliki kesulitan tersendiri, tidak semudah saat hendak mengemudi di trek aspal. Berikut ini kami berikan tips nyetir di medan off-road.

Lihat juga

Mengenal Fitur Super Select 4WD-II & Easy Select 4WD, Yang Membuat Mitsubishi Triton 2019 Jago Off-Road

30/08/2019

Pengemudian

4 menit

Mitsubishi Triton 2019 hadir dengan kemampuan off-road lebih baik lewat ketersediaan fitur 4WD yang lebih lengkap dibandingkan pendahulunya. Kedua fitur 4WD tersebut adalah Super Select 4WD-II dan Easy Select 4WD. Bagaimana cara kerjanya dan kapan waktu yang tepat untuk mengaktifkannya? Simak ulasannya berikut ini.

Lihat juga

Test Drive Mitsubishi Triton 2019: Menaklukan Trek Off-Road Ditemani Sang Legenda Reli Dakar

17/08/2019

Mobil baru

5 menit

Kami akhirnya berkesempatan menjajal generasi terbaru dari Mitsubishi Triton 2019. Semakin spesial ketika kami juga ditemani dengan pereli legendaris padang pasir.

Lihat juga

Ingin Mencoba Off-Road? Berikut Pilihan Kendaraan 4x4 yang Bisa Anda Pertimbangkan

08/01/2020

Jual beli

5 menit

Butuh kendaraan 4x4 untuk sekedar off-road ringan, rekreasi atau bahkan tuntutan profesi? Berikut kami hadirkan pilihan kendaraan 4x4 yang tersedia di pasaran

Lihat juga

Mazda CX-5 Off-Road Style ini Akan Hadir di Tokyo Auto Salon 2020

31/12/2019

Pasar mobil

4 menit

Mazda CX-5 akan tampil radikal di Tokyo Auto Salon 2020, dengan konsep modifikasi bergaya off-road racing ala race truck yang berlaga di ajang Baja 1000

Lihat juga