Polri Kembali Gelar Mudik Gratis 2023, Siapkan 500 Unit Bus

30/03/2023

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Polri Kembali Gelar Mudik Gratis 2023, Siapkan 500 Unit Bus
Polri Kembali Gelar Mudik Gratis 2023, Siapkan 500 Unit Bus dengan tujuan dibagi menjadi 3 zona, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, cek syaratnya.

Polri kembali membuka pendaftaran mudik gratis 2023 dengan menggunakan armada bus mulai kemarin, Rabu (29/3), hingga 12 April. Nantinya, para pemudik yang mendapatkan kursi bakal diangkut dengan menggunakan 500 unit bus.

Mudik gratis bareng Polri
Mudik secara gratis bareng Polri bakal diangkut dengan menggunakan 500 unit bus

"Ada 500 bus yang disiapkan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman, melansir dari situs Korlantas Polri, Rabu (29/3).

Tujuan mudik secara gratis tahun ini hanya untuk tujuan ke Pulau Jawa, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa timur. Sementara hari keberangkatan mudik gratis bareng Polri ini akan diselenggarakan pada 18 dan 19 April di Monas, Jakarta Pusat mulai pukul 08.00 WIB.

>>> Tol Cipali jadi Tol Terpadat saat Musim Mudik 2023

Cara Pendaftaran

Cara mendaftar mudik secara gratis Polri cukup mudah, Anda hanya perlu mendatangi Samsat, Gerai Samsat dan Gerai SIM terdekat yang berada di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Jangan lupa, bawa syarat-syaratnya seperti dokumen pendukung, yaitu; melampirkan fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Mudik Gratis bareng Polri bakal diangkut dengan menggunakan 500 unit bus.
Cek cara pendaftaran mudik secara gratis bareng Polri, siapkan syarat dokumennya

Sebelumnya, Polri juga mengimbau kepada warga yang menjalankan mudik lebaran agar tidak menggunakan sepeda motor karena dinilai berbahaya. Menurut data, sepeda motor disebut sebagai moda transportasi favorit kedua masyarakat untuk menjalankan mudik setelah mobil pribadi. Jumlah orang yang mudik motor disebut bakal mencapai 25,13 juta orang atau 20,3 persen dari total pemudik 2023.

Sebagai gantinya warga bisa memanfaatkan mudik gratis dari Polri ini atau yang diselenggarakan instansi negara lain seperti Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Lembaga Negara serta BUMN.

Menurut Kemenhub berdasarkan survei yang sudah dilakukan akan ada 123 juta orang mudik pada tahun ini. Jumlah itu naik dari catatan mudik sebanyak 85 juta orang pada 2022.

>>> Angkutan Barang dengan Muatan Tertentu Boleh Melintas di Musim Mudik Lebaran 2023

Tujuan Mudik Gratis

Berikut daftar tujuan mudik gratis yang diselenggarakan oleh Polri:

  1. Jawa Barat - Jalur Utara (Indramayu dan Majalengka) - Jalur Selatan (Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Sumedang)
  2. Jawa Tengah - Jalur Utara (Brebes, Selawi, Pemalang, Batang, Kendal, Demak, Purwodadi, Klaten, Karanganyar, Boyolali, Sragen, Sukoharjo, Pacitan) - Jalur Selatan (Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Magelang, Cilacap, Kebumen, Kulonprogo, Sleman, Gunung Kidul, Bantul) - Jalur Utara - Timur (Jepara, Pati, Blora)
  3. Jawa Timur - Jalur Utara (Lamongan, Bojonegoro, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, Situbondo, Lumajang, Jember, Banyuwangi dan wilayah Malang Raya) -Jalur Selatan (Ngawi, Magetan, Ponorogo, Mojokerto, Tulungagung, Trenggalek, Blitar, Nganjuk)

>>> Lihat lebih banyak berita mobil baru, event, promosi, dan informasi pasar mobil baru, di sini

Menggeluti dunia Jurnalistik sejak 2013, berbagai desk berita umum telah dilakoninya. Mulai dari kriminal dan metropolitan, seleb dan gaya, kesehatan dan lingkungan, ekonomi bisnis, serta kepemerintahan. Terakhir, yakni di 2020 mulai jatuh cinta dengan Otomotif. Kata siapa perempuan nggak
 
back to top