Pengumuman! Masyarakat Dilarang Mudik 6-17 Mei 2021

26/03/2021

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Pengumuman! Masyarakat Dilarang Mudik 6-17 Mei 2021
Pemerintah secara resmi mengumumkan bahwa masyarakat dilarang mudik mulai 6-17 Mei 2021. Larangan mudik ini berkaitan dengan pencegahan penularan virus corona.

Pemerintah secara resmi melarang masyarakat untuk mudik ke kampung halaman pada tanggal 6-17 Mei 2021. Pelarangan ini masih berkaitan dengan adanya penyebaran virus Covid-19 yang belum juga mereda di Indonesia. 

Masyarakat dilarang mudik dimaksudkan agar upaya vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah bisa berjalan optimal.

Selain Angkutan Logistik, Deretan Kendaraan Ini 'Kebal' Aturan Larangan Mudik

Larangan mudik ini berlaku untuk semua lapisan masyarakat

>>> Ini Syarat yang Boleh Pergi ke Luar Daerah

Berlaku untuk Seluruh Masyarakat

Larangan mudik ini berlaku untuk seluruh lapisan masyarakat sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo sekaligus hasil keputuran rapat koordinasi tingkat Menteri. 

"Maka ditetapkan bahwa tahun 2021 mudik ditiadakan berlaku untuk seluruh ASN, TNI, Polri, BUMN, Karyawan swasta, maupun pekerja mandiri dan seluruh masyarakat," ujar Menko PMK Muhadjir Effendy dalam konferensi pers yang dilihat Cintamobil, Jumat (26/3/2021). 

Nantinya aturan masyarakat dilarang mudik akan diatur oleh Kementerian dan Lembaga terkait. Masyarakat diminta untuk menghindari berpergian ke luar kota pada periode yang sudah ditentukan. 

"Larangan mudik akan dimulai dari tanggal 6-17 Mei 2021 dan sebelum dan sesudah tanggal itu diimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pergereakan atau kegiatan-kegiatan ke luar daerah kecuali benar-benar dalam keadaan mendesak dan perlu," jelas Muhadjir lagi. 

Ini bukan kali pertama pemerintah larang masyarakat mudik. Sebelumnya pada tahun 2020, aturan masyarakat dilarang mudik juga sudah berlaku tahun 2020. Bahkan kala itu pemerintah telah menyiapkan denda sebesar Rp 100 juta bagi warga yang tetap nekat mudik ke kampung halaman pada Libur Lebaran Tahun 2020 dengan mengacu pada UU No.6 tahun 2018 tentang kekarantinaan. 

>>> Catat! Transportasi ke Daerah Boleh Beroperasi tapi Mudik Tetap Dilarang

Sudah Diterapkan Tahun 2020

Dalam pasal 93 disebutkan bahwa sanksi yang terberat bila melanggar aturan tersebut adalah Rp 100 juta dan hukuman kurungan 1 tahun. 

Jokowi Larang Masyarakat Mudik, Kalau Nekat Ada Sanksinya

Masyarakat dilarang mudik pada tahun 2020

Pemerintah juga telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan TNI untuk mengawasi masyarakat yang nekat mudik. Pengawasan dilakukan di titik-titik yang sudah ditentukan, bahkan jalan tikus pun ikut dipantau.

Mereka yang kedapatan ingin pergi ke luar daerah bakal diputar balik oleh petugas yang berjaga di lapangan. Namun demikian, masih ada sederet kendaraan yang diizinkan melintas seperti pemasok logistik. 

Nyatanya larangan mudik tahun 2020 berhasil menekan angka pergerakan masyarakat ke luar daerah. Tampak lalu lintas di jalan tol menurun drastis akibat adanya larangan mudik pada tahun 2020. 

>>> Antisipasi Pemudik Bandel, Penjagaan Jalur Tikus Diperketat

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top