Motor Listrik Karya Anak Bangsa Ini Raih Hasil Positif di Sentul

23/04/2021

Event - Promosi

5 menit

Motor Listrik Karya Anak Bangsa Ini Raih Hasil Positif di Sentul
Motor listrik BL-SEV01 yang merupakan pengembangan dari Universitas Budi Luhur, Jakarta, kembali menjalani tes performa kedua di Sirkuit Internasional Sentul.

Tim Universitas Budi Luhur kembali melakukan pengujian untuk melihat performa lanjutan dari motor listrik BL-SEV01. Lagi-lagi Sirkuit Internasional Sentul di Bogor, Jawa Barat jadi lokasi uji kelayakan jalan yang kedua dari motor bertenaga listrik buatan Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur tersebut.

Tentunya sebelum melakukan pengujian, tim riset dan pengembangan motor bertenaga listrik BL-SEV01 sudah dilakukan perubahan dan penyesuaian di beberapa bagian. Perubahan ini berdasarkan hasil pengujian yang pertama dimana sempat terjadi sedikit masalah.

"Pengetesan pertama BL-SEV01 mengalami kendala di bagian Kaki-kaki karena tidak cukup mumpuni menopang tenaga motor listrik yang cukup besar," buka Sujono, Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur dalam keterangan tertulisnya.

>>> Motor Bertenaga Listrik Budi Luhur Mulai Uji Coba di Sirkuit Sentul

BL-SEV01 Sanggup Digeber Hingga 135 Km/jam

BL-SEV01 Test Trek sentul

Performa dan pengendaliannya memuaskan

Tes yang kedua kalinya di dilaksanakan Selasa, 13 April 2021 oleh pembalap Nasional M. Galih Aji Prakoso. Galih yang juga alumni Universitas Budi Luhur itu langsung menjajal performa motor listrik BL-SEV01 untuk mengitari 10 putaran Sirkuit Sentul. Dan ternyata hasilnya jauh lebih baik dibandingkan saat pengetesan pertama.

Usai melewati 10 putaran, motor langsung masuk ke pit stop untuk melakukan pengecekan kondisi dan performa baterai. Sujono memastikan kondisi BL-SEV01 tidak mengalami permasalahan apapun dan performa bisa meningkat dengan baik. Perubahan di sektor kaki-kaki ini berpengaruh banyak terhadap performa BL-SEV01, termasuk meningkatkan top speed BL-SEV01 dari 100 km/jam menjadi 135 km/jam.

"Saya merasa lebih percaya diri karena motor listrik BL-SEVO1 lebih mumpuni di test ride kedua ini. Handling BL-SEV01 meningkat drastis dan stabil, khususnya kemampuan melewati tikungan lebih stabil untuk dibawa rebah," ucap Galih.

>>> Cara Cabut Berkas Kendaraan Mobil dan Motor Beserta Biayanya

Spesifikasinya Sudah Sesuai Syarat Motor Sport Listrik

BL-SEV01 di IIMS 2021

Motor sport listrik Budi Luhur ini juga dipamerkan di IIMS 2021

>>> Review Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia

Hasil dari tes kedua motor bertenaga listrik Budi Luhur ini diutarakan Sujono sudah mampu memenuhi standar sebuah motor sport listrik yang mampu bertahan di lintasan balap dengan kecepatan maksimal hingga 135 km/jam.

"Selanjutnya kami berencana untuk meningkatkan baterai sehingga memiliki daya tahan yang lebih baik dan mampu melewati banyak putaran lagi di sirkuit," jelas Sujono.

BL-SEV01 saat ini didukung motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW. Sementara baterai listrik yang digunakan berkapasitas 48Ah ditambah controller 96 Volt 200 Ampere. Alhasil, sepeda motor ini bisa melaju hingga 135 kilometer (km) untuk sekali pengisian baterai. Jika baterai habis maka butuh waktu pengisian daya 4 jam untuk 0-100 persen.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top