Fabio Quartararo Juara Dunia MotoGP 2021

25/10/2021

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Meski Marc Marquez memenangkan seri MotoGP Emilia Romagna 2021, semua mata tertuju pada Fabio Quartararo yang akhirnya berhasil menjadi juara dunia MotoGP 2021.

Start dari urutan ketujuh, Marc Marquez tampil gemilang di Sirkuit Misano dan berhasil meraih podium pertama secara back-to-back. Ini menjadi sinyal positif bagi Repsol Honda menghadapi musim selanjutnya mengetahui bahwa sang pebalap berjuluk 'The Baby Alien' nampaknya sudah pulih 100% dari cederanya.

Meski begitu, Marquez memberikan lampu sorot bagi pebalap Yamaha yang finis di urutan keempat, Fabio Quartararo. Memulai lomba dari urutan 15, ia berhasil mengunci gelar juara dunia MotoGP 2021 setelah Francesco Bagnaia gagal menyelesaikan balapan.

>>> Ini Syarat Menonton WSBK dan MotoGP Langsung di Sirkuit Mandalika

Marc Marquez dan Sirkuit Clockwise

Marquez dikenal piawai untuk menaklukkan sirkuit-sirkuit anti-clockwise yang berarti melawan arah jarum jam. Sirkuit anti-clockwise biasanya didominasi oleh lebih banyak tikungan kiri. Ini berkaitan dengan kebiasaan sang pebalap untuk berlatih di dirt track yang banyak merebahkan motor ke arah kiri.

Gambar Marc Marquez

Marquez dikenal sebagai rajanya sirkuit tikungan kiri, tetapi ia mampu tapil gemilang di Misano yang didominasi tikungan kanan

Di sisi lain, Marquez biasanya kesulitan di sirkuit clockwise atau searah jarum jam. Apalagi pasca cedera tulang humerus sebelah kanan yang membuatnya semakin kesulitan untuk melahap sirkuit yang didominasi tikungan ke arah kanan.

Namun, Marc Marquez berhasil tampil gemilang sepanjang seri balap MotoGP Emilia Romagna yang diadakan di sirkuit dengan format clockwise. Hasil ini seakan memberi sinyal bagi rival-rivalnya di musim depan karena selain ia telah fit 100%, Marquez juga berhasil memperbaiki kelemahannya.

Duo pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia dan Jack Miller memulai balapan dari posisi pertama dan kedua. Mereka berusaha untuk menjegal Fabio Quartararo untuk mengunci gelar juara dunianya di Sirkuit Misano sekaligus memberi kesempatan bagi Bagnaia untuk terus bersaing di klasemen pebalap.

Marquez yang start dari urutan ketujuh berhasil merangsek ke barisan pebalap terdepan dan bersaing dengan pasangan Ducati. Petaka bagi pabrikan Italia itu muncul menjelang lap kelima saat Jack Milller yang bertugas untuk menghalau pebalap-pebalap di belakang untuk mengejar Bagnaia terjatuh di tikungan 15.

Gambar Francesco Bagnaia

Bagnaia harus bersaing sendirian di Misano setelah rekan setimnya terjatuh di awal balapan

Marc Marquez pun naik ke posisi kedua dengan jarak 0,1 detik dari Bagnaia. Duel sengit untuk memperebutkan podium pertama pun tak terelakkan antara Marquez dan Bagnaia. Sementara itu, Fabio Quartararo masih tertahan di urutan kesepuluh. Jika ini bertahan hingga akhir balapan, Bagnaia masih berkesempatan untuk merebut gelar juara dunia.

Saat balapan menyisakan 20 lap, kedua pebalap terdepan pun mulai meninggalkan pebalap lain yang masih berkutat di belakang. Rekan setim Marquez, Pol Espargaro perlahan-lahan mulai menunjukkan pace-nya dengan berada di urutan ketiga.

>>> BMW i4 M50 Jadi Safety Car Balap Motor Listrik MotoE

Kesalahan Fatal Ducati

Fabio Quartararo perlahan-lahan mulai mendekati posisi top 5 dan di sini lah petaka Ducati berlanjut. Saat balapan menyisakan lima lap, Francesco Bagnaia yang masih memimpin balapan mengalami crash di tikungan 15 yang membuat rekan setimnya terjatuh. Praktis, Marquez pun menjadi pemimpin lomba disusul oleh Pol Espargaro.

Kesalahan strategi Ducati yang mengganti ban depan motor yang dikendarai kedua pebalapnya dengan ban berkompon keras disinyalir menjadi penyebab mereka terjatuh di lintasan balap. Keputusan tersebut diambil hanya beberapa menit sebelum balapan di mulai.

Gambar Game Over Bagnaia

Game over! Bagnaia terjatuh saat balapan menyisakan 5 lap

Pada akhirnya Marquez menjadi pebalap pertama yang melintasi garis finis dengan tempo 41 menit 52,830 detik. Fabio Quartararo berhasil finis di urutan keempat, namun hasil yang didapatkannya di race ini jadi tidak berarti lagi karena Bagnaia crash.

Jarak poin keduanya yang lebih dari 50 dengan 2 seri tersisa cukup membuat Quartararo mengunci gelar juara dunia MotoGP 2021. Ini menjadi gelar juara pertama bagi pebalap berjuluk El Diablo sekaligus gelar juara pertama Yamaha sejak terakhir diraih oleh Jorge Lorenzo pada tahun 2015.

Quartararo pun melakukan selebrasi dengan menyimak kilas balik perjuangannya di sepanjang musim MotoGP 2021 dan berjoget dengan diiringi Disk Jockey dan hologram iblis yang menjadi maskot dirinya. Selamat bagi Fabio Quartararo, MotoGP menyambut 'raja' baru di Italia.

Gambar Selebrasi Quartararo

Selebrasi Fabio Quartararo

Berikut hasil balap MotoGP Emilia Romagna 2021:

Gambar Hasil Balap MotoGP Emilia Romagna 2021

Hasil Balap MotoGP Emilia Romagna 2021

>>> Tertarik Untuk Meminang Mobil Baru? Simak Harga dan Promonya di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top