Sejarah Singkat Keseruan Reli Di Indonesia

02/05/2019

Event - Promosi
Share this post:
Sejarah Singkat Keseruan Reli Di Indonesia
Reli Indonesia pada era tahun 1980 hingga 1990-an, reli begitu diminati dan menjadi salah satu daya tarik sendiri bagi para pelaku di industri reli dan masyarakat luas.

Jika anda menganggap reli tidak punya sejarah yang panjang di tanah air, maka Anda perlu membaca artikel sejarah ini. Kancah reli di Indonesia memiliki cerita tersendiri di era tahun 1980 hingga 1990-an. Bisa dibilang pada masa itu kancah reli begitu ramai dan diminati serta menjadi salah satu daya tarik sendiri, tak hanya bagi para pelaku di industri reli, namun juga bagi masyarakat luas.

>>> Ini dia Mitsubishi Xpander reli ala Rifat Sungkar

Tampak Kemeriahan reli tahun 1980 hingga 1990-an

Soebronto Laras yang merupakan tokoh penting di kancah otomotif menceritakan mengenai hal tersebut. Ia mengaku bahwa di tahun 80 hingga 90-an, ajang reli sangat ramai sekali karena peraturannya yang cenderung dibuat fleksibel. “Pada saat itu, IMI (Ikatan Motor Indonesia) membuat peraturan se-fleksibel mungkin dengan tujuan untuk membangun kancah reli itu sendiri agar lebih banyak yang berminat untuk ikut serta,” cerita Soebronto.

>>> Berencana membeli mobil dalam waktu dekat? Simak dulu deretan harga mobil yang dijual terjangkau berikut ini

Proses secrutinnering mobil reli tahun 1980

Apa yang dimaksud fleksibel menyangkut beberapa hal, misalnya saja seperti regulasi terkait modifikasi dan hal-hal teknis lainnya. “Zaman dulu sebisa mungkin kita membuat standar bagaimana agar orang-orang mau ikut walaupun tetap mengikuti pakem yang ditentukan FIA. Namun kita juga berpikir bagaimana cara membuat orang-orang tertarik, makanya waktu itu kita buat proses modifikasi dan teknis sebisa mungkin tidak memberatkan bagi para peserta.”

>>> Apa itu AP4 dan apa hubungannya dengan Mitsubishi Xpander? Lihat penjelasan super lengkapnya di sini

Prosesi Start reli 1980-an

Soebronto lanjut mengenang saat pertama kali ia terjun di industri balap pada awal tahun 80-an. Menurutnya, ajang reli ketika itu menjadi salah satu hiburan bagi masyarakat setempat. Bahkan Pemerintah Daerah seperti Gubernur, Bupati, ataupun pemimpin di daerah tempat dilaksanakannya ajang reli merasa senang dengan adanya ajang reli. Menurut pengakuan Soebronto, dalam sebuah ajang reli di Medan ketika itu, Danau Toba juga sekaligus dijadikan lokasi penyelenggaraan powerboating yang menambah semarak penyelenggaraan ajang reli. “Kita sampai bikin powerboating di Danau Toba dan melibatkan teman-teman dari Malaysia dan Singapura.”

>>> Ini pendapat kami mengenai mobil reli paling 'affordable' di dunia

Suasana reli dengan banyak orang di depan sebuah mobil

Yang lebih membanggakan adalah ketika Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah ajang World Rally Championship (WRC) di Medan. Legenda sekelas Rod Millen pun pernah mencicipi kejuaraan reli di Indonesia pada tahun 1990 dan 1992. Ia pun memberikan dukungan kepada Rifat Sungkar selaku Ketua Komisi Reli IMI Pusat beserta seluruh komunitas reli di generasi saat ini untuk terus mendorong majunya kancah reli di Indonesia sehingga semarak yang dihadirkan bisa seperti dulu. “Semoga generasi saat ini seperti Rifat bisa meneruskan apa yang telah terjadi di masa lampau karena sebenarnya Indonesia telah membuktikannya. Saya harap perjuangan teman-teman komunitas reli bisa membuahkan sesuatu yang positif ke depan,” pungkas Soebronto. 

>>> Dapatkan informasi terbaru tentang pasar otomotif Indonesia dan dunia di sini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Vini Vidi Vici Ala Sebastian Loeb, Sebastian Loeb Kembali Ke Reli Dunia Dan Langsung Juara RallyRACC Catalunya

03/11/2018

Event - Promosi

Datang - Bertanding - Menang, sesuai dengan makna vini vidi vici ala Sebastian Loeb. Pereli asal Perancis ini kembali ke kancah reli dunia dan langsung menjuarai RallyRACC Catalunya - Rally De Espana (28 Oktober 2018)

Lihat juga

Mitsubishi Comeback Rally Dunia Di Tahun 2021

12/10/2018

Event - Promosi

Kiprah Toyota kembali di ajang World Rally Championship setelah 18 tahun lebih absen akan dapat memancing pabrikan Jepang lain untuk kembali memasuki ranah kejuaraan rally dunia. Dan sepertinya hal itu berhasil, dikabarkan Mitsubishi comeback rally dunia di tahun 2021.

Lihat juga

Review Mitsubishi Xpander AP4 Concept 2019 : Sebuah Usaha Untuk #Memasyarakatkanrally

30/04/2019

Editor rate:

Kalau ingin bermimpi jangan setengah-setengah, bermimpi-lah setinggi langit. Inilah yang dilakukan oleh Rifat Sungkar, pereli kebanggan Indonesia. Ia memutuskan untuk ikut kejuaraan reli menggunakan mobil yang tidak lazim digunakan, yaitu Mitsubishi Xpander. Bagaimana kisahnya? Berikut ini ulasan kami mengenai mobil Mitsubishi Xpander AP4 Concept 2019.

Lihat juga

Review Toyota Hilux Gazoo Racing Dakar Rally 2019

29/01/2019

Editor rate:

Toyota Hilux Gazoo Racing Dakar Rally 2019 sanggup merebut gelar juara umum reli dakar kelas mobil di tahun 2019. Hal membuat kami dari Cintamobil.com penasaran ingin mengulas lebih dalam mengenai mobil ini. Apakah kemenangan tim Gazo Racing Toyota South Africa ini faktor luck, driver jago atau kehandalan mobil? mari kita lihat lebih dekat ulasan Toyota Hilux Dakar Rally 2019 ini.

Lihat juga

Review Toyota Hilux Black Rally Edition 2019

23/01/2019

Editor rate:

Setelah beberapa waktu lalu kami mengulas mengenai Toyota Hilux Invincible 50 2018, kini saatnya kami mengulas Toyota Hilux Black Rally Edition 2019. Edisi spesial apa lagi ini?

Lihat juga
 
back to top