Segway Apex H2, Motor Futuristik Berbahan Bakar Hidrogen

11/04/2021

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Segway Apex H2 merupakan motor jenis sport yang didesain untuk digerkkan menggunakan bahan bakar hidrogen sel. Motor konsep ini pun dijadwalkan rilis di 2023.

Melihat Segway Apex H2 ini mungkin Anda teringat pada motor futuristik di film "Tron". Padahal sejatinya Apex H2 merupakan motor konsep yang didesain menggunakan bahan bakar hidrogen sel. Motor ini pernah ditampilkan oleh Ninebot, sebuah perusahaan teknologi dari Cina.

Apex H2 juga menjadi model lanjutan dari Segway Apex yang telah diperkenalkan beberapa bulan sebelumnya. Dan kini Ninebot berharap jika H2 bisa berubah menjadi produk unik yang dijual massal dalam beberapa tahun ke depan.

>>> EV Pocket, Motor Listrik Mungil Buatan Indonesia

Apa Saja Keunggulan Apex H2?

Segway Apex H2 09

Tabung hidrogen diletakkan di bagian sisi motor

Perkembangan teknologi otomotif untuk menggunakan bahan baakr terbarukan memang bukan cuma terjadi pada produsen mobil. Namun sejumlah startup di beberapa belahan dunia juga mulai bereksperimen dengan kendaraan roda dua bertenaga baterai listrik serta hidrogen. Satu diantaranya adalah Segway Apex H2 ini.

Dikutip dari Autoevolution, Jumat (09/02/2021), ada beberapa hal yang diubah dari sebelumnya Segway Apex menjadi Apex H2. Antara lain bagian rangka yang didesain ulang, tujuannya untuk menempatkan beberapa silinder hidrogen untuk menggerakkan motor tersebut sehingga lebih bertenaga sekaligus jarak tempuhnya makin jauh.

Belum ada detil spesifikasi dari motor ini, namun kekuatan Apex H2 diklaim mencapai 80 hp serta sanggup melesat hingga 150 km/jam. Sementara itu kemampuan akselerasi dari 0-100 km/jam cuma butuh sekitar 4 detik.

>>> Mengintip Cara hingga Biaya Perawatan Mobil Listrik

Ditargetkan Produksi Tahun 2023

Segway Apex H2 Concept

Bakal segera diproduksi massal

Motor berbahan bakar hidrogen ini memang masih berupa konsep, tetapi Ninebot telah menjadwalkan untuk rilis dalam bentuk produk massal di tahun 2023. Bahkan perusahaan sudah menargetkan motor ini akan punya harga jual tidak lebih dari USD 10.700 atau kira-kira Rp 156 juta.

Sejak tahun 2015, Segway memang telah dibeli oleh Ninebot yang awalnya adalah kompetitor. Jadi selain Apex H2, Ninebot juga akan menjual produk hasil desain Segway sebelumnya seperti e-scooter dan lainnya.

>>> Preview Toyota Mirai 2015: Tonggak Masa Depan Dunia Otomotif Berbahan Bakar Hidrogen

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top