Naik Yaris, Kalle Rovanpera Jadi Juara Termuda di Rally Estonia 2021

19/07/2021

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Pereli Toyota Gazoo Racing WRT, Kalle Rovanpera berhasil memenangkan Rally Estonia 2021. Capaian tersebut menjadi rekor tersendiri bagi sang pereli Finlandia.

Di hari terakhir Rally Estonia (18/7), Ott Tanak dan Thierry Neuville dari Hyundai Motorsport WRT menyapu bersih keenam SS (Special Stage) pada hari tersebut.

Namun, penampilan dominan mereka tidak bisa menggoyahkan posisi Kalle Rovanpera yang mengendarai Toyota Yaris dan tampil sebagai pemenang seri WRC di Estonia.

Rovanpera Mencatatkan Sejarah

Dalam kemenangan tersebut, Kalle Rovanpera pun memecahkan rekor sebagai pereli termuda yang memenangkan event kejuaraan dunia rally (WRC) di usia 20 tahun. Uniknya, gelar tersebut sebelumnya dipegang oleh Jari-Matti Latvala yang kini menjadi bosnya di Toyota Gazoo Racing WRT.

>>> Drama Lewis Hamilton vs Max Verstappen Memanas di F1 Inggris 2021

Gambar Rovanpera Naik Podium

Rovanpera jadi pereli termuda yang menjuarai seri di WRC

Pada hari terakhir Rally Estonia 2021 dengan lintasan berdebu ini, Kalle Rovanpera unggul 59,9 detik dari pereli tim Hyundai, Craig Breen yang berada di urutan kedua. Pereli yang kini tinggal di Estonia ini pun merayakan kemenangannya di podium bersama sang ayah, mantan pereli Harri Rovanpera.

Kemenangan ini menjadi yang pertama bagi pereli Finlandia dalam kejuaraan WRC sejak Latvala memenangkan Rally Australia pada 2018. Finlandia sendiri dikenal sebagai salah satu negara yang menghasilkan talenta-talenta cemerlang di dunia rally.

“Ini adalah musim yang sulit sekaligus menyenangkan untuk mendapatkan kemenangan pertama saya di sini, di Estonia,” ungkap Kalle Rovanpera.

Dalam empat seri terakhir, Rovanpera telah mengalami serangkaian hasil mengecewakan dengan hanya finish sekali di enam besar.

Gambar Thierry Neuville

Thierry Neuville harus puas di posisi ketiga

"Ini hampir seperti membalap di rumah bagi saya sekarang dan banyak penggemar Estonia mendukung saya. Hasil kami belum begitu bagus tetapi kami telah membuktikan kecepatannya ada di sana. Menjadi pemenang termuda adalah hal yang luar biasa. Itu bisa saja terjadi sebelumnya, tetapi sekarang di sini," lanjutnya.

Thierry Neuville dari Hyundai Motorsport WRT melengkapi podium di posisi ketiga Rally Estonia 2021. Sang juara dunia bertahan yang juga andalan tim Toyota Gazoo Racing WRT, Sebastien Ogier berada di urutan empat dan rekan setimnya Elfyn Evans melengkapi posisi lima besar.

>>> Airbag Tak Mengembang, Jeep Grand Cherokee Ringsek Tabrak Truk di Tol Kanci

Berikut hasil lomba Rally Estonia 2021:

Gambar Hasil Rally Estonia 2021

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top