Total 138 Ribu Kendaraan Diputar Balik Selama 40 Hari Operasi Ketupat 2020

04/06/2020

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Total 138 Ribu Kendaraan Diputar Balik Selama 40 Hari Operasi Ketupat 2020
Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengumumkan telah melakukan penindakan memutar balikan 138.316 kendaraan selama 40 hari kerja Operasi Ketupat 2020.

Polri melaporkan lebih dari lima ribu lebih kendaraan yang terindikasi hendak menuju ke Jakarta.diputar balik pada hari ke-40 Operasi Ketupat. Hingga 40 hari Operasi Ketupat, secara total lebih dari 100 ribu kendaraan diminta putar balik selama larangan mudik dan balik lebaran di tahun ini.

>>> Setengah Juta Kendaraan Menuju Jakarta Lewat Tol Usai Libur Lebaran

Gambar menunjukan Operasi ketupat 2020

Sebanyak 5.734 kendaraan diputar balik di hari ke-40 Operasi Ketupat

“Hari ke-40 pelaksanaan Operasi Ketupat 2020, Korlantas Polri mencatat sebanyak 5.734 kendaraan yang meliput kendaraan pribadi, sewa, bus, travel, dan roda dua, yang diminta putar balik karena terindikasi akan masuk ke Jakarta. Jumlah total kendaraan yang diminta putar balik selama 40 hari operasi ketupat sebanyak 138.316 kendaraan,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan, Rabu (3/6/2020) seperti dikutip dari NTMC Polri.

Kapolri sendiri sebelumnya telah memperpanjang masa Operasi Ketupat 2020. Perpanjangan itu dilakukan hingga 7 Juni 2020. Perpanjangan Operasi Ketupat ini sebagaimana kebijakan larangan mudik dan arus balik yang dicanangkan oleh pemerintah.

>>> Gaet Rumah Zakat, Wuling Donasi Masker Non-Medis di Jawa Barat dan Yogyakarta

Gambar menunjukan Aturan ganjil genap

Aturan ganjil genap di DKI Jakarta hari masih ditiadakan

Sementara itu untuk laporan terbaru aturan ganjil genap di Jakarta. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, berencana memberlakukan kembali aturan sistem ganjil genap setelah kebijakan  pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berakhir. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan volume arus lalu lintas di Ibu Kota Jakarta.

Setelah PSBB berakhir pada 4 Juni 2020, Ditlantas Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan Dishub DKI Jakarta untuk mengevaluasi pemberlakuan sistem ganjil dan genap. Karena di sisi lain, mengurai kemacetan tidak hanya menggunakan sistem ganjil dan genap, bisa dengan manajemen rekayasa lalu lintas, buka tutup, dan pengalihan arus kendaraan.

“Kami observasi lagi terakhir karena fluktuatif volume lalu lintas, terkadang naik, terkadang menurun. Minggu kemarin dibanding minggu kemarinnya lagi turun, tetapi dibanding 2 sampai 3 Minggu lalu naik. Jadi masih fluktuatif,” tutup Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP. Fahri Siregar.

>>> Berita menarik lainnya dalam dan luar negeri ada di sini

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top