Pebalap F1 Kimi Raikkonen Resmi Gantung Helm di Akhir Musim

03/09/2021

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Pebalap Formula 1 asal Finlandia, Kimi Raikkonen mengumumkan bahwa dirinya akan pensiun di akhir musim balap 2021. Berikut perjalanan karier 'The Iceman' di F1.

Pengumuman yang dibuat oleh Kimi Raikkonen cukup mengejutkan dunia motorsport. Meski musim balap 2021 masih bergulir, Kimi mengumumkan bahwa tahun ini menjadi yang terakhir dirinya membalap di Formula 1.

Berbeda dengan Valentino Rossi yang mengumumkan pensiunnya lewat konferensi pers, pebalap dengan nama lengkap Kimi Matias Raikkonen ini memilih untuk mengumumkannya melalui unggahan di akun Instagram resmi miliknya. Benar-benar khas Kimi yang tak menyukai perhatian dari media massa.

Karier Kimi Raikkonen di Formula 1

Gambar Kimi Raikkonen

Kimi menjalani debut F1 pada musim balap 2001 bersama tim Sauber-Petronas

Pria yang dijuluki 'The Iceman' melakukan debut pada 2001 dengan tim Sauber-Petronas. Di tahun selanjutnya, ia pindah ke McLaren-Mercedes dan di tim inilah potensi Kimi mulai terlihat jelas.

>>> Alfa Romeo Luncurkan Mobil F1 2021, Pertahankan Duet Raikkonen-Giovinazzi

Di tahun 2003, Kimi Raikkonen mampu bersaing dengan legenda F1 asal Jerman, Michael Schumacher. Meski harus puas di posisi runner-up, ia membuktikan bahwa dirinya bisa bersaing bahkan dengan pebalap yang hingga saat ini dianggap sebagai yang terhebat sepanjang masa.

Kariernya di McLaren kerap dirundung oleh masalah teknis yang membuatnya memutuskan untuk pindah ke Scuderia Ferrari di tahun 2007. Di tahun pertamanya bersama sang kuda jingkrak, ia berhasil meraih gelar juara dunia F1 setelah bersaing ketat dan hanya unggul 1 poin di seri balap terakhir dari Lewis Hamilton.

Gambar Kimi Raikkonen

Menjalani musim terbaik bersama Scuderia Ferrari dan meraih gelar juara dunia F1 di tahun 2007

Di akhir musim balap F1 2009, ia memutuskan untuk meninggalkan Ferrari dan F1 untuk mengejar kecintaannya terhadap dunia reli. Kimi akhirnya memperkuat tim reli Citroen yang disponsori oleh Red Bull. Bahkan, di tahun 2011 ia sempat membalap di ajang NASCAR.

Kimi Raikkonen memutuskan untuk kembali ke F1 di tahun 2012 untuk memperkuat tim Lotus, dan di tahun 2014 juara dunia terakhir dari Scuderia Ferrari ini pun kembali memperkuat tim kuda jingkrak untuk menemani Sebastian Vettel.

Ferrari mengumumkan bahwa Kimi akan keluar dari tim pada tahun 2019, dan akhirnya The Iceman memperkuat tim Alfa Romeo hingga memutuskan untuk pensiun di akhir musim balap 2021.

>>> Bos Tim F1 Mercedes dan Red Bull Berebut Kursi Pebalap di Williams

Dibanjiri Ucapan Selamat Dari Pebalap dan Tim Lain

Keputusan Kimi Raikkonen untuk menggantung helm di akhir musim pun mengundang berbagai ucapan selamat dari para pebalap dan tim F1 lain. Salah satunya adalah Nico Rosberg yang berutang budi pada Kimi ketika dirinya diberikan nomor mobil 6 sebagai penghormatan pada ayahnya, Keke Rosberg.

"Legenda sejati, semoga semua yang terbaik untuk apa yang akan datang. Selamat menikmati waktu bersama keluarga," ujar sang mantan pebalap yang juga sudah pensiun setelah memenangkan gelar juara dunia di tahun 2016.

Antonio Giovinazzi, rekan setim Kimi di Alfa Romeo ikut memberi emoji hati pada unggahan sang mentor yang telah banyak mengajarinya selama beberapa tahun terakhir.

Gambar Kimi Raikkonen

Kolase momen-momen Kimi di Formula 1

Sedangkan Sebastian Vettel, mantan rekan sekaligus pebalap yang mungkin terdekat dengan Kimi menyebut bahwa ia akan sangat merindukan kesunyian yang canggung saat bersama dengan The Iceman selepas dirinya pensiun.

Tak ketinggalan, Scuderia Ferrari pun mengunggah foto Kimi di akun Instagram resmi mereka dan menyebut bahwa Ferrari memiliki banyak kenangan yang indah bersama Kimi, termasuk gelar juara dunia terakhir mereka di tahun 2007. Hingga saat ini, unggahan Kimi Raikkonen sudah disukai oleh lebih dari 1 juta netizen di seluruh dunia.

>>> Mobil Anda Kurang Kencang? Pasang Saja Mesin Alfa Romeo Ini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top