MotoGP San Marino 2021: Francesco Bagnaia Menang Back to Back

20/09/2021

Event - Promosi

3 menit

Pebalap tim Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia berhasil menjadi pemenang di seri MotoGP San Marino 2021. Ini menjadi kemenangan back to back pertama bagi Bagnaia.

Start dari pole position, Francesco Bagnaia tampil cemerlang dan mampu mempertahankan posisinya hingga akhir balapan dari serangan Fabio Quartararo. Ia menyelesaikan 27 lap di Sirkuit Misano dalam waktu 41 menit 48,305 detik.

Pencapaian ini menjadi kemenangan back to back pertama bagi Pecco yang juga menjadi juara di Aragon akhir pekan lalu. Persaingan gelar juara dunia masih terbuka lebar, dan ia semakin memperkecil jarak dari Quartararo yang berada di puncak klasemen.

Persaingan Ketat di Barisan Depan

Gambar Pecco Bagnaia

Pecco Bagnaia langsung tancap gas dari lap pertama

Di awal balapan, Francesco Bagnaia dan motor Ducatinya langsung melesat menjauh dari barisan pebalap di belakangnya. Bahkan, di lap pertama ia sudah menciptakan gap 1 detik dari pebalap di belakangnya.

>>> Peran Rossi di Balik Kemenangan Francesco Bagnaia pada MotoGP Aragon

Rekan setim Bagnaia, Jack Miller berhasil memperteahankan posisi kedua. Sementara Fabio Quartararo yang start di urutan ketiga harus bersaing sengit dengan Marc Marquez.

Persaingan kedua pebalap pun menyajikan tontonan yang seru bagi penikmat MotoGP. Mereka saling salip-menyalip untuk bisa mendapatkan podium di MotoGP San Marino 2021. Namun, setelah beberapa lap Quartararo mulai bisa menjauh dari Marquez.

Satu hal yang mengejutkan adalah rookie dari tim Avintia Esponsorama Racing, Enea Bastianini tiba-tiba merangsek ke depan bahkan sanggup menyalip Marc Marquez.

Gambar Enea Bastianini

Enea Bastianini mencuri perhatian di Sirkuit Misano

Persaingan di urutan 5 besar tak selesai sampai di situ. Saat balapan menyisakan 10 lap, Fabio Quartararo akhirnya berhasil menyalip Jack Miller dan naik ke urutan kedua. Tak lama kemudian, Bastianini juga berhasil mengalahkan Miller dan naik ke urutan ketiga.

>>> Sirkuit Mandalika Masuk Kalender Tes Pramusim MotoGP 2022

Bagnaia Hampir Tersalip Karena Pilihan Ban

Memasuki beberapa lap terakhir di Sirkuit Misano, Francesco Bagnaia yang menggunakan kombinasi ban hard-soft mulai kewalahan. Sedangkan Fabio Quartararo yang memakai kombinasi ban hard-medium masih bisa menjaga kecepatan YZR-M1 yang ia tunggangi.

Bagnaia yang sempat memimpin jauh pun mulai terkejar sedikit demi sedikit. Untungnya, balapan di San Marino hanya berlangsung dalam 27 lap. Pasalnya, jarak antara keduanya hanya tinggal menyisakan 0,364 detik saja saat melewati chequered flag.

Gambar Fabio Quartararo

Di beberapa lap terakhir, Quartararo berhasil memperkecil jarak dari pemimpin lomba

Pada akhirnya, Bagnaia finis di posisi pertama dan Quartararo harus puas di urutan kedua diikuti oleh Bastianini yang melengkapi podium seri balap MotoGP San Marino 2021.

Ini menjadi podium pertama bagi Bastianini yang tampil luar biasa sepanjang akhir pekan. Bahkan dengan menunggani motor yang dua tahun lebih tua dibanding para pebalap tim pabrikan Ducati, ia mampu finis di urutan ketiga meski memulai lomba dari urutan kedua belas.

Marc Marquez yang akhirnya mampu menyalip Miller mengakhiri lomba di urutan keempat. Joan Mir finis di belakang The Baby Alien meski harus mendapat penalti sehingga ia dinyatakan sebagai pebalap keenam yang menyelesaikan balapan.

>>> BMW i4 M50 Jadi Safety Car Balap Motor Listrik MotoE

Berikut hasil balap MotoGP San Marino 2021:

Gambar Hasil Balap MotoGP San Marino 2021

Hasil balap MotoGP San Marino 2021

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top