Sirkuit Mandalika Hampir 100% Rampung, Siap Dijajal WSBK

26/08/2021

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Memasuki akhir Agustus, pembangunan Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat mendekati 100%. Kabarnya trek ini sudah siap untuk dijajal oleh para pebalap WSBK

Meski dihadapkan berbagai rintangan dan kritik, pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat akhirnya memasuki fase penyelesaian. Kabarnya, sirkuit ini juga sudah siap untuk menjadi tuan rumah balapan Superbike World Championship atau biasa dikenal sebagai WSBK.

Direktur Eksekutif WSBK, Gregorio Lavilla mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk menambahkan dua sesi fly away musim ini. Dan salah satu kandidat utama tempat penyelenggaraannya adalah Sirkuit Mandalika.

Gambar Gregorio Lavilla

Lavilla berencana untuk mengadakan sesi Fly Away di Indonesia

Apakah Indonesia Sudah Siap Menjadi Tuan Rumah?

Sejauh ini, kasus positif COVID-19 memang sudah menurun sejak pemerintah memberlakukan kebijakan PPKM. Tetapi, melihat beberapa pembatalan Grand Prix MotoGP dan F1 seperti di Malaysia dan Jepang membuat kami sedikit ragu.

>>> Keburu Pensiun, Valentino Rossi Tak Bisa Beraksi di Sirkuit Mandalika

Meski begitu, Lavilla justru optimis untuk menggelar sesi Fly Away WSBK di Indonesia dalam waktu dekat. Jika semua berjalan lancar, sesi tersebut akan diadakan pada 12 - 14 November 2021. Meski begitu, masih ada beberapa pengerjaan penting yang harus dikebut.

"Sirkuit di Indonesia masih dalam konstruksi. Lintasan dan pengamannya sudah selesai, sementara Race Control, Medical Center, TV Compound dan Heliport sudah setengah jalan," ungkap Lavilla.

Gambar Desain Paddock Mandalika

Sketsa desain bagian paddock dan tribun Mandalika jika sudah rampung

Ia juga menyebut bahwa pihak penyelenggara di Indonesia sudah bisa memastikan adanya akomodasi bagi para kru paddock selama seri balap berlangsung.

Kepastian Penyelenggaraan Bergantung Pada Perkembangan Pembangunan

Walaupun bernada optimis, Gregorio Lavilla masih belum bisa mengatakan dengan pasti bahwa Indonesia akan menjadi tujuan rombongan WSBK yang menyisakan 6 seri lagi.

Semuanya bergantung kepada progress dari pembangunan Mandalika. Karena tak hanya konstruksi, sirkuit tersebut masih harus melewati proses homologasi. Namun, Lavilla berjanji bahwa ia akan membuat kepastian dan pernyataan resmi beberapa pekan mendatang.

>>> Sirkuit Termas de Rio Hondo Terbakar, MotoGP Argentina Terancam

Gambar WSBK

Siapkah Anda menonton WSBK di Indonesia?

"Mereka (tim Sirkuit Mandalika) sudah bekerja keras dan sangat cepat. Jika tidak ada unsur eksternal yang dapat menghentikan perkembangan ini, untuk saat ini sedang direncanakan dengan asumsi dapat dicapai tepat waktu," ujar Lavilla.

Selain Indonesia, Argentina juga menjadi kandidat kuat sebagai tujuan sesi Fly Away Superbike. Masih ada beberapa pekan sebelum November, dan pihak WSBK terus melakukan monitoring terhadap kesiapan Indonesia sebagai calon tuan rumah.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top