Pakai Motor Matic Bersespan, 2 Pria Ini Keliling 35 Negara

27/01/2021

Event - Promosi

5 menit

Menngguakan motor matic jenis Honda SN300 yang dilengkapi sespan, kedua pria ini menamai dirinya The Sidecar Guys untuk berkeliling ke 35 negara dalam 15 bulan dengan total jarak tempuh hampir 55.000 kilometer.

Motor matic umumnya dipakai seorang biker untuk kebutuhan berkegiatan harian. Misalnya ke sekolah atau kampus, ke kantor, maupun ke minimarket terdekat. Meskipun tak jarang juga motor tanpa kopling ini dipakai untuk kegiatan touring antar kota.

Tapi jangan pernah tanyakan fungsi motor matic pada Matt Bishop dan Reece Gilkes. Karena kedua orang ini sanggup keliling dunia menggunakan satu unit motor metik yaitu Honda SH300. Aksi mereka pun masuk dalam catatan Guinness Book of Records edisi 2021.

>>> Paten Motor Listrik Honda Terkuak, Pakai Basis CB125R

Lakukan Perjalanan Hampir 55 Ribu Kilometer

Perjalanan The Sidecar Guys

Juga melintasi Siberia dan Sahara

Kedua bikers yang menamakan dirinya The Sidecar Guys itu melakukan perjalanan ke sejumlah negara di dunia. Total jarak yang ia tempuh 54.960,7 kilometer dan menghabiskan waktu 15 bulan. Perjalanan mereka dimulai di Inggris pada Oktober 2017 dan berakhir di Januari 2019. Mereka tercatat sudah mengunjungi 35 negara selama perjalanan tersebut.

"Idenya adalah untuk melihat seberapa jauh kami mendapatkan uang dan kebaikan dari orang asing. Kami tahu kami berjuang keras, tapi itulah intinya," ucap Matt dikutip dari MCN, Rabu (27/01/2021).

Menggunakan motor matic jenis Honda SH300i, motor ini ditambahkan sespan yang berguna untuk meletakkan barang bawaan dan juga saat satu dari mereka ingin beristirahat. Uniknya, sebelum perjalanan lintas negara ini, keduanya mengaku hampir tidak pernah menghabiskan waktu di keseharian mereka dengan sepeda motor.

Servis motor matic Honda SH300

Terkadang motor mereka juga mengalami masalah

>>> Badan Pegal Mengganggu Perjalanan, Lakukan 4 Peregangan Ini!

Mengenai alasan mengapa mereka memilih motor matic untuk berkeliling dunia, menurut Matt hal tersebut agar apa yang mereka lakukan berbeda dari kebanyakan bikers yang melakukan touring.

"Kalau pakai motor lain sudah banyak yang melakukan, kami ingin tampil beda. Kami membeli sebuah Honda SH300 dan seseorang membuatkan sespannya, kemudian kami berangkat," jelas Matt.

Donasikan untuk Yayasan Amal

Menurut Matt, ia sering menggunggah perjalanannya ke media sosial dengan hastag #ride5000miles dan ternyata banyak yang memberikan tanggapan positif termasuk memberikan semangat dan membantu ketika mereka mengalami masalah di jalan. "99% orang yang kami temui di jalan adalah luar biasa," sambung Reece.

Buku Our Ridiculous World Trip

Setelah pulang mereka membuat buku dan dijual untuk donasi

>>> Review Honda CR-V 2.4L 2007: Kartu Truf Honda Melawan X-Trail

Karena misi utama perjalanan ini, The Sidecar Guys pun mendpaatkan sejumlah dana donasi. Jumlahnya 7.215 Pound atau kira-kira Rp 137,5 juta. Dan menurut Matt, seluruh hasil pendapatan selama perjalanan melintasi berbagai negara itu akan diserahkan kepada yayasan amal yang berfokus pada penyelamatan perbudakan modern.

Meskipun nilai donasinya tidka terlalau besar namun perjuangan yang Matt dan Reece lakukan amatlah berat. Bagaimana tidak, sesekali mereka harus berhadpaan dengan cuaca ekstrim hingga -40 derajat celcius di Siberia. Namun ketika singgah di Gurun Sahara, cuacanya lebih dari 40 derajat celcius.

Dan setelah kembali pulang keduanya meluncurkan buku berjuul "Our Ridiculous World (Trip)". Tentu saja buku ini bercerita tentang perjalanan mereka termasuk dokumentasi fofo-foto selama perjalanan. Mereka juga kerap diundang menajdi pembicara virtual selama tahan lalu. Alhasil, The Sidecar Guys pun berhasil mengumpulna dana donasi tambahan lebih dari Rp 190 juta.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top