Produksi Dalam Negeri, VW Tiguan AllSpace Resmi Diberikan Kepada Lima Konsumen Pertama

03/10/2019

Event - Promosi

3 menit

Produksi Dalam Negeri, VW Tiguan AllSpace Resmi Diberikan Kepada Lima Konsumen Pertama
Lima Mobil Volkswagen Tiguan AllSpace "made in Indonesia" resmi diserahkan kepada lima konsumen pertama, sekaligus menjadi tanda awal kembalinya VW produksi lokal

Kedekatan brand Volkswagen dengan Indonesia bisa dikatakan sering menemui momen tarik-ulur. Sejak tahun 1952 VW masuk ke Indonesia, dan sudah mulai produksi dalam negeri di tahun 1972 secara CKD (Completely Knocked Down) dan dikerjakan oleh PT German Motors Manufacturing. VW pun sempat mengalami penurunan tingkat pengerjaan produksi dalam negeri sesuai standar SKD (Semi Knocked Down) dari tahun 2009-2013, dan hanya fokus mendatangkan mobil secara impor. Tapi di tahun 2019, akhirnya PT. Garuda Mataram Motor selaku ATPM Volkswagen secara resmi kembali memproduksi mobil Volkswagen di Indonesia.

Komitmen tinggi PT. Garuda Mataram Motor ini dibuktikan lewat dibangunnya pabrik seluas 60.000 m2 dengan kapasitas 6.000 unit/tahun, dimana pabrik ini dibawah kendali unit bisnis Indomobil, PT. National Assemblers. Salah satu model perdana VW "Made in Indonesia" yang sudah bisa dinikmati konsumen Tanah Air adalah Volkswagen Tiguan AllSpace yang masuk ke kategori SUV.

Foto penyerahan kunci VW Tiguan AllSpace

Penyerahan simbolis mobil VW Tiguan AllSpace yang dilakukan langsung oleh management Volkswagen AG

>>> Simak review Volkswagen Tiguan Allspace di sini

Proses perakitan yang terus berjalan ini kemudian membuahkan hasil, dimana sudah ada 5 konsumen pertama VW yang menerima VW Tiguan AllSpace produksi dalam negeri. Penyerahan simbolis mobil VW rakitan dalam negeri ini dilakukan PT Garuda Mataram Motor, Rabu (2/10) lalu, di Ballroom Hotel Pullman, Jakarta Selatan. Prosesi ini turut disaksikan oleh Mr. Stephan Weil (Minister President of Lower Saxony Jerman & Supervisory Board Volkswagen AG), Mr. Hendrik Barkeling (Deputy Head of Mission Kedutaan Besar Jerman untuk Indonesia), serta Mr. Thomas Zahn (Executive Director Sales International, Volkswagen AG). 

"Pada hari ini dengan sangat bangga kami menyerahkan lima unit pertama VW Tiguan Allspace kepada lima pembeli pertama di Indonesia. VW Tiguan Allspace ini merupakan hasil karya tenaga kerja Indonesia dengan kualitas tinggi sesuai standard Volkswagen Jerman. Kami mengucapkan terima kasih kepada konsumen Volkswagen di Indonesia yang sudah mempercayai produk hasil dalam negeri dengan kualitas internasional.” jelas Andrew Nasuri, Presiden Direktur PT. Garuda Mataram Motor. 

Foto momen peluncuran VW Tiguan AllSpace di GIIAS 2019

VW Tiguan AllSpace jadi langkah awal kembalinya produksi VW di dalam negeri

>>> Sejarah Perubahan Logo Volkswagen: Dari Swastika Hingga Simpel dan Minimalis 

Apresiasi tinggi dari management Volkswagen AG juga turut diberikan, karena produksi VW Tiguan AllSpace kali ini menjadi langkah awal kembalinya VW produksi Indonesia. Sekalipun pabrik dioperasikan secara independen di bawah Indomobil Group, namun kuialitas mobil tetap mengikuti standar sesuai hasil dari pabrik di Wolfsburg Volkswagen Plant, Jerman. Semua teknisi yang berada dalam proses produksi mobil ini sudah melalui studi di pabrik VW di India, Jerman, maupun di Meksiko. Dan terkait komponen mobil VW Tiguan AllSpace seluruhnya dikirim dari Meksiko, dan dalam tahap perencanaan kedepan menggunakan komponen dengan kandungan lokal dalam negeri.

Salah satu benefit penting dari produksi dalam negeri yang dilakukan Volkswagen kali ini adalah terkait harga jual yang lebih terjangkau, dimana untuk SUV asal Jerman ini dengan fitur lebih lengkap bisa dibanderol di harga Rp598 juta, berbanding terbalik dengan VW Tiguan yang masuk ke Indonesia melalui impor yang dihargai Rp695 juta. Dan kedepannya akan ada pengembangan model baru maupun model saat ini dari Volkswagen yang akan diproduksi di dalam negeri, sehingga memungkinkan harga mobil VW semakin kompetitif. 

>>> Simak berita terbaru seputar otomotif di Cintamobil.com

 
back to top