Petersen Automotive Museum dapat Gelar Museum Terbaik 2020

26/10/2020

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Petersen Automotive Museum dapat Gelar Museum Terbaik 2020
Petersen Automotive Museum dinilai masih bsia tetap aktif menampilkan interaksi dengan semua pengunjungnya dari seluruh dunia, meskipun secara fisik museum ini sudah ditutup sejak awal tahun akibat pandemi Covid-19.

Sebuah museum didirikan tentu saja tujuannya demi memberikan pengalaman dan pengetahuan atas sebuah sejarah tertentu. Begitu pun dengan museum otomotif, maka akan menampilkan bagaimana sejarah perkembangan di dunia otomotif.

Namun tentunya untuk menampilkan museum yang bisa dengan mudah memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada smeua orang bukan perkara gampang. Apalagi bagaimana menampilkan sejarah otomotif kepada semua golongan pengunjung, termasuk orang yang awam akan bidang ini supaya tertarik dan tidak menjadi bosan.

Trik inilah yang diterapkan pada Petersen Automotive Museum di Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS). Dibuka pertama kalinya pada Juni 1994, tempat ini baru saja diberi predikat sebagai Museum Terbaik 2020.

>>> Mobil Balap Klasik Porsche 962 Ini Dijual, Berminat?

Berikan Informasi Tentang Otomotif Secara Interaktif

Petersen Automotive Museum collection

Ada 300 koleksi kendaraan dan ribuan informasi otomotif lainnya

Petersen Automotive Museum sejatinya merupakan bagian dari Natural History Museum yang secara khusus menampilkan bagaimana secara mobil dan motor terutama yng ada di Amerika. Namun sejak tahun 2000, museum ini memisahkan diri karena kepemilikannya diambil alih oleh Petersen Automotive Museum Foundation.

Perubahan cukup berarti pun terjadi pada tahun 2015 dimana ketika itu pihak pengurus melakukan perbaikan dan penyesuaian teknologi termasuk dari sisi arsitektur eksterior dan interiornya. Di tempat ini pun memamerkan mulai dari desain otomotif, industri, hingga sejarah otomotif, termasuk penemuan-penemuan di bidang otomotif, dan hasil karya para seniman otomotif. Menariknya, semua itu dibuat dengan cara interaktif kepada setiap pengunung yang datang.

>>> 10 Mobil Klasik Indonesia dari yang Terlangka sampai Termahal

Sukses Selenggarakan Berbagai Event Virtual

Petersen Automotive Museum event

Sering adakan acara virtual dengan tema berbeda

>>> Review Lamborghini Sian Roadster 2020: Roadster Langka dari Sejarah Lambo

Selain menawarkan informasi secara interaktif, museum ini juga sering mengadakan pameran dan program edukasi kepada pelajar. Tema pameran bisa berbagai macam, mulai dari terkait mobil klasik dari tahun 1960an sampai Rp 1970an, mobil-mobil yang pernah tampil di film Hollywood, sampai perkembangan mobil listrik.

Dengan koleksi lebih dari 300 unit kendaraan, di museum ini juga ada ratusan mesin-mesin kendaraan, buku, foto, kaset video, bahkan film terkait otomotif. Dan karena saat ini Amerika sedang dilanda pendemi Covid-19 sehingga tak memungkinkan orang datang ke museum, pihak penyelenggara museum juga menyajikan layanan kunjungan secara virtual.

Walau cuma bisa ditonton melalui media digital, nyatanya program baru dari museum yang tutup sejak awal tahun 2020 karena pandemi itu berhasil menyelenggarakan berbagai acara besar. Diantaranya acara Monterey Car Week dan acara penggalangan dana yang semuanya cuma dilakukan secara virtual.

Apa yang dilakukan Petersen Automotive Museum ini pun membuat pihak The Historic Motoring Awards memberikan label pada tempat ini sebagai "2020 Museum of the Year". Gelar ini merupakan keputusan dari 25 juri yang diantaranya juga merupakan tokoh otomotif, satu diantaranya adalah Jay Leno.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top