Porsche Exclusive Manufaktur, Pendekatan Kustomisasi Kendaraan Eksklusif Khas Jerman

20/07/2018

Event - Promosi
Share this post:
Porsche Exclusive Manufaktur, Pendekatan Kustomisasi Kendaraan Eksklusif Khas Jerman
Melalui program Porsche Exclusive Manufaktur, kini mobil Porsche bisa dirancang sesuai keinginan maupun preferensi yang disukai masing-masing konsumen Porsche di Indonesia.

gambar menunjukan sebuah mobil Porsche 935 Street Porsche Exclusive berwarna merah

Porsche 935 Street 1983, salah satu karya Porsche Special Requirements Department

Bagi sebagian konsumen maupun car enthusiast, Porsche merupakan brand mobil Eksklusif. Namun tidak jarang nilai Eksklusifitas tersebut belum namun cukup bagi konsumen Porsche. Untuk itulah sejak era 50-60an Porsche secara perlahan membangun kendaraan sesuai keinginan konsumen, contohnya di tahun 1962 melalui Porsche 356 B Coupé untuk pesanan Alfred Krupp von Bohlen and Halbach.

Mulai tahun 1978, Porsche mulai memperkenalkan program kustomisasi kepada konsumen yang bersifat sangat Eksklusif, atau yang lebih dikenal disebut Porsche Special Requirements Department. Saat itu mobil yang paling populer dirancang oleh 'departemen' ini adalah Porsche 935 Street Lansiran 1983.  

Beranjak ke tahun 1986, Porsche mengembangkan departemen ini menjadi Porsche Exclusive, yang tugasnya mewujudkan lini Porsche Eksklusif yang dikhususkan untuk konsumen yang ingin tampil beda.Sejak saat itu Porsche terus meluncurkan beragam varian edisi spesial, baik dengan produksi terbatas ratusan unit hingga ke ranah produksi one-off.

Dan agar spirit tersebut bisa dirasakan di semua lini Porsche, pada di tahun 2017 Porsche mulai mengemas pendekatan kustomisasi Eksklusif ini dengan identitas baru, Porsche Exclusive Manufaktur.

Porsche Exclusive Manufactur Dirilis sejak 2017 untuk konsumen Porsche

Porsche Exclusive Manufaktur menjadi arena kustomisasi di lini model Porsche

>>> Temukan daftar mobil Porsche dijual di Cintamobil.com melalui link berikut ini

Porsche Exclusive Manufaktur hadir sebagai solusi bagi konsumen Porsche yang ingin membuat mobil Porsche mereka sebagai citra identitas personal sang pemilik. Sejak pertama kali dipesan, konsumen bisa langsung mencurahkan visi, ide konsep, maupun pilihan kustomisasi di area eksterior dan interior yang bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen.

Program ini sudah tersedia di mayoritas negara Porsche di dunia, termasuk di Indonesia. Ya, melalui PT Eurokars Artha Utama sebagai distributor tunggal Porsche di Indonesia, konsumen Indonesia bisa langsung memesan konfigurasi opsi interior dan eksterior yang diinginkan baik dalam hal material, warna, hingga detil seperti aksen jahitan sekalipun. Sehingga pada saat unit Porsche sampai di tangan konsumen, bisa dipastikan mobil  tersebut sesuai dengan identitas konsumen.

Felix Schoot Regional Manager Porsche Exclusive Manufaktur

Felix Schoot, Regional Manager Porsche Exclusive Manufaktur, saat bertemu dengan Cintamobil.com di Porsche Centre Jakarta

>>> Cari mobil Porsche produksi tahun 2018? Langsung saja klik link berikut ini

"Porsche Exclusive Manufaktur tersedia di semua lini Porsche, baik dari Macan hingga ke 911. Memang secara pengerjaan di Porsche Exclusive Manufaktur lebih banyak didominasi oleh konsumen Porsche 911. Biasanya untuk area Asia Pasifik dan Timur Tengah lebih banyak bermain di opsi eksterior, ketimbang area Interior yang lebih banyak dipesan di area Eropa dan Amerika,” terang Felix Schoot, Regional Manager Porsche Exclusive Manufaktur, saat berbincang secara Eksklusif bersama Cintamobil.com di Porsche Centre Jakarta, Kamis (19/7) lalu.

