Pakai Suzuki Hayabusa, Guy Martin Siap Pecahkan Rekor Kecepatan 482 Kpj

16/02/2021

Event - Promosi

5 menit

Suzuki Hayabusa yang telah dimodifikasi oleh Guy Martin ini antara lain sudah menggunakan turbocharged. Bermodal motor tersbeut, ia berusaha untuk memecahkan rekor kecepatan tertinggi yang ia buat sendiri.

Guy Martin kembali berusaha memecahkan rekor kecepatan di atas sebuah sepeda motor yang melesat di jalanan beraspal. Kali ini ia menggunakan Suzuki Hayabusa yang sudah dimodifikasi. Targetnya adalah sanggup melesat 300 mph atau sekitar 462 km/jam hanya dalam jarak 1 mile atau kira-kira 1,6 kilometer (km).

Sebelumnya ia telah melakukan beberapa pengujian, dan dengan Suzuki Hayabusa yang sama, ia mampu melesat hingga kecepatan 255 mph, kemudian meningkat jadi 270 mph, dan terakhir 282 mph. Ia pun berharap nantinya kecepatan tertinggi yang berhasil ia raih adalah 300 mph.

>>> Porsche Taycan Catat Rekor Drifting Terpanjang Menggunakan Mobil Listrik

Bermodal Suzuki Hayabusa Bekas Berturbo

Suzuki Hayabusa Guy Martin

Suzuki Hayabusa ini sudah mengalami sejumlah modifikasi termasuk mesin yang ditambah turbocharged

Apa yang ia recanakan itu menggunakan sebuah Suzuki Hayabusa yang ia beli dari seorang temannya pada tahun 2018 silam. Motor tersebut lantas ia modifikasi sesuai kebutuhan untuk dipacu dengan kecpeatan di atas kemampuan standar Hayabusa biasa.

Antara lain ia membuat bodywork baru untuk motor ini yang bisa juga berguna demi menciptakan aerodinamika yang baik saat motor melaju sangat kencang. Sementara mesinnya sendiri sudah ditambahkan sistem turbocharged. Alhasil, motor dengan transmisi 8 percepatan quick shift itu sanggup meletupkan tenaga 830 hp.

>>> Mobil Bermesin Turbo Disimpan Lama, Perhatikan Hal Ini

Dipacu di Trek Beraspal Sejauh Kurang dari 2 Km

Guy Martin Suzuki Hayabusa

Guy Martin selalu berlatih sampai target rekor kecepatannya bisa diraih

>>> Review Bugatti Veyron 2010: Bertanya Siapa Mobil Tercepat? Ini Monster-nya

Jika rekor kecepatan sepeda motor biasanya dilakukan di padang garam Bonneville, maka Guy Martin melakukannay di atas permukaan jalan beraspal berjarak 1 mile saja. Ia melakukannya di Royal Air Force Elvington yang juga kerap digunakan untuk mencatat rekor kecepatan maksimal untuk kendaraan bermotor baik mobil maupun motor.

"Saya tidak bisa tidur sebelum melakukan semua ini. Ketika saya bisa mencpaai 250 mph, saya masih baik-baik saja, tapi ketika bisa naik jadi 260 mph kemudian jadi 280 mph, maka hal itu teringat terus yang membuat saya tidak bisa tidur dua hari," ucap Guy Martin dikutip dari Visordown, Senin (15/02/2021).

Guy Martin memang erat kaitannya dengan rekor kecepatan diatas sebuah sepeda motor. Sebelumnya ia juga berhasil melesat dengan kecepatan 270 mph atau sekitar 435 km/jam menggunakan Triumph Streamliner.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top