NGK Laser Iridium, Buat yang Mau Upgrade Performa Busi Standar Toyota

24/03/2021

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
NGK Laser Iridium, Buat yang Mau Upgrade Performa Busi Standar Toyota
NGK Laser Iridium merupakan produk terbaru dari NGK Busi Indonesia yang ditawarkan bagi para pengguna mobil Toyota bermesin dengan kode NR yang ingin upgrade busi standarnya.

PT NGK Busi Indonesia kembali merilis varian busi mobil terbaru untuk kendaraan yang populasinya cukup banyak di Tanah Air. Diberi nama busi NGK Laser Iridium, produk ini diracik khusus untuk mesin NR yang digunakan pada beberapa produk Toyota.

"Tim riset dan pengembangan NGK Spark Plugs di Jepang telah mendesain sebuah busi varian baru yaitu Laser Iridium dengan part number ILKAR6B11. Busi ini sangat istimewa, karena diciptakan secara khusus agar dapat bersinergi dengan kendaraan Toyota bertipe NR-Engine," sebut Takashi Shimizu, GM Sales and Marketing NGK Busi dalam video conference, Rabu (24/03/2021).

>>> NGK LKAR6AGP, Busi Murah Buat Mobil Toyota dan Daihatsu

Diracik Sesuai Permintaan Pengguna Toyota

NGK Laser Iridium Toyota

Kemasannya juga dibuat ekslusif

Lebih lanjut Shimizu menuturkan, busi ini sengaja dirancang atas permintaan pasar yang cukup besar dari para pengguna Toyota Avanza, Sienta, Yaris, dan Rush, untuk busi dengan performa tinggi bagi mobil mereka.

Kebanyakan dari permintaan dari pengguna mobil bermesin dengan kode NR ini adalah adanya busi dengan performa yang lebih baik dari busi OEM (Original Equipment Manufacturer) tapi dengan durabilitas yang sama baiknya dengan busi OEM.


"Kami ingin menambahkan pilihan lineup produk yang lebih luas kepada end-users yang menginginkan busi yang berkualitas tinggi dan terbaik di kelasnya dengan masa pakai yang lebih lama berkat penggunaan kombinasi material Platinum dan Iridium," timpal Diko Oktaviano, tim teknis NGK Busi Indonesia.

>>> Hati-hati Insulator Busi Retak Akibat Asal Pasang

Punya Elektroda Busi 0,6 Mm

Busi NGK Laser Iridium Toyota NR Engine

Gunakan kombinasi material iridium dan platinum

>>> Review Toyota Sienta Q CVT 2020 Facelift: Tampil Lebih Segar dan Semakin Nyaman

Kemudian secara lebih rinci Diko menjelaskan, kelebihan busi NKG Laser Iridium yaitu ada pada desain centre electrode dan ground electrode. Pada centre electrode dibuat lebih tipis dari busi OEM yaitu punya ukuran 0,6 mm.

"Kami sudah riset, ukuran ini punya kualita percikan lebih fokus, tapi juga masih cukup aman jika sewaktu-waktu busi terjatuh maka bagian elektroda tidak mudah patah," kata Diko.

Selain itu, centre electrode ini juga menggunakan material iridium. Kemudian ada tambahan bahan platinum tip di ground electrode. Hasilnya percikan busi lebih fokus dan stabil serta hambatannya berkurang dan mampu menciptakan ledakan lebih cepat. Busi ini disebutkan oleh Diko juga sudah diuji bersinergi dengan sangat baik di mesin NR Toyota. Kemudian kemasannya juga premium dan jadi yang pertama di dunia dengan tampilan berbeda.

Adapun busi NKG Laser Iridium ILKAR6B11 cocok digunakan pada Toyota Agya, Avanza, Cayla, Etios, Rush, Sienta, Vios, dan Yaris. Selain itu bisa juga dipakai pada beberapa mobil Daihatsu yang menggunakan mesin berkode NR, yaitu Ayla, Xenia, Sigra, dan Terios. Untuk harganya, NGK Laser Iridium dijual seharga Rp 180.000 - Rp 200.000 per pcs.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top