Opsi yang ditawarkan pada Porsche Exclusive Manufaktur bisa dibilang sangat beragam. Mulai dari eksterior bisa dipesan dengan beragam warna pilihan, termasuk jika konsumen ingin menggunakan warna tertentu yang bersifat custom.

Adapula pemilihan detil warna di area velg, logo pada area belakang mobil, hingga ke level paket bodykit eksterior yang salah satu contohnya dikemas dalam Sport Design Package dan Aerokit. Kalau mau upgrade performa, juga bisa dilakukan melalui upgrade dari sisi software dan hardware.

Porsche Exclusive Manufactur Interior Material & Porsche Crest

Porsche Exclusive Manufaktur memungkinkan konsumen memilih dari material hingga detil jenis warna jahitan di interior

>>> Yuk baca review produk terbaru Porsche yang bisa Anda temukan di link berikut ini

Beda lagi dengan kustomisasi di area interior, konsumen dibebaskan memilih opsi menggunakan jenis leather tertentu atau menggunakan material tekstil khusus. Di samping itu pada panel interior juga bisa dikemas menggunakan material carbon fibre, aksen kayu, maupun aluminium. Bahkan untuk urusan jahitan di area kabin mobil, hingga ke detil kecil seperti kisi-kisi ac, bisa dibalut dengan warna yang sama persis dengan warna eksterior. Semua opsi tersebut banyak dikerjakan secara hand made oleh para teknisi Porsche di Zuffenhausen, Jerman.

Di sisi lain, semua material, semua opsi, dan semua komponen yang dipesan oleh konsumen dan menjadi opsi di masing-masing kendaraan Porsche sudah melalui pengujian yang sangat intens di pabrik Weissach, Jerman. Sehingga secara kualitas jelas lebih aman dan tidak akan mengganggu aspek performa dan keasyikan berkendara khas sportscar yang menjadi ciri khas Porsche itu sendiri.

Pemilihan panel kayu di Porsche Exclusive Manufaktur

Porsche Exclusive Manufaktur sangat selektif dalam memilih material yang digunakan

Hanya saja, Porsche 'sedikit' selektif dalam memenuhi permintaan konsumen. Hal ini dikhususkan pada pemilihan material yang langka, sangat berbahaya dan tidak reliabel untuk penggunaan bertahun-tanuh, atau bahan kulit dari hewan tertentu.

“Contoh untuk material kulit dari ular maupun buaya, atau panel menggunakan gading gajah, sudah pasti kami tidak akan menerima permintaan kustomisasi tersebut. Karena menurut perspektif Porsche hal tersebut tidak sesuai dengan konsep Porsche Exclusive Manufaktur yang harus ‘social accepted’ dan tidak menggangu Core Principle Porsche,” tambah Felix.

Edisi spesial Porsche 911 Turbo S Exclusive Series yang dikerjakan Porsche Exclusive Manufaktur

Karya terbaru Porsche Exclusive Manufaktur Porsche 911 Turbo S Exclusive Series yang hanya tersedia 500 unit di seluruh dunia

Lalu berapa lama kira-kira pengerjaan setiap mobil Porsche yang dipesan dengan opsi dari Porsche Exclusive Manufaktur?  Untuk pengerjaan bisa dilakukan dengan waktu rata-rata 2-3 bulan, kecuali untuk permintaan lebih Eksklusif dan spesial bisa semakin lama sekitar 5-6 bulan. Soal biaya jelas akan ada penambahan, yang disesuaikan dengan berapa banyak kustomisasi dan opsi yang dilakukan konsumen.

Jika Anda berencana membeli mobil Porsche dan ingin mobil tersebut menjadi ‘indentitas’ diri Anda, ada baiknya segera kunjungi diler resmi Porsche Centre Jakarta atau Porsche Centre Surabaya, untuk bekonsultasi mengenai Porsche Exclusive Manufaktur dan melakukan konfigurasi sesuai keinginan Anda. Selamat mencoba!

>>> Cara cepat jual mobil kini bisa dilakukan di Cintamobil.com melalui link berikut ini

Share this post:
 
back to top