Sandiaga Uno Beli Corolla Cross Hybrid karena Nissan Livinanya Ketuaan

19/04/2021

Event - Promosi

4 menit

Share this post:
Sandiaga Uno tertarik untuk membeli Toyota Corolla Cross Hybrid di lantai IIMS 2021. Mobil itu ditujukan untuk menggantikan Nissan Grand Livina lawasnya.

Tak banyak mobil yang dimiliki oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Bila mengutip Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disetor Sandiaga ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Agustus 2018, hanya ada dua mobil yang terdaftar. 

Dua mobil itu adalah Nissan Grand Livina Minibus lansiran 2013 dan Nissan X-Trail 2015. Keduanya merupakan kepemilikan sendiri dengan taksiran harga yang berbeda-beda. Untuk Grand Livina 2013, ditaksir memiliki banderolan Rp 100 juta. Sedangkan X-Trail 2015 diklaim punya harga Rp 225 juta. 

Sandiaga Uno

>>> IIMS 2021: Sandiaga Uno Kepincut Toyota Cross Hybrid Seharga Rp 500 Jutaan

Nissan Grand Livina Sandiaga Uno Sudah Renta

Menginjak usia 8 tahun, Sandiaga menilai bahwa Nissan Grand Livinanya sudah terlalu tua dan perlu segera diganti. Adalah Toyota Corolla Cross Hybrid yang dipilih Sandiaga Uno untuk menggantikan Nissan Grand Livina miliknya. 

"Nissan Livina kelihatannya sudah cukup tua dan renta kelihatannya ini untuk gantiin kendaraan sehari-hari yang dipakai kita untuk operasional," jelas Sandiaga di arena Indonesia International Motor Show (IIMS 2021), Minggu (19/4/2021). 

Toyot Corolla Cross hybrid dipilih Sandiaga lantaran bisa menjadi jembatan untuk kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Minimnya infrastruktur pengisian baterai, membuat mobil jenis hybrid lebih aman untuk dikendarai saat ini. 

Memadukan motor listrik dan juga mesin konvensional yang mengusung bahan bakar, pengendara tak perlu khawatir ketika kehabisan baterai di jalan. Tapi beda cerita kalau nanti infrastruktur pengisian baterai sudah banyak tersebar.

"Kalau kita lihat memberi contohnya agar semakin banyak masyarakat yang beralih ke kendaraan ramah lingkungan kita ingin mendorong kendaraan ramah lingkungan," ungkap Sandiaga. 

>>> Toyota Tak Pungkiri Corolla Cross 2020 Bakal Kanibal dengan C-HR

Spesifikasi Mesin Corolla Cross Hybrid

Corolla Cross Hybrid

Wujud Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross Hybrid dikembangkan dengan platform terbaru Toyota yang disebut Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C). Platform itu diklaim membuat perjalanan nyaman dan tetap enak dikendarai. Toyota Corolla Cross Hybrid 1.8 AT 2020 menjadi mobil bermesin hybrid yang paling menggoda untuk dimiliki oleh keluarga.

Toyota Corolla Cross Hybrid ini mengusung mesin 2ZR-FXE. Mesin ini sudah mengusung sistem hybrid tingkat lanjut yang lebih efisien tapi tidak meninggalkan tenaga yang memadai. Total tenaga mesin ini adalah 122 PS yang terdiri dari 98 PS engine output + 24 PS electric motor. Sementara total torsinya adalah 305 Nm yang terdiri dari 142 Nm engine output + 163 Nm electric motor. Mesin ini juga menggunakan siklus kerja Atkinson Cycle yang lebih efisien dari Otto Cycle.

Siklus Atkinson Cycle memungkinkan klep intake (in) membuka lebih lama daripada siklus Otto Cycle saat langkah kompresi. Jadi intinya campuran BBM dan udara yang keluar dari katup ini menjadi lebih sedikit. Sehingga pada mesin Atkinson Cycle jumlah campuran BBM dan udara yang terkompresi lebih minimal jadi lebih irit dan pas dengan karakter mesin hybrid yang efisien karena juga dibantu dengan motor listrik.

>>> Catat Ya! Toyota Corolla Cross Itu Bukan Sedan yang 'Dimelarkan'

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top