Ogah Ambil Risiko, 2 Pameran Otomotif Gaikindo Ditunda Lagi

03/02/2021

Event - Promosi

4 menit

Ogah Ambil Risiko, 2 Pameran Otomotif Gaikindo Ditunda Lagi
Gaikindo memutuskan untuk kembali menunda dua pameran otomotif di bawah naungannya. Menurut Gaikindo saat ini Indonesia belum siap menggelar pameran tatap muka.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) akhirnya memutuskan untuk kembali menunda penyelenggaraan pameran di bawah naungannya. Adapun pameran yang tertunda penyelenggaraannya adalah GIIAS Surabaya dan Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW). GJAW sendiri semula dijadwalkan berlangsung pada Maret 2021. 

Satu hal di balik penundaan tersebut adalah pandemi yang belum juga usai. Gaikindo ogah mengambil risiko akan kesehatan dan keselamatan masyarakat.

>>> Pameran GIIAS 2021 Kini Bisa Dilihat Lewat Genggaman

Prioritas Kesehatan Masyarakat

Gaikindo menegaskan bahwa prioritas yang lebih utama adalah untuk menjaga kesehatan dan keselamatan dari para peserta pameran, pengunjung pameran, serta masyarakat umum. 

Jakarta Auto Week 2020 Jadi Jurus Gaikindo Genjot Penjualan Mobil di RI

Indonesia dinilai belum siap gelar pameran tatap muka

Dengan mempertimbangkan kondisi terkini tentang kesehatan dan keselamatan masyarakat dan perkembangan pandemi Covid-19 secara nasional, Gaikindo mengambil kesimpulan bahwa pameran otomotif secara tatap muka masih belum dapat dilaksanakan karena besarnya risiko yang harus dihadapi semua pihak.

“Pemulihan industri otomotif Indonesia menjadi agenda yang sangat penting bagi GAIKINDO, namun kami juga tidak ingin mengambil resiko mempertaruhkan kondisi kesehatan masyarakat yang saat ini belum membaik. Oleh karena itu Gaikindo akan mengambil langkah baru yang lebih aman untuk masyarakat, dan juga akan menjadi strategi tepat waktu dan sasaran untuk pemain industri,” tutur Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi dalam siaran persnya yang diterima Cintamobil. 

Langkah dan strategi baru yang diambil Gaikindo adalah dengan memaksimalkan paruh ke-dua tahun 2021 sebagai waktu penyelenggaraan pameran otomotif.

“Gaikindo merencanakan kembali menyelenggarakan pameran otomotif pada semester kedua tahun ini, dimulai dengan akan penyelenggaraan GIIAS di Jakarta pada bulan Agustus, dilanjutkan dengan penyelenggaraan pameran GIIAS di daerah. Memasuki akhir tahun, Gaikindo akan melangsungkan pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau (GJAW),” papar Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo.

>>> Gaikindo Usul 2 Jurus Tingkatkan Penjualan Mobil di Indonesia

Pameran Digelar Digital

pameran GIIAS

Pameran bakal digelar lewat aplikasi

Menurutnya dengan penyelenggaraan yang berurutan yang dimulai pada semester kedua akan menjadi strategi terbaik karena konsentrasi masyarakat pada industri otomotif Indonesia tidak terputus sejak awal semester ke-dua, hingga akhir tahun 2021, yang dimulai dengan penyelenggaraan The 28th GIIAS di Jakarta. 

“Masyarakat akan disuguhkan pencapaian industri otomotif Indonesia secara lengkap dalam penyelenggaraan GIIAS The Series, di Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Medan. Dan pada akhir tahun GJAW akan menjadi ajang yang menghasilkan potensi penjualan dan memberikan kesempatan berpromosi terbaik bagi para merek,” ungkap Rizwan lagi.

Selain menunda pameran otomotif hingga semester dua, Gaikindo juga bersiap untuk merilis aplikasi GIIAS 360. Lewat aplikasi ini, pameran otomotif bisa tetap digelar secara digital dan disaksikan dari manapun. 

>>> Jakarta Auto Week 2020 Jadi Jurus Gaikindo Genjot Penjualan Mobil di RI

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top