Pengendara Moge Bakal Pakai SIM CII, Begini Aturannya

29/05/2021

Event - Promosi

3 menit

Pengendara motor gede bakal diwajibkan menggunakan SIM khusus yakni SIM CII. Aturan SIM khusus moge itu tertuang dalam Peraturan Kapolri Nomor 5 tahun 2021.

Pengendara motor gede yang berkapastas mesin lebih dari 500 cc atau kendaraan motor sejenis yang menggunakan daya listrik diwajibkan untuk menggunakan Surat Izin Mengemudi (SIM) khusus yakni CII. SIM CII ini berbeda dengan SIM C pada umumnya. 

Tertuang dalam Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi, bila kapasitas silinder mesin motor di atas 250 cc sampai dengan 500 cc ataupun kendaraan sejenis menggunakan daya listrik nantinya harus menggunakan SIM CI. Sedangkan SIM C biasa berlaku untuk motor di bawah 250 cc. 

Brutal motorcycle parked on street

Syarat memiliki SIM CI dan CII tak bisa sembarangan

>>> Perpanjang SIM Lewat Aplikasi di HP? Nih Cara Tes Kesehatannya!

Pemohon SIM CI dan CII Wajib Memenuhi Syarat Khusus

Kepemilikan SIM CI dan SIM CII tak sembarangan. Masih dalam aturan yang sama, untuk memiliki SIM CI maka pengendara wajib memiliki SIM C biasa. SIM C biasa itu harus sudah digunakan selama 12 bulan sejak SIM C diterbitkan. 

"Untuk dapat memiliki SIM CII sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf i, harus memenuhi ketentuan:

a. memiliki SIM CI; dan

b. SIM CI yang dimiliki telah digunakan selama 12 (dua belas) bulan sejak SIM CI diterbitkan," begitu bunyi pasal 3 ayat 9 Perkap No.5 tahun 2021. 

Adapun pembuatan SIM harus memenuhi ketentuan usia, administrasi, kesehatan, dan lulus ujian. Ketentuan usia berbeda pada pembuatan SIM C, CI. maupun CII juga dijelaskan pada aturan tersebut. Untuk SIM C biasa harus memenuhi ketentuan usia paling rendah 17 tahun. Sementara untuk SIM CI minimal usianya 18 tahun. Sedangkan untuk mendapatkan SIM CII Anda harus berusia 19 tahun. 

Lalu apa saja yang perlu disiapkan? Berikut ini tahapan saat membuat SIM C. 

1. Menyiapkan Fotokopi KTP 
2. Surat Keterangan Sehat 
3. Registrasi diri dan Mengisi Formulir Pendaftaran 
4. Mengikuti tahapan ujian yang diadakan
5. Proses identifikasi tahap akhir 
6. Mengambil SIM yang sudah selesai

>>> Asyik! Perpanjang SIM Bisa dari Rumah, Nggak Ribet Fotocopy Lagi

Biaya Pembuatan SIM CI dan CII

Semakin Mudah, Begini Cara Membuat SIM Online dari Rumah

Biaya pembuatan SIM CI dan CII tak berbeda dengan SIM C biasa

Biaya pembuatan SIM CI dan CII, tercantum pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia. Pada aturan tersebut, pembuatan SIM CI atau CII baru dikenakan biaya penerbitan sebesar Rp 100.000. 

Sedangkan bagi Anda yang ingin melakukan perpanjangan SIM CI maupun SIM CII maka akan dikenakan tarif Rp 75.000 per penerbitan. 

>>> Intip Tampang Motor Sport Terbaru Yamaha R7 2022

 

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top