MotoGP Buriram Dibatalkan karena Tak Dapat Izin Pemerintah Thailand

03/02/2021

Event - Promosi

5 menit

MotoGP Buriram Dibatalkan karena Tak Dapat Izin Pemerintah Thailand
MotoGP Buriram untuk musim balap 2021 terpaksa dihapus dari kalender penyelenggaraan. Ini lantaran masih terjadi pandemi Covid-19 di Thailand sehingga tak memungkinkan digelar event balapan dengan banyak penonton.

MotoGP Buriram secara resmi ditunda untuk penyelenggaraan tahun ini. Hal tersebut lantaran pemerintah Thailand tak mengizinkan digelarnya balapan akibat pandemi Covid-19 yang masih terjadi di negara tersebut.

Jika sebelumnya kontrak Buriram dengan Dorna untuk jangka waktu 2021-2025, maka dikutip dari Crash, Rabu (03/02/2021), kabarnya kontrak tersebut akhirnya dialihkan menjadi 2022-2026. Artinya MotoGP Buriram baru akan masuk lagi dalam kalender MotoGP pada musim balap tahun depan.

>>> Jadwal MotoGP Musim 2021 Dirilis, GP Mandalika Jadi Cadangan?

Sulit Digelar Jika Tak Ada Penonton

MotoGP Buriram 2019

Di sirkuit ini pernah tecetak jumlah penonton MotoGP terbanyak

Thailand masuk kalender MotoGP sejak musim 2018. Dan pada MotoGP 2019, di Chang Internatiobal Circuit Buriram ini tercatat memiliki jumlah penonton terbanyak selama akhir pekan yaitu 226.655 penonton. Hasil event tersebut pun kabarnya mencapai keuntungan total hingga 3,45 miliar Baht.

Kesuksesan inilah yang membuat MotoGP Buriram terus meneken kontrak dengan Dorna untuk 5 tahun ke depan. Sayangnya pandemi Covid-19 yang terjadi sejak 2020 membuat nasib balapan di beberapa seri menjadi tak menentu.

Kecuali di Qatar, menggelar balapan sekelas MotoGP amat tergantung dari kehadiran penggemar demi menutupi biaya penyelenggaraan sekaligus meraup keuntungan. Alhasil, selain Buriram, beberapa seri MotoGP lain juga terpaksa di batalkan karena hampir tak mungkin mendatangkan begitu banyak penonton. Antara lain di Argentina dan di Texas.

>>> Cegah Covid-19, Ini Perlengkapan yang Perlu Dibawa dalam Kendaraan

Indonesia Jadi Masuk ke Kalender Balap MotoGP 2021?

MotoGP Chang International Buriram

Akibat Covid-19, tak mungkin mendatangkan penonton MotoGP yang begitu banyak

>>> Review Hyundai Palisade Signature 2020: SUV Termahal Dan Termewah Hyundai Di Indonesia

MotoGP Buriram sejatinya dijadwalkan digelar pada 10 Oktober 2021 mendatang. Sementara untuk MotoGP di Argentina dan Texas awalnya direncanakan berlangsung 11 April dan 18 April. Dengan mundurnya Thailand sebagai tuan rumah balapan roda dua paling bergengsi di dunia ini, apakah itu berarti Sirkuit Mandalika bakal masuk ke agenda MotoGp 2021?

Terkait perubahan kalender MotoGP tahun ini Dorna belum memberikan pernyataan resminya. Namun yang jelas seri pembuka MotoGP 2021 akan tetap berlangsung di Qatar pada 28 Maret mendatang.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top