Pembangunan Sirkuit Mandalika Capai 80%, Bisa Selesai Tepat Waktu?

21/07/2021

Event - Promosi

3 menit

Pembangunan Sirkuit Mandalika yang akan menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia sudah mencapai 80%. Apakah bisa diselesaikan sebelum waktu yang ditentukan?

Pengerjaan sirkuit sepanjang 4,32 kilometer di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) terus dikebut hingga hari ini, Rabu (21/7). Hal tersebut dilakukan agar Sirkuit Mandalika dapat memasuki tahap homologasi dalan waktu dekat.

Salah satu perwakilan Dorna yang menjadi organizer ajang balap MotoGP bahkan sempat menyebut bahwa aspal dari sirkuit ini harus sudah siap pada akhir bulan Juli 2021.

"Permukaan aspal trek seharusnya sudah siap pada akhir Juli, tetapi yang lainnya tidak akan siap pada November," ungkap sang perwakilan Dorna yang enggan disebut namanya.

Gambar Rendering Sirkuit Mandalika

Rendering resor Mandalika

>>> Mobil Bermesin Konvensional Bertenaga 1.600 hp Siap Diproduksi

Progres Pembangunan Sirkuit Jadi Tanda Tanya

Lambannya progres pembangunan sirkuit yang akan menjadi devisa negara ini akhirnya menjadi tanda tanya bagi Dorna dan media-media di luar negeri. Pasalnya, sirkuit ini direncanakan untuk masuk kalender balap MotoGP 2022.

"Kami perlu segera menjawab, karena kami harus mengelola logistik untuk merencanakan," lanjut perwakilan Dorna.

Sementara itu, pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) tetap meyakini bahwa proses homologasi Sirkuit Mandalika bisa dilangsungkan pada akhir Juli atau awal Agustus 2021.

Gambar Sandiaga Uno di Mandalika

Aksi Menparekraf Sandiaga Uno saat melakukan survey aspal sirkuit

MGPA pun berusaha untuk selalu melakukan update terhadap pengerjaan agar masyarakat dan fans MotoGP terutama di tanah air dapat mengetahui progres terbaru dari tujuan wisata internasional ini.

"Progres pekerjaan konstruksi sirkuit Mandalika telah mencapai 80,02 persen dengan kemajuan pengaspalan lintasan yang sudah dilakukan kurang lebih 7.860 meter dari total 8.120 meter," ujar perwakilan MGPA melalui akun Instagram @themandalikagp.

>>> Naik Yaris, Kalle Rovanpera Jadi Juara Termuda di Rally Estonia 2021

Digunakan WSBK Sebagai Ajang Uji Coba

Tahap pengaspalan sirkuit kedua untuk segmen pertama telah dilakukan sejak awal Juli 2021 dan akan dilanjut ke segmen berikutnya. Pengaspalan ini harus terus dikebut demi mengejar ajang WorldSBK Indonesia 2021 yang berlangsung pada bulan November.

Sejauh ini, para media internasional tidak yakin bahwa pengerjaan Sirkuit Mandalika dapat diselesaikan tepat waktu. Namun, pihak MGPA menyatakan bahwa sirkuit akan siap sebelum WSBK diselenggarakan.

Gambar Pembangunan Sirkuit Mandalika

Progres pembangunan sirkuit saat ini sudah mencapai 80%

Penyelenggaraan WSBK Indonesia di Sirkuit Mandalika musim ini akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini telah diungkapkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno.

WSBK 2021 bakal melibatkan 24 pembalap dari berbagai negara dengan penerapan sistem bubble yang sudah terbukti sukses saat diterapkan di NBA. Semua pihak yang terlibat dalam ajang tersebut akan dibatasi kontaknya dengan pihak luar dan dimonitor secara berkala.

“Para atlet diharapkan hadir lima hari sebelum latihan dengan status sudah divaksin oleh enam vaksin yang disetujui oleh WHO (World Health Organization) dan sebelum keberangkatan melakukan tes PCR,” kata Menparekraf.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top