Polisi Sebut Pelanggar Larangan Mudik Cukup Efektif Diminta Putar Balik

07/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Polisi Sebut Pelanggar Larangan Mudik Cukup Efektif Diminta Putar Balik
Bagi para pelanggar larangan mudik Lebaran, polisi menegaskan tidak akan memberikan sanksi denda maupun pidana penjara. namun cukup diminta putar balik ke kediamannya masing-masing.

Sejak berlaku 24 April 2020 hingga hari ini, jumlah pelanggaran adanya peraturan larangan mudik Lebaran kian bertambah. Meski diakui kuantitasnya sedikit menurun dibanding bulan lalu, namun masih banyak masyarakat yang berusaha nekat melakukan perjalanan mudik.

>>> Masyarakat yang Nekat Mudik Diancam Denda Rp 100 Juta!

Menghadapi masih banyaknya pelanggar larangan mudik, pihak kepolisian menegaskan tidak akan menjatuhkan sanksi denda atau satu tahun penjara. Melainkan para calon pemudik itu hanya diminta putar balik ke rumahnya masing-masing.

Putar Balik Dianggap Sudah Cukup Efektif

Pos penyekatan Operasi Ketupat 2020

Polisi menempatkan puluhan pos penyekatan sebagai bagian dari Operasi Ketupat Covid-19 2020

>>> Cek harga mobil baru beserta promo menariknya disini

Kepala Kordinator Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono menegaskan sanksi putar balik bagi calon pemudik sudah cukup untuk menghalau masyarakat yang hendak meninggalkan kota demi menuju kampung halamannya.

"Itu adalah sanksi yang cukup buat pemudik, itu cukup efektif," ucap Istiono seperti dikutip Cintamobil.com dari laman NTMC Polri, Jumat (07/05/2020). Ia menyebut, perintah putar balik bagi para pelanggar larangan mudik ini akan selalu diterapkan para petugas yang berjaga di pos-pos Operasi Ketupat Covid-19 2020. Para petugas ini diminta untuk tetap menerapkan tindakan persuasif dan humanis dalam meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidka mudik Lebaran.

Cukup Ditilang Demi Efek Jera

Bus putar balik di tol

Sudah puluhan ribu kendaraan yang mau keluar Jakarta dipaksa putar balik

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas yang paling lengkap hanya ada disini

Hal senada juga diungkapkan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus. Menurutnya upaya sanksi putar baik sudah cukup bangi masyarakat yang melanggar peraturan larangan mudik Lebaran.

"Gini, sanksi itu banyak macam, sanksi disuruh balik aja sudah sanksi itu. Bisa saja dikenakan UU Karantina Kesehatan, tapi itu kan jalan terakhir. Kalau bisa kita tilang ya kita tilang biar ada efek jera," kata dia.

Ia pun menepis adanya anggapan polisi akan memberikan sanksi berupa pidana penjara satu tahun bagi pelanggar larangan mudik. "Apa perlu dikenakan satu tahun penjara? Terus dikenakan satu tahun penjara karena nggak pakai masker gitu mau? kan nggak kan. Menghadapi Covid-19 aja masyarakat sudah stres, tapi kita pastikan akan lebih tegas, kita suruh pulang," tukas Yusri.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa dibaca disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Ini Syarat yang Boleh Pergi ke Luar Daerah di Tengah Larangan Mudik

06/05/2020

Event - Promosi

6 menit

Pemerintah secara resmi telah melarang mudik Lebaran 2020. Namun masih ada beberapa kalangan yang boleh pergi ke luar daerah dengan memenuhi syarat tertentu.

Lihat juga

Mobil Barang Bawa Penumpang Saat Larangan Mudik, Sanksi Bisa Berlipat

29/04/2020

Pengemudian

3 menit

Mobil barang dilarang membawa penumpang untuk bebas melintas saat larangan mudik. Awas, jika melanggar sanksinya bisa lebih berat dari pelanggaran biasa!

Lihat juga

Selain Angkutan Logistik, Deretan Kendaraan Ini 'Kebal' Aturan Larangan Mudik

26/04/2020

Event - Promosi

3 menit

Angkutan logistik termasuk dalam pengecualian kendaraan yang tak dikenai larangan mudik. Tapi selain itu ada juga deretan kendaraan yang 'kebal' aturan mudik.

Lihat juga

Ada Larangan Mudik, Puluhan Kendaraan Lewat Kalimalang Putar Balik

25/04/2020

Event - Promosi

5 menit

Selain di jalan tol, pos penyekatan larangan mudik juga diberlakukan di jalan arteri. Satu diantaranya di kawasan Jalan Raya Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat.

Lihat juga
 
back to top