Pol Espargaro Galau Hadapi Balapan di Qatar

23/02/2021

Event - Promosi

5 menit

Pol Espargaro akan menghadapi seri pembuka MotoGP 2021 di Qatar bulan depan dengan persiapan yang cukup minim, padahal ia harus menggunakan motor yang benar-benar baru dibanding motor yang selama ini dipakai.

Pol Espargaro menjadi satu dari beberapa pembalap yang berganti tim untuk musim balap MotoGP 2021. Sebelum sepakat bergabung dengan tim Repsol Honda, Espargaro merupakan bintang untuk tim KTM. Tak heran kondisi ini membuatnya sangat antusias untuk menadi rekan dari Marc Marquez.

Namun Pol Espargaro mengungkapkan jika dirinya mencoba belajar sebanyak mungkin yang dia bisa tentang Honda RC213V saat tes pra musim. Sebab waktu yang diberikan untuk menguji motor baru itu amatlah terbatas yakni hanya dalam 5 hari. Kondisi tersebut menyusul dibatalkanya tes pra musim di November tahun lalu, serta tes di Sepang bulan ini akibat wabah Covid-19 yang belum juga usai.

>>> Valentino Rossi : Tidak Mungkin untuk Memaafkan Marc Marquez

Pol Espargaro Siap Akan Kesalahan di Awal Balapan

Repsol Honda MotoGP 2021

Espargaro hanya punya waktu 5 hari untuk menyesuaikan diri dengan Honda RCV

Menghadapai situasi sulit ini, Pol Espargaro mencoba tetap optimis.

"Yang pasti semua itu bukan kondisi sempurna untuk memulai tim baru dengan motor baru, dimana levelnya sekarang sangat tinggi dan saya hanya punya waktu lima hari untuk persiapan," ucap Espargaro dikutip dari Crash, Selasa (23/02/2021).

"Tapi situasi ini jangan jadi alasan, saya datang ke tim Repsol Honda setelah mengetahui kondisinya dan sudah berbicara banyak untuk merencanakan strategi menjelang balapan. Saya pikir kami telah menemukan cara untuk belajar dengan cepat, menguji semuanya yang kami bsia dengan cepat, dan kini bersiap untuk balapan pertama," lanjut dia.

"Saya akan tiba di Qatar tiga hari sebelum jadwal tes resmi. Saya akan duduk bersama semua tim dan kru, melihat semua sudut lintasan, dan mencoba menganalisis banyak data," lanjut Pol Espargaro.

>>> Harga Aki Mobil Bekas Memang Murah, Tapi Malah Bikin Rugi!

Ingin Belajar dari Marc Marquez

Marc Marquez Pol Espargaro Repsol Honda 2021

Marquez belum bisa ikut latihan pra musim

>>> Review Ferrari 599 GTO 2011: Performa Mobil Balap Dalam Tubuh Supercar Langka

Dalam proses pembelajaran Pol Espargaro satu diantaranya adalah memahami bagaimana gaya balap Marc Marquez ketika menunggangi Honda RCV terutama saat bisa lolos dari kecelakaan.

"Selama sebulan terakhir saya memikirkan situasi dimana Marc telah berhasil lolos dari kecelakaan yang memberinya banyak poin. Jika dia tidak selamat dari kecelakaan itu mungkin dia tidak akan memenankan balapan. Jadi pertanyaannya adalah bagaimana Marc melakukan semua itu?" katanya.

"Rasanya saya tidak akan bisa tidur sebelum mencoba motor ini karena ini motor yang sama sekali berbeda dengan yang saya pakai dalam 4 tahun terakhir. Menghadapi balapan pertama dengan lima hari pengujian, mungkin kita perlu mengambil banyak risiko dan beberapa kerusakan di awal. Ini adalah perasaan yang campur aduk," katanya.

"Yang pasti saya membutuhkan Marc karena dialah nomor satu dalam tim dan saya sangat ingin belajar darinya. Semakin cepat dia kembali maka semakin banyak dan semakin cepat saya belajar darinya," tukas Pol Espargaro.

Sayangnya, mungkin harapan Espargaro ini tidak akan terwujud. Mengingat Marc Marquez sangat mungkin tidak akan ikut tes pra musim di Qatar untuk fokus pada proses pemulihan cederanya.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top