Museum Otomotif Terbakar, Lebih dari 230 Motor dan Mobil Klasik Hangus

21/01/2021

Event - Promosi

5 menit

Museum Otomotif Terbakar, Lebih dari 230 Motor dan Mobil Klasik Hangus
Museum otomotif terbakar ini adalah Top Mountain Crosspoint Motorcycle Museum yang terletak di pegunungan Austria. Lebih dari 230 koleksi isi museum berupa motor klasik, motor replika pembalap, dan mobil klasik ludes jadi abu.

Tidak ada ada berita paling menyedihkan bagi penggemar otomotif selain berita museum otomotif terbakar. Inilah yang belum lama terjadi di Austria, ketika sebuah museum otomotif bernama Top Mountain Crosspoint Motorcycle Museum ludes dilalap si jago merah.

Kejadian Menjelang Matahari Terbit

Kejadian ini berlangsung dipagi hari tepat pada 18 Januari 2021 lalu. Pihak berwajib yang memadamkan api melaporkan jika semua isi koleksi museum tersebut berupa ratusan motor dan mobil klasik tinggal berupa kerangka hangus.

>>> Miris, Bangunan Berisi 80 Mobil Langka Terbakar Habis!

Top Mountain Crosstour Motorcycel Museum Terbakar

60 petugas dikerahkan untuk memadamkan api

Dikutip dari Autoevolution, Kamis (21/01/2021), petugas pemadam kebakaran terdekat dari lokasi kejadian melaporkan jika ada panggilan darurat museum otomotif terbakar pada 18 Januari 2021 sekira pukul 04.30 dini hari. Laporan ini datang dari petugas keamanan musem yang mengaku mereka terbangun akibat bunyi alarm kebakaran dari tempat mereka bertugas.

Sebelum petugas pemadam kebakaran tiba, pegawai museum itu mencoba memadamkan api menggunakan alat pemadam portabel. Namun ia terpaksa menyerah karena api dan asap semakin membesar. Dan saat petugas pemadam tiba, bagian langit-langit gedung sudah dilalap api. Api dinilai mudah membesar karena sebagian besar bangunan terbuat dari kayu.

Dalam waktu kurang dari 2 jam, seluruh bangunan diketahui sudah ludes berubah jadi abu. Sekitar 60 petugas dikerahkan untuk memadamkan api, bahkan proses pemadaman bukan hanya menggunakan air namun juga dibantu semprotan salju. Sayangnya bangunan beserta isinya tak bsia diselamatkan.

>>> Cari yang Jual Mobil Sport 2 Pintu Klasik? Pertimbangkan 8 Model Ini

Tidak Ada Satupun Koleksi Musem yang Selamat

Top Mountain Motorcycle Museum

Salah satu sudut ruangan Top Mountain Crosspoint Motorcycle Museum sebelum terbakar

>>> Review Toyota Great Corolla 1992: Pecinta Mobil Klasik? Mari Bernostalgia Dengan 'GreCo'

Walau dilaporkan tidak ada korban jiwa atas peristiwa museum otomotif terbakar ini, namun diyakini tidak ada satu pun koleksi isi museum yang berhasil diselamatkan. Padahal diperkirakan ada lebih dari 230 sepeda motor klasik dan mobil klasik yang menghuni museum tersebut. Sampai kini pihak berwenang masih mencari penyebab kebakaran mengerikan itu.

Top Mountain Crosspoint Motorcycle Museum tercatat pertama kali dibuka pada tahun 2016. Museum ini terletak di Timmelsjoch Pass, perbatasan Austria dan Italia. Tempat ini dikenal sebagai mueum tertinggi di dunia karena letaknya yang ada di pegunungan.

Koleksi museum yang diresmikan oleh dua bersudara, Alban dan Attila Scheiber itu berisi banyak sekali motor klasik, motor balap klasik, replika motor pembalap dari berbagai belahan dunia, serta sejumlah mobil antik langka.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top