Pemerintah Tawarkan 6 Proyek Jalan Tol dan Jembatan ke Investor

04/05/2020

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Pemerintah Tawarkan 6 Proyek Jalan Tol dan Jembatan ke Investor
Dalam rangka menjaga kesinambungan pembangunan infrastruktur di tengah pandemi COVID-19, pemerintah menggelar penjajakan minat pasar untuk 6 Proyek Jalan Tol dan Jembatan

Di tengah fokus menghadapi pandemi virus Corona (COVID-19) pemerintah tidak mengabaikan pembangunan infrastruktur jalan tol yang hingga kini masih dalam rencana. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) belum lama menggelar market sounding alias penjajalan minat pasar melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) untuk enam proyek infrastruktur senilai Rp 80,84 triliun.

Foto menunjukkan suasana saat Market Sounding di kantor KemenPUPR

KemenPUPR menggelar market sounding proyek jalan tol dan jembatan

Dalam rilisnya, (2/4/2020), disebutkan market sounding sangat penting dalam menjaga optimisme dan kesinambungan pembangunan infrastruktur di bidang jalan dan jembatan di tengah Pandemi COVID-19, dalam rangka memperlancar distribusi bahan pokok, mengurangi biaya logistik, menghubungkan kawasan produksi dengan kawasan distribusi, membuka lapangan pekerjaan serta mengakselerasi nilai tambah bagi perekonomian rakyat.

5 Jalan Tol dan 1 Jembatan

6 proyek infrastruktur dalam market sounding tersebut berupa 5 proyek jalan tol dan 1 jembatan, yaitu:

  1. Jalan Tol Semanan-Balaraja sepanjang 32,39 km dengan nilai investasi Rp 15,53 triliun,
  2. Jalan Tol Layang Cikunir-Ulujami sepanjang 21,5 km dengan nilai investasi Rp 21,57 triliun,
  3. Jalan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat sepanjang 61,5 km dengan investasi Rp 15,38 triliun,
  4. Jalan Tol Akses Patimban sepanjang 37,7 km dengan nilai investasi Rp 7,53 triliun,
  5. Jalan Tol Semarang Harbour sepanjang 21,03 km dengan nilai investasi Rp 12,05 triliun, dan
  6. Jembatan Batam-Bintan dengan nilai investasi Rp 8,78 triliun.

Alasan dilakukannya market sounding di tengah pandemi COVID-19 dimaksudkan agar saat pandemi berakhir bisa segera take off. "Apa yang tengah kita kerjakan sekarang adalah bagian dari persiapan kita untuk dapat segera take off saat Pandemi COVID-19 ini berakhir. Jadi dari sekarang sudah harus kita mulai persiapannya agar kita bisa langsung bekerja setelah pandemi ini berlalu," tutur Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

>>> Begini Lengkapnya Fasilitas Rest Area KM 429A Tol Trans Jawa

Foto menunjukkan suasana saat Market Sounding di kantor KemenPUPR

Diharapkan proyek bisa segera dikerjakan setelah pandemi berakhir

Kegiatan market sounding dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan melalui video conference pada Kamis, 30 April 2020 yang diikuti oleh para calon investor, lembaga keuangan, konsultan, asosiasi, organisasi internasional, perwakilan Kedutaan Besar Negara Sahabat, Pemerintah Pusat serta Pejabat Tinggi Pratama dan Madya di lingkungan Kementerian PUPR.

Setelah terselenggaranya market sounding, Kementerian PUPR akan terus menjalin komunikasi dengan para investor dan stakeholder lain dalam bentuk penyampaian perkembangan terkini mengenai persiapan proyek tersebut dan para investor mendapat kesempatan menggali informasi lebih rinci melalui forum market consultation yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 Mei 2020.

Jalan Tol Semarang Harbour

Diharapkan, keenam infrastruktur yang ditawarkan mendapat sambutan positif para investor karena memiliki prospek investasi yang baik dan kehadirannya sudah ditunggu oleh masyarakat. Salah satunya Jalan Tol Semarang Harbour.

Jalan tol yang berada menyisir pinggir laut ini bakal menghubungkan antara kawasan industri di wilayah Kendal dengan Pelabuhan Tanjung Mas di Semarang. Selain memudahkan akses pengantaran logistik Tol Semarang Harbour juga mempercepat akses masyarakat ke Kota Demak dan terhindar dan kemacetan di kawasan pantura. Selain itu Tol Semarang Harbour juga bakal berfungsi sebagai tanggul laut untuk mengatasi rob yang biasa terjadi di sepanjang jalur Semarang-Demak.

>>> Difungsikan Juga Sebagai Tanggul, Jalan Tol Semarang-Demak Segera Dimulai

Foto menunjukkan rob menggenangi jalan perkampungan di Demak

Proyek Jalan Tol Semarang Harbour penting untuk mengatasi rob di kawasan Semarang hingga Demak

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya bisa dibaca disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Satu Karyawan Terpapar COVID-19, Pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang Dihentikan

26/04/2020

Mobil baru

3 menit

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menghentikan sementara pekerjaan pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19)

Lihat juga

Ini Lokasi Pos Penyekatan Larangan Mudik di Jalan Tol Pulau Jawa

25/04/2020

Event - Promosi

5 menit

Polisi mendirikan pos penyekatan larangan mudik disepanjang jalan tol yang menghubungkan beberapa wilayah di Pulau Jawa. Fungsinya memantau para pemudik agar tidak meninggalkan Jakarta selama masa pandemi Covid-19

Lihat juga

Pengguna Jalan Tol Turun Drastis Sebelum Jokowi Umumkan Larangan Mudik

23/04/2020

Event - Promosi

3 menit

Pengguna jalan tol rupanya sudah mulai berkurang cukup drastis sebelum Presiden Joko Widodo mengumumkan larangan bagi masyarakat mudik ke kampung halaman.

Lihat juga
 
back to top