Profil BMWCCI: Tempat Berkumpulnya Pecinta BMW Terbesar Se-Asia

24/10/2018

Event - Promosi
Komunitas merupakan tempat bagi mereka yang memiliki hobi yang sama. Seperti BMW Car Clubs Indonesia (BMWCCI) yang mengumpulkan berbagai pecinta BMW di seluruh Indonesia. Yuk, kita intip komunitas yang sering mewakili Indonesia, bahkan Asia Tenggara di kancah internasional ini.

Memiliki BMW tak lengkap rasanya jika tak bergabung dengan BMW Car Clubs Indonesia yang telah memasuki tahun ke-15 sejak berdiri pertama kali pada 24 Mei 2003. Digagas oleh Gerry Nasution yang menjadi founder BMWCCI dan Club President pertama, BMWCCI berkembang menjadi salah satu komunitas BMW terkemuka di kawasan Asia.

Di sela-sela peresmian Indonesian Bimmerfest 2018 yang akan diadakan di Semarang November nanti, Cintamobil.com sempat berbincang-bincang dengan Asido Regazzoni S., Presiden BMWCCI, tentang perkembangan dan seluk beluk BMWCCI sejak pertama kali dibentuk hingga saat ini.

Menjadi ajang tukar pikiran pengguna BMW

Salah satu kekurangan dari memiliki kendaraan klasik adalah terbatasnya spare parts dan bengkel yang bisa diandalkan untuk memperbaiki mobil. Namun Asido mengungkapkan bagaimana komunitas BMW menjadi tempat bertukar informasi. “Jika tidak ada [spare parts] di Solo, kita bisa tanya teman dari Jakarta, Semarang, atau daerah lain.”

Gambar yang menunjukan Peresmian Bimmerfest 2018

Asido Regazonni (baju putih) dalam peresmian Bimmerfest 2018 di Shangri-La Hotel

Layaknya sebuah keluarga besar, BMWCCI menjadi ajang tukar pikiran dan silaturahmi pemilik BMW di seluruh Indonesia. Memiliki hobi sama, Asido menjelaskan bagaimana menjadi member BMWCCI membuka pengetahuan serta saling berbagi informasi tentang BMW. Tidak hanya pemilik lama, khususnya bagi pendatang baru dalam komunitas.

Pemilik BMW maupun pecinta otomotif yang ingin membeli BMW, komunitas menjadi cara paling ampuh untuk mulai menggeluti hobi ini. “Masuk ke komunitas, itu pertama. Terus baca referensi sebanyak-banyaknya tentang mobilnya. Baru putuskan mau ambil mobil yang mana,“ ujar pria yang akrab disapa dengan sebutan “Om” ini.

>>> Kota Semarang Jadi Destinasi ‘Lebaran’ Indonesian Bimmerfest 2018

Club BMW Terbesar di Asia

Pecinta BMW di Indonesia patut berbangga diri. Sebab BMWCCI merupakan komunitas BMW terbesar di Asia dengan lebih dari 3.000 member. Bahkan Bimmerfest 2011 merupakan acara BMW terbesar di Asia Tenggara dan mendapatkan support dari BMW Indonesia.

Untuk urusan penghargaan tak perlu ditanya. BMWCCI sering mewakili Indonesia bahkan Asia Tenggara dalam kompetisi BMW tahunan. “Mereka [BMW Council Asia] menunjuk Indonesia mewakili Asia nih, yang dijagokan untuk berkompetisi sama 700 Club dari seluruh dunia,” ungkap Asido. “Jadi tahun 2015, kita dari 700 Club dunia, kita runner-up best club [di seluruh dunia].”

Gambar yang menunjukan pemberian bantuan untuk korban gempa Lombok

BMWCCI juga memiliki event sosial, seperti bantuan ke Lombok

Selain itu, menjadi member juga mendapatkan keuntungan tersendiri. Salah satunya technical update yang pastinya didapatkan langsung dari BMW resmi. “Seperti di waktu Bimmerjunction, itu yang punya E46 sama E39 untuk menukar airbag, [dengan] free.”

>>> Dapatkan event dan komunitas otomotif lainnya hanya di Cintamobil

Namun, keuntungan premium menjadi komunitas BMWCCI adalah bisa mendapatkan potongan harga ketika berkunjung ke kampung halaman BMW dengan semua sejarah di Museum BMW yang ada di Munich, Jerman. “Kalo kita ke BMW Museum di Jerman, diskon kita. Karena kita memang bagian dari [BW Clubs] International Council, kan,” kata Asido.

Nah, bagi pemilik mobil yang ingin mendaftar, Asido mengungkapkan bahwa BMWCCI memiliki form pendaftaran online yang bisa diakses melalui laman resmi BMWCCI. Calon member bisa memilih Chapter atau Register yang akan dimasuki sesuai dengan daerah masing-masing.

“Chapter itu wilayah kota, jadi kayak Jakarta, Bogor. Register itu satu kekhususan. Jadi kayak E30 register, membernya mobilnya E30 semua. Dari mulai sedan, coupe, cabrio, wagon,” jelas Asido. “Satu lagi Classic Register. Nah, classic itu udah, mobil-mobil yang lebih tua.”

>>> Ingin masuk BMWCCI? Beli dulu mobil BMW hanya di Cintamobil.com

Gambar yang menunjukan event BMW Destination

Event BMW Destination X di Bromo Tengger Semeru Park

Sebelum penyelenggaraan Bimmerfest, BMWCCI yang sudah memiliki 25 chapter serta 2 register akan kedatangan keluarga baru, yaitu Chapter Bukittinggi. Sembari bercerita, Asido berkata bahwa ia akan mengunjungi daerah yang terkenal dengan Jam Gadang-nya tersebut untuk peresmian Chapter ke-25 BMWCCI.

Bagi Anda yang memiliki mobil BMW dan ingin masuk menjadi member komunitas BMWCCI, Anda bisa langsung masuk ke laman resmi BMWCCI.org dan mendapatkan berbagai informasi terkini pada kontak yang tersedia. Atau bagi yang berada di daerah Jabodetabek bisa langsung mengunjungi kantor resmi BMWCCI di Astra BMW Cilandak, Jakarta.

>>> Berita informasi otomotif paling aktual hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top