Jadwal MotoGP Musim 2021 Dirilis, GP Mandalika Jadi Cadangan?

28/01/2021

Event - Promosi

4 menit

FIM telah merilis kalender MotoGP musim 2021 dengan 19 balapan masuk ke dalam jadwal. Lalu, bagaimana nasib Mandalika GP yang rencananya digelar tahun ini?

Setelah musim 2020 hanya menggelar 14 balapan akibat pandemi, Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) menyusun jadwal balapan MotoGP musim 2021.

Jadwal sementara MotoGP musim 2021

FIM menyisipkan 19 balapan dalam jadwal sementara MotoGP 2021 

Meski pandemi Covid-19 belum sepenuhnya mereda, FIM menjadwalkan 19 balapan ke dalam kalender MotoGP 2021 yang dimulai dari Losail, Qatar pada 28 Maret, dan berakhir di Valencia pada 14 November.

>>> Geber Ferrari 488 GT3, Valentino Rossi Naik Podium Gulf 12 Jam

Benua Amerika tak masuk jadwal, empat balapan flyaway di bulan Oktober

MotoGP musim 2021 dimulai dengan dua balapan double-header di Sirkuit Losail di Doha, Qatar pada 28 Maret dan 4 April. Biasanya, jadwal berlanjut ke benua Amerika, namun MotoGP Amerika Serikat dan Argentina dibatalkan karena pandemi Covid-19 yang masih tinggi di sana.

Setelah itu, kejuaraan akan memasuki Eropa dengan MotoGP Portugal pada 18 April akan mengawali rangkaian 12 balapan di Benua Biru. Termasuk MotoGP Finlandia di KymiRing, yang masih dalam tahap homologasi dengan rencana awal tanggal 11 Juli. Namun di sisi lain, tidak ada lagi balapan di Sirkuit Brno, Republik Ceko, karena kontrak dengan MotoGP sudah habis.

Sirkuit KymiRing, yang akan menggelar MotoGP Finlandia 2021

Finlandia masuk kalender MotoGP 2021 dengan menggelar balapan di Sirkuit KymiRing

Setelah MotoGP San Marino tanggal 19 September, kalender MotoGP musim 2021 beralih ke kawasan Asia, yang terkenal dengan istilah Flyaway Races. Jepang membuka rangkaian tersebut pada 3 Oktober, diikuti Thailand (10 Oct), Australia (24 Oct), dan Malaysia (31 Oct) sebelum musim ditutup di Valencia pada tanggal 14 November.

Namun, balapan di Asia masih belum dipastikan. Mengingat hal tersebut masih bergantung pada kondisi Covid-19 di tiap-tiap negara, namun jika kondisi sudah membaik bukan tidak mungkin balapan bisa digelar dengan penonton.

>>> Valentino Rossi Yakin Luca Marini Bisa Juara Dunia MotoGP 2021

MotoGP Mandalika jadi cadangan, Deadline Juni 2021

Seperti kita ketahui, Indonesia sudah mendapatkan lampu hijau Dorna selaku promotor MotoGP untuk menggelar balapan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Namun, karena proses pembangunan yang masih belum sepenuhnya selesai membuat FIM memasukan Mandalika ke dalam jadwal cadangan MotoGP musim 2021, dengan Dorna memberi tenggat waktu pada Mandalika sampai bulan Juni ini.

Proses pembangunan Sirkuit Mandalika 2021

DORNA memberi tenggang waktu pada penyelenggara MotoGP Mandalika sampai bulan Juni

Jika proses pembangunan sirkuit serta fasilitasnya rampung 100%, dan lolos homologasi dari Dorna dan FIM, MotoGP Mandalika akan digelar sekitaran balapan flyaway pada Bulan Oktober, atau mungkin November awal,

"Indonesia harus memberi tahu kami pada bulan Juni (2021) apakah mereka dapat mengadakan Grand Prix di musim gugur. Fokusnya harus pada konstruksi, homologasi serta pengujian, terutama karena ini adalah sirkuit jalanan yang baru," ujar CEO Dorna, Carlo Ezpeleta dikutip Speedweek.

“Seperti yang disebutkan, ada kemungkinan perubahan terjadi pada kalender sementara. Dan setelah kami memiliki gambaran lebih jelas, tentu tergantung konstruksi dan pengujian, kami dapat mulai mendiskusikan kemungkinan tanggal untuk Grand Prix tahun 2021,” tambah Ezpeleta dikutip dari MotoGP.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap dari dalam dan luar negeri bisa Anda lihat di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top