Sejarah Julukan The Doctor untuk Valentino Rossi

06/08/2021

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Valentino Rossi mengumumkan bahwa ia tak lagi membalap di MotoGP musim depan. Sebelum The Doctor pensiun, sudahkah Anda mengetahui asal-usul nama julukannya?

Valentino Rossi merupakan pebalap dengan segudang julukan. Dari mulai Rossifumi, Valentinik, hingga yang paling dikenal sepanjang masa, The Doctor.

Untuk mengenang 30 tahun karir MotoGP sang doktor, mari kita simak asal-usul nama julukan Valentino Rossi dari tahun ke tahun. Tentu, Anda penasaran bukan mengapa seorang pebalap MotoGP diberi nama The Doctor?

Diawali Rossifumi

Sebelum mengusung nama The Doctor, dahulu Valentino Rossi dikenal dengan julukan Rossifumi. Nama tersebut mungkin terdengar asing bagi penggemar MotoGP yang baru mengikuti karir Rossi di separuh akhir karir sang juara dunia 7 kali.

Gambar Rossifumi

Nama Rossifumi terinspirasi dari pebalap idola Rossi, Norifumi Abe

>>> Valentino Rossi Pernah Hampir Jadi Pebalap F1 Lho!

Rossifumi terinspirasi dari salah satu idola Rossi, Norifumi Abe. Saat itu Abe menjadi wildcard di ajang GP500 tahun 1994. Pebalap asal Jepang ini membuat gebrakan saat menantang perebutan gelar juara antara Mick Doohan dan Kevin Schwantz.

Sejak saat itu, Rossi remaja pun terdorong untuk tampil luar biasa agar bisa mengikuti pencapaian sang idola sebagai wildcard yang menantang kedua pebalap senior favorit juara.

Setelah Rossifumi, Valentino Rossi menjuluki dirinya sebagai Valentinik. Uniknya, nama ini ternyata terinspirasi dari karakter komik Donal Bebek yang bernama Paperinik. Dalam komik tersebut, Paperinik digambarkan sebagai superhero yang sering dirundung sial dan membuat semuanya berantakan, namun tetap lucu dan disukai banyak orang.

Gambar Paperinik

Siapa sangka tokoh komik bisa jadi inspirasi julukan Rossi?

Melihat banyaknya kesamaan dirinya dan Paperinik, Rossi pun mengambil nama Valentinik sebelum berganti menjadi The Doctor yang dikenal hingga ia memutuskan untuk pensiun dari balap MotoGP.

Asal-usul The Doctor

Rossi mulai menggunakan nama The Doctor saat promosi ke kelas GP500. Julukan tersebut menghiasi baju balapnya dari tahun 2000 dan menjadi pemandangan tetap bagi para penikmat MotoGP.

Gambar The Doctor

Nama The Doctor jadi yang paling dikenal dan dikenang dari legenda MotoGP satu ini

>>> 21 Tahun di Barcelona, Lionel Messi Koleksi Mobil Hingga Jet Pribadi

Kabarnya, julukan itu ia ambil karena dokter di Italia banyak yang mempunyai Rossi. Tak hanya itu, Doctor yang juga bisa diartikan sebagai doktor adalah gelar bagi seseorang yang telah mengambil pendidikan master. Rossi, sebagai master alias jagoan di atas motor pun mengadopsi nama tersebut.

Namun sang ayah yaitu Graziano Rossi mengatakan, julukan The Doctor punya makna lain. Ia menyebut bahwa doktor adalah sebutan kepada orang yang dihormati.

Tak sekadar julukan, Rossi pun benar-benar meraih gelar doktor di tahun 2005. Ia diberikan gelar kehormatan oleh University of Urbino di bidang Komunikasi dan Publisitas. Artinya, The Doctor saat ini benar-benar doktor sungguhan!

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top