Pengemudi Taksi Ini Selalu Ajak Penumpangnya Karaoke di Dalam Mobil

06/01/2021

Event - Promosi

5 menit

Adalah Tu Ching Liang pengemudi taksi di Taiwan yang menyediakan fasilitas karaoke di dalam taksinya. Setiap penumpang yang ia antar akan ditawari untuk bernyanyi. Jika nyanyiannya menurut dia menarik, maka penumpang tersbeut akan diberi hadiah.

Berpergian menggunakan taksi masih menjadi solusi transportasi massal selain taksi online seperti Grab Car atau GoCar. Namun seiring maraknya populasi mitra taksi online, sering kali orang-orang mulai malas menggunakan taksi reguler. Alasannya mulai dari ketidakpraktisan karena harus memberhentikan taksi yang sedang melintas di jalan, sampai beranggapan tarif taksi online lebih murah.

Namun Anda mungkin akan selalu memilih naik taksi jika menemukan pengemudi taksi yang satu ini. Ia dikenal dengan nama Tu Ching Liang, pengemudi taksi di Taipei, Taiwan yang sudah bergulat dengan profesinya sejak puluhan tahun lalu dan kini menjadi pengemudi taksi paling terkenal di dunia.

>>> Terdampak Corona, Jokowi Sebut Sopir Taksi sampai Kernet Dapat Rp 600 Ribu/Bulan

Ajak Setiap Penumpangnya Karaoke di Mobil

Tu Ching Liang Taksi

Tu Ching Liang bersama salah satu penumpangnya

Apa yang dilakukan pengemudi taksi ini memang sangat nyeleneh. Bagaimana tidak, dikutip dari The Guardian, Rabu (06/01/2021), Tu Ching Liang menawarkan kepada setiap penumpangnya untuk bernyanyi di dalam taksinya itu.

Liang pun memfasilitasi mereka yang hendak menyalurkan bakat olah vokalnya itu dengan menyediakan perangkat karaoke di mobilnya berupa monitor dan perangkat pemutar video karaoke, serta dua buah mic. Sehingga taksi yang ia gunakan sebagai sumber penghasilnya sehari-hari itu disulap benar-benar layaknya sebuah studio karaoke lengkap dengan lampunya.

>>> 7 Hal yang Wajib Dicek Sebelum Meminang Wuling Confero Eks Taksi

Kalau Nyanyiannya Bagus Diberi Uang Tunai

Tu Ching Liang karaoke

Tu Ching Liang sudah melakukan ini sejak 8 tahun lalu

>>> Review Hyundai Ioniq EV 2020: e-Taksi Ramah Lingkungan

Ternyata yang dilakukan Liang bukan sekedar memfasilitasi para penumpangnya untuk bernyanyi sembari menunggu hingga tiba di loaksi tujuan. Namun ia menawarkan kepada siapa saja yang bisa membuatnya terkesan dengan kualitas nyanyian mereka, maka akan diberi uang tunai.

Liang mengungkapkan jumlah hadiah terbesar yang pernah ia berikan kepada penumpangnya sekitar Rp 2,5 juta. Tetapi ia tidak menjelaskan kepada siapa saja ia menyerahkan hadiah tersebut. Bahkan Liang mengaku sejumlah artis tenar Taiwan sudah pernah menggunakan taksinya dan ikut bernyanyi di dalam mobilnya itu.

Selain mengubah kabin mobil taksi jadi layaknya studio karaoke, di mobil ini juga dilengkapi pengeras suara. Sehingga penumpang yang sedang bernyanyi di dalam mobil akan didengar pula suaranya kepada pengguna jalan yang lain. Kemudian Liang juga memasang kamera di dalam mobil dan merekam setiap penumpang yang menggunakan jasa taksinya dan ikut bernyanyi. Jika dirasa menarik, video rekaman ia unggah melalui YouTube dan akun media sosial pribadinya.

"Saya telah menjadi pengemudi taksi selama 27 tahun, memberikan hadiah kepada penumpang yang bernyanyi selama 8 tahun, dan merekam video selama 6 tahun. Kini saya sudah punya 10.000 video dan saya juga sudah tampil di acara TV di 10 negara berbeda," jelas Tu Ching Liang.

Menurut Liang, meskipun tidak semua penumpang ia beri hadiah, namun sebagian besarnya mengatakan senang dengan apa yang dilakukan pengemudi taksi tersebut. Alhasil ia sering mendapat uang tip tambahan yang terkadang jumlahnya hampir menyamai tarif perjalanan dari penumpang tersebut.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top