Nio EP9 Curi Rekor Kendaraan Jalan Raya Tercepat di Goodwood

16/07/2018

Event - Promosi
Share this post:
Nio EP9 Curi Rekor Kendaraan Jalan Raya Tercepat di Goodwood
Diam-diam, hypercar listrik Nio EP9 telah membukukan waktu tercepat untuk kendaraan jalan raya di pendakian bukit Goodwood Festival of Speed.

Dengan pembalap Skotlandia Peter Dumbreck berada di belakang kemudi, Nio EP9 mencatatkan waktu tempuh 44,61 detik selama melintasi jalur perbukitan Goodwood. Catatan ini melampaui rekor kendaraan jalan raya sebelumnya yang ditorehkan oleh McLaren P1 LM dikendarai Lanzante 2016 silam.

Rekor keseluruhan masih dipegang oleh Nick Heidfeld ketika mengendarai Formula 1 McLaren MP4/13 pada tahun 1999. Nio EP9 hanya tertinggal 0.01 detik dari rekor McLaren di angka 44.6 detik.

Ketangguhan Nio EP9 sebagai kendaraan jalan raya tercepat di lintasan Goodwood

Tak hanya mencatat rekor di Goodwood, EP9 merupakan salah satu mobil tercepat di lintasan legendaris Nürburgring. Membukukan waktu tempuh 6: 45.9 detik pada tahun 2017, EP9 hanya kalah oleh Kenny Brack saat mengemudikan Mclaren P1 LM yang lebih dulu mencatatkan waktu tercepat 6: 43.22 detik pada tahun yang sama.

>>> Nissan sesumbar akan produksi mobil balap tercepat yang pernah ada

Bagi yang belum akrab dengan Nio, perusahaan startup asal Cina ini bermaksud untuk menjadi merek mainstream di seluruh dunia. Ambisi ini sepertinya bukan omong kosong. Pasalnya, setelah mengamankan gelar juara Formula E perdana, Nio langsung tancap gas memproduksi supercar listrik EP9.

Gambar yang menunjukan mobil baru Nio EP9 yang menjadi kendaraan jalan raya tercepat di Goodwood

Tak banyak yang tahu, Nio EP9 langsung melesat di Goodwood

>>> Ingin mencari mobil baru? Informasi lebih lanjut ada di sini

EP9 memiliki empat motor listrik yang memberikan gabungan 1.342 daya kuda dan torsi 1.091 pound-kaki. Kekuatan ini cukup untuk melesatkan EP9 dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 2.7 detik hingga kecepatan tertinggi 313 km/jam.

Tak hanya berkutat di segmen hypercar, Nio meluncurkan kendaraan produksi massal pertamanya, SUV listrik ES8 di Cina tahun lalu. Dengan harga hampir mencapai Rp1 Milyar, SUV 7 seater berperforma tinggi ini mengandalkan motor listrik ganda dan baterai 70 kilowatt/jam untuk jangkauan sejauh 354 kilometer, cukup untuk perjalanan pulang balik Jakarta-Bandung.

>>> Berita event otomotif dalam dan luar negeri paling lengkap ada di sini

Tautan berita SUV listrik dari Nio berwarna putih, Nio ES8

SUV listrik andalan terbaru Nio, Nio ES8

Adapun supercar EP9, Nio awalnya bermaksud untuk hanya memproduksi enam contoh dengan label harga sekitar Rp21 Milyar. Namun tahun lalu, merek Cina ini mengatakan akan memproduksi lebih dari 10. Walaupun belum jelas pasar penjualannya, beberapa sumber mengungkapkan Nio akan melebarkan sayapnya untuk  merambah pasar Amerika.

>>> Berita otomotif paling lengkap hanya ada di Cintamobil

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top