Pemprov DKI Targetkan Formula E Jakarta Digelar Juni 2022

10/08/2021

Event - Promosi

3 menit

Setelah tertunda akibat pandemi COVID-19, pelaksanaan Formula E di Indonesia mendapatkan angin segar. Gubernur Jakarta menyebut tahun 2022 menjadi target.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berkeinginan untuk menggelar ajang balap Formula E (Electric) di Jakarta. Namun, pandemi COVID-19 yang melanda dunia membuat rencana orang nomor 1 di Jakarta tersebut harus ditunda.

Namun, ia tidak patah arang dan baru-baru ini, Anies Baswedan menandatangani Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 49 Tahun 2021 tentang Penyelesaian Isu Prioritas Daerah Tahun 2021-2022.

Ada 28 isu strategis yang dibahas Anies melalui Ingub yang ditetapkan pada 4 Agustus 2021 lalu, salah satunya adalah penyelenggaraan ajang balap Formula E.

>>> Mulai 2021, Mobil Pribadi di Jakarta Wajib Lakukan Uji Emisi

Gambar Anies Baswedan Formula E

Gubernur Anies saat melakukan survey pelaksanaan ajang balap mobil listrik

Awalnya Direncanakan Pada Juni 2020

Awalnya, turnamen balap mobil listrik ini akan diadakan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke 493. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menyiapkan aspal baru di Monumen Nasional (Monas). Kini, Anies menargetkan 2022 menjadi tahun penyelenggaraan seri perdana di Indonesia.

"Isu Formula E target keluaran terselenggaranya lomba Formula E, Juni 2022," tulis Anies yang dikutip dalam Ingub tersebut.

Penundaan ajang balap itu diputuskan setelah Pemprov DKI Jakarta bernegosiasi dengan pemegang lisensi, yaitu Formula E Operations (FEO). Kini, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria optimis bahwa ajang balap ini dapat terlaksana tahun depan.

Gambar Ahmad Riza Patria

Wagub DKI Jakarta optimis penyelenggaraan lomba dapat dilaksanakan tahun depan

"Mudah-mudahan bisa dilaksanakan di tahun 2022 sebagaimana yang diagendakan," ungkap pria yang akrab dipanggil Ariza ini.

Ia juga menyebutkan bahwa pemerintah daerah telah menunjuk BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai pelaksana proyek. Sementara, Dinas Pemuda dan Olahraga DKI akan membantu mensosialisasikan ajang balap tersebut.

"Dalam prosesnya nanti Dinas Pemuda dan Olahraga bersama Jakpro yang menangani, mereka terus berproses dengan perwakilan Formula E. Jadi kita tunggu saja hasilnya," ujar Ariza.

>>> Ketahui Lebih Dalam Soal Regulasi Baru F1 2022

Pelaksanaannya Memakan Dana Triliunan

Seperti yang sudah diketahui, Pemprov DKI Jakarta melalui PT Jakpro dan Dinas Pemuda dan Olahraga DKI telah melakukan penyetoran biaya penyelenggaraan kepada FEO.

Gambar Formula E Monaco

Penyelenggaraan balap mobil listrik di tengah kota ini tidak memakan biaya yang sedikit

Biaya yang harus disetorkan mencapai 53 juta Poundsterling atau setara Rp 1,056 triliun. Rinciannya, 20 juta Poundsterling dibayarkan pada tahun 2019, kemudian 11 juta Poundsterling atau Rp 219,6 miliar dibayar tahun 2020.

Uang tersebut dibayarkan melalui Dispora kepada FEO, sedangkan bank garansi 22 juta Poundsterling atau Rp 439,21 miliar dibayar melalui PT Jakpro.

Sesuai rencana awal, ePrix Jakarta akan diselenggarakan pada Sirkuit Jalan Raya Monumen Nasional. Kini, kita tinggal menunggu apakah Jean-Eric Vergne dan kawan-kawan dapat memacu mobil listriknya di Jakarta tahun depan atau tidak.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top