Olympic Games Tokyo 2020 Jadi Sarana Unjuk Gigi Bridgestone

26/07/2021

Event - Promosi

3 menit

Dalam gelaran Olympic Games Tokyo 2020, Bridgestone mengerahkan segenap kemampuan riset dan teknologi yang menunjukkan ternyata bukan hanya bisa membuat ban

Bicara soal  komitmen serta dukungan untuk kesuksesan Olimpiade 2020 Tokyo, pabrikan otomotif Jepang memang bukan kaleng-kaleng. Jika Toyota menyediakan kendaraan angkutan bagi para atlet dan petugas pendukung, maka Bridgestone menjadi pemasok berbagai komponen berbahan dasar karet untuk berbagai keperluan.   

Terkait pelaksanaan Olimpiade 2020 Tokyo, Bridgestone memasok ban untuk kebutuhan 3.000 unit kendaraan, termasuk juga ban sepeda (relawan dan staf), bantalan peredam struktur gedung dan pipa-pipa. Di luar urusan teknis, Bridgestone mendukung 70 atlet global yang berstatus sebagai Team Bridgestone ambassador.

>>> Penyebab Telapak Ban Mobil Cepat Aus dan Cara Mengatasinya

Ban Mobil  

gambar ban

Pasokan ban untuk 3.000 unit mobil selama pelaksanaan Olympic Games Tokyo 2020

Sebagai pabrikan spesialis produk berbahan dasar karet, bukan masalah besar bagi Bridgestone untuk membuat ban custom sesuai permintaan spesifik konsumen. Mendukung Olimpiade Tokyo 2020,  Bridgestone memproduksi ban khusus untuk  Toyota e-Palette, Toyota Walking Area BEV (ban canggih tanpa udara untuk pemakaian di  Main Press Center dan lapangan tenis). Bridgestone mengklaim ban tanpa udara itu terbuat  dari resin dan mudah didaurulang.  

gambar ban

Ban dengan spesifikasi khusus untuk mobil pendukung Olympic Games Tokyo 2020 

Bridgestone juga menyiapkan ban khusus untuk Toyota MIRAI FCEV dengan kemampuan low rolling resistance (jarak tempuh lebih jauh) dan lebih senyap (lebih nyaman). Sedangkan ban Ecopia dibuat khusus dengan kemampuan low rolling resistance dan air resistance agar lebih efisien untuk  Toyota LQ BEV yang menjadi lead car dalam lomba lari  marathon. Hal yang sama (fuel efficient dan low-rolling resistance) juga berlaku untuk ban  Ecopia pada Toyota Accessible People Mover (APM).  

Sepeda Balap

gambar sepeda

Sepeda balap jenis track bicycle untuk lomba keirin, sprint, omnium, dan madison

Pengalaman lebih dari 50 tahun membuat sepeda menjadi modal penting bagi  Bridgestone untuk memasok sepeda balap jenis track bicycle untuk tim balap sepeda Jepang. Dalam Olimpiade Tokyo 2020, tim balap sepeda Jepang berlaga untuk cabang keirin, sprint, omnium, dan madison. Sepeda balap tersebut memiliki teknologi canggih agar kompetitif saat berlaga.  

Sepeda Serba Guna 

gambar sepeda

Sepeda aneka fungsi untuk berbagai keperluan 

Menjadi “Official Bicycle of the Olympic and Paralympic Games Tokyo 2020”, Bridgestone menyediakan lebih dari 800 unit sepeda biasa (non-motorized) untuk kebutuhan transportasi jarak dekat bagi  petugas, relawan dan atlet.  Ada tiga macam sepeda untuk berbagai keperluan mulai dari kebutuhan personal hingga angkutan  barang.  

Produk Pendukung 

gambar gedung

Struktur gedung ini dlengkapi peredam dan pipa khusus

Di luar urusan mobil dan sepeda, Bridgestone juga berkontribusi dalam Olimpiade Tokyo 2020 dengan menyediakan bantalan peredam untuk struktur gedung Tokyo Aquatics Centre and Ariake Arena. yang menjadi lokasi lomba. Maklum saja Jepang selalu mengalami gempa bumi sehingga konstruksi gedung dilengkapi peredam guncangan untuk mengurangi kerusakan. Bridgestone juga memasok polybutene piping system yang kuat dan ringan pada berbagai lokasi lomba dan fasilitas pendukungnya. 

>>> Bridgestone Turanza T005A Jadi Ban OEM Honda City Hatchback RS
 

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top