Positif COVID-19, Kimi Raikkonen Tak Ikut Grand Prix Belanda

05/09/2021

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Setelah mengumumkan untuk pensiun di akhir musim balap F1 2021, Kimi Raikkonen harus melewatkan Grand Prix Belanda 2021 karena positif mengidap COVID-19.

Setelah berkarier di Formula 1 selama lebih dari 15 tahun, Kimi Raikkonen akhirnya memutuskan untuk gantung helm di akhir musim ini. Pebalap berusia 41 tahun ini menyebut bahwa ia belum memiliki rencana setelah pensiun dari membalap, namun ia akan berfokus pada keluarga dan anak-anaknya.

"Saya tidak benar-benar berencana untuk membuat rencana apa pun untuk saat ini. Jadi seperti yang saya katakan, saya ingin menikmati waktu tanpa jadwal. Jadwalnya bisa menjadi jadwal keluarga kami, dan saya senang dengan itu," ucap pria yang kerap dijuluki 'The Iceman' itu.

Kimi Raikkonen masih memiliki 9 seri balap di sisa musim ini, tetapi ia terpaksa melewatkan Grand Prix Belanda yang akan diselenggarakan di Sirkuit Zandvoort karena dinyatakan positif COVID-19.

Gambar Kimi Raikkonen

Kimi Raikkonen akan pensiun di akhir musim balap F1 2021

>>> Pebalap F1 Kimi Raikkonen Resmi Gantung Helm di Akhir Musim

Dinyatakan Positif Hari Jum'at

Kimi dinyatakan positif COVID-19 pada Jum'at (3/9) saat melakukan tes setelah sesi latihan pertama (FP1). FIA memastikan bahwa Grand Prix Belanda akan tetap dilanjutkan seperti biasa tanpa ada pengaruh besar karena Kimi terjangkit COVID-19.

Para pebalap dan kru yang menjalin kontak dengannya juga sudah diinvestigasi dan FIA menyatakan bahwa tidak ada masalah yang harus dikhawatirkan. Tim Alfa Romeo pun bisa tetap membalap di seri balap F1 Belanda seperti biasa.

"Tim sudah menginvestigasi semua yang sudah melakukan kontak dekat dan tidak ada dampak besar bagi tim di sisa akhir pekan. Alfa Romeo Racing Orlen berharap Kimi segera sembuh," sebut perwakilan tim dalam pernyataan resmi Alfa Romeo.

Tentu ini menjadi kabar yang kurang menyenangkan bagi Kimi, timnya, dan para penggemar The Iceman. Mereka berharap bahwa sang pebalap dapat tampil maksimal di sisa balapan sebelum ia pensiun dari F1.

Gambar F1 Belanda 2021

Meski ada pebalap yang positif COVID-19, seri balap F1 Belanda 2021 akan tetap diselenggarakan

Kabar terakhir menyebutkan bahwa Kimi Raikkonen tidak menunjukkan gejala yang berarti dan saat ini sedang menjalani isolasi di hotel sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

>>> F1 2020 dan Game Balap EA Kini Bisa Dimainkan Gratis di Xbox Game Pass

Digantikan Robert Kubica

Kubu Alfa Romeo pun langsung mencari pebalap untuk menggantikan Kimi Raikkonen, dan mereka pun sudah mengumumkan bahwa Robert Kubica akan menjadi pebalap sementara untuk pabrikan asal Italia ini.

Robert Kubica merupakan salah satu veteran Formula 1 yang saat ini sedang 'menganggur' setelah kontraknya tak diperpanjang oleh Williams Racing di tahun 2019. Dengan jam terbang tinggi, Alfa Romeo seharusnya tidak khawatir untuk mempercayakan mobil mereka pada Kubica.

Gambar Robert Kubica

Robert Kubica akan jadi pebalap sementara untuk tim Alfa Romeo

Meski begitu, banyak yang mengkritisi pilihan Alfa Romeo yang memilih pebalap veteran yang disebut sudah tak lagi kompetitif. Banyak penggemar F1 yang berharap Alfa Romeo memberi kesempatan bagi pebalap-pebalap muda yang berprestasi untuk menjajal Grand Prix F1.

Memang baru-baru ini Alfa Romeo dirumorkan tertarik untuk merekrut pebalap muda Nyck de Vries yang baru saja meraih gelar juara dunia Formula E bersama tim Mercedes-EQ.

>>> Lemas di Podium, Lewis Hamilton Curiga Dirinya Alami Long Covid

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top