Motor Listrik Yamaha Berwujud Mirip Nmax Segera Diproduksi

23/02/2021

Event - Promosi

5 menit

Motor Listrik Yamaha Berwujud Mirip Nmax Segera Diproduksi
Yamaha E01 dan EC-05 kabarnya segera masuk jalur produksi. Dan motor listrik ini diklaim akan punya tenaga setara skutik bermesin 125 cc, serta keduanya akan bisa saling bertukar baterai.

Yamaha E01 dan EC-05 yang merupakan motor listrik garapan pabrikan Jepang itu kabarnya bakal segera diproduksi. Jika motor ini sudah mulai masuk lini produksi di pabrik Yamaha, maka itu berarti tandanya motor terseeut akan segera dijual massal.

E01 dan EC-05 pertama kali terlihat pada Tokyo Motor Show 2019. Yamaha memang hampir selalu menampilkan motor-motor konsep di pameran tersebut. Namun sepertinya untuk E01, pabrikan Garpu Tala ini semakin serius. Sebab langkah berikutnya yang dilakukan Yamaha belum lama ini adalah mengajukan merk dagang untuk E01.

Bersamaan dengan pengajuan hak penamaan untuk E01, Yamaha juga mengajukan hak kekayaan intelektual. Yang berarti desain E01 akan dilindungi secara hukum dari pra plagiat. Di sisi lain, Yamaha pun sudah bertekad untuk menjadikan skutik ini motor masa depan mereka.

>>> Paten Motor Listrik Honda Terkuak, Pakai Basis CB125R

Tenaga Yamaha E01 Setara Skutik 125 cc

Motor Listrik Yamaha E01

Spesifikasi teknis E01 memang belum diungkap secara detil

Sebagai motor listrik modern, lalu seperti apa spesifikasi Yamaha E01? Dikutip dari Visordown, Senin (22/01/2021), motor ini akan memiliki tenaga setara skutik bemesin 125 cc. Baterai listriknya diklaim bisa diisi ulang dengan daya listrik konvensional di rumah. Selain itu motor listrik ini juga akan mempunyai biaya perawatan yang sederhana.

Bahkan kabarnya baterai yang digunakan pada E01 juga bapat ditukar pakai dengan Yamaha EC-05. Karena kedua motor ini dibangun berdasarkan basis produksi yang serupa, hanya saja punya model berbeda. Dengan mekanisme pertukaran baterai ini, pemilik motor bisa tetap beraktifitas menggunakan baterai yang sudah terisi penuh,sementara baterai miliknya yang kosong dapat diisi daya. Sistem seperti ini sebenarnya sudah banyak diterapkan pada motor listrik di Taiwan. Dan kini Yamaha akan menerapkannya untuk kota-kota besar di Eropa.

>>> Yakin Mau Beli Mobil Listrik? Simak Dulu Kajian Ini

Jadwal Peluncuran Yamaha E01

Desain Yamaha E01

Paten desain E01 yang diajukan Yamaha untuk dijadikan hak paten

>>> Review Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia: Mobil Listrik Paling Cocok di Indonesia

Lalu jika semua sudah dipersiapkan, kapal waktu peluncuran Yamaha E01 versi produksi ini? Pengajuan hak paten untuk merek dagang E01 sendiri baru akan mulai berlaku 17 Mei 2021. Jadi ada kemungkinan motor ini juga akan diperkenalkan Yamaha di waktu yang sama. Atau mungkin saja, motor ini baru akan dirilis tahun depan. Semua memang belum diungkap Yamaha secara blak-blakan.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top