Segera Hadir, Voice Control untuk Motor!

16/03/2021

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Segera Hadir, Voice Control untuk Motor!
Teknologi voice control untuk motor ini sedang dikembangkan oleh produsen motor listrik Energica yang menggandeng dua perusahaan teknologi informasi dari Italia.

Kalau di mobil, mungkin Anda sudah familiar dengan teknologi voice control, maka tak bakal lama lagi akan ada voice control untuk motor. Ya, teknologi ini baru saja diumumkan oleh Energica, sebuah produsen sepeda motor asal Italia yang selama ini fokus pada pengembangan dan pemasaran motor listrik.

Demi mengembangkan teknologi voice control motor itu, perusahaan ini berkerja sama dengan Cellularline dan Alascom. Ketiga produsen Negeri Pisa tersebut berjanji akan memberikan cara baru berkendara kepada setiap rider untuk berinteraksi dengan motor mereka.

>>> Skutik Listrik Husqvarna E-01 Dijadwalkan Rilis Tahun Depan

Bisa Bantu Berkendara Lebih Aman dan Nyaman

Panel Instrumen Energica

Teknologi ini membuat rider bisa berinteraksi dengan motornya

Keinginan membuat sistem voice control ini sudah diumumkan langsung oleh Giampiero Testoni, Chief Technology Officer Energica. Menurutnya, sistem voice control motor ini akan memberikan rasa berkendara yang lebih aman.

"Berkat sistem komunikasi informatif ini, pengendara akan menemukan informasi tentang motornya dengan mudah tanpa mengganggu konsentrasi selama mengemudi," ucap Testoni dikutip dari Visordown, Senin (15/03/2021).

Menurutnya, Alascom akan bertugas membuat sistem artificial intelligence untuk membuat perintah suara yang intuitif kepada pengguna motor tersebut.

"Sistem ini akan menjadi asisten saat Anda berkendara menggunakan sepeda motor yang bertujuan mengelola dan mengontrol fungsi penting pada sepeda motor tersebut," lanjut Testoni.

>>> Lebih Terang dan Efisien, Begini Cara Kerja Teknologi Laserlight BMW

Belum Ada Rincian Seperti Apa Cara Menggunakannya

Voice Control Honda

Honda Smartphone Voice Control System

>>> Review Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia: Mobil Listrik Paling Cocok di Indonesia

Meskipun sudah diumumkan, namun pihak Energica belum merinci seperti apa nantinya aplikasi penerapan voice control motor tersebut. Apakah nantinya bisa diaktifkan tanpa harus ada bantuan aplikasi lain, lalu bagaimana jika motor dalam kondisi melaju cukup kencang.

Namun tentunya teknologi ini merupakan langkah besar baru di industri otomotif roda dua. Meskipun sebenarnya fitur voice control pada sepeda motor bukan kali pertama yang hadir. Sebab sistem perintah suara sebenarnya sudah diterapkan oleh Honda, melalui Honda Smartphone Voice Control namun masih harus menggunakan tambahan ponsel yang terhubung dengan aplikasi Honda RoadSync.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top