Valentino Rossi Pernah Hampir Jadi Pebalap F1 Lho!

06/08/2021

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Teka-teki masa depan Valentino Rossi terjawab sudah. Melalui konferensi pers hari Kamis (5/8), ia mengumumkan bahwa ini menjadi musim terakhirnya di MotoGP.

Setelah berkarir di ajang MotoGP selama 25 tahun dan mengemas 7 gelar juara dunia, Valentino Rossi akhirnya mengakhiri karir menunggang motornya di akhir musim balap 2021.

The Doctor menyiarkan langsung pengumuman tersebut pada konferensi pers khusus menjelang MotoGP Styria 2021 yang digelar Kamis, (5/8) malam tadi. Sesuai dengan rumornya, ia memutuskan untuk tak lagi membalap.

"Saya sudah mengambil keputusan untuk berhenti membalap pada akhir musim ini. MotoGP 2021 akan menjadi musim terakhir saya sebagai pebalap MotoGP," ujar Valentino Rossi dalam konferensi pers tersebut.

>>> Ciao! Valentino Rossi Putuskan Pensiun

Gambar Valentino Rossi Retirement

The Doctor resmi ucapkan selamat tinggal pada MotoGP

Perjananan Baru Sebagai Bos Tim VR46

Rossi mengaku bahwa ia sedih untuk mengatakan bahwa dirinya tak lagi berkecimpung di ajang balap motor. Mengingat ia sudah mencetak berbagai prestasi selama berkarir sebagai pebalap.

"Saya sudah tidak balapan lagi setelah 30 tahun dan masa depan akan menjadi sebuah perjalanan baru dari perjalanan panjang saya," ujar Valentino Rossi.

Penggemar Valentino Rossi tak perlu bersedih akan kepergian sang idola, ia mengisyaratkan bahwa dirinya akan tetap berada di dunia balap MotoGP meski tak lagi sebagai rider.

Gambar Tim VR46

Kemungkinan besar, Rossi akan melanjutkan karir sebagai bos tim VR46 miliknya

Kabarnya, ia akan mengambil posisi sebagai Pimpinan Tim VR46 yang akan melangkah ke MotoGP di musim depan. Tim ini diluncurkan pada tahun 2019 untuk mengikuti balap Moto2, kini tim tersebut akan promosi ke kelas tertinggi dengan membawa motor Ducati.

>>> Pindah dari Barca, Lionel Messi Sempat 'Ditawari' Masuk Tim MotoGP

Rossi Hampir Jadi Pebalap F1

Di awal tahun 2000-an, Valentino Rossi hampir tidak mempunyai lawan di MotoGP. Ia tampil dominan dan mengoleksi lima gelar juara dunia, tiga bersama Honda dan dua dengan Yamaha.

Kesuksesan Rossi membuat relasinya sangat luas, tak heran di antara tahun 2004 dan 2010, The Doctor bisa ambil bagian dalam beberapa tes mobil F1 milik tim Scuderia Ferrari.

Gambar Valentino Rossi Ferrari

Rossi hampir bergabung ke tim F1 Ferrari

Rangkaian pengetesan tersebut ternyata tak sekadar gimmick saja, Luca di Montezemolo yang menjadi bos Scuderia Ferrari saat itu mengungkapkan bahwa Rossi hampir mengikat kontrak dengan sang kuda jingkrak pada tahun 2006.

>>> Ferrari Hybrid Termurah Beratap Terbuka Akan Segera Diluncurkan

Rossi pertama kali menjajal Ferrari pada April 2004, mengenakan helm Michael Schumacher. Saat itu, catatan waktu lap antara keduanya hanya berjarak 0,7 detik. Artinya, Rossi benar-benar kencang dalam mengendarai mobil jet darat untuk mendekati catatan waktu sang legenda F1.

Bahkan, Scuderia Ferrari sempat berencana untuk menempatkan Rossi di salah satu tim satelit sebelum bergabung ke tim pabrikan.

"Pada satu titik kami mengira dia akan mengemudi selama satu tahun di Sauber, tetapi dia cerdas dan lebih suka menjadi nomor satu di motor daripada nomor empat atau lima di mobil," ungkap Luca di Montezemolo.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